perbedaan sepatu kets dan sneaker

Sedulur pasti tahu sepatu sneakers seperti apa, namun akan kesulitan jika ada yang bertanya sepatu kets seperti apa. Sedulur biasanya akan kebingungan membedakan sepatu sneaker dan kets, jika demikian kondisinya maka Sedulur belum tahu perbedaan sepatu kets dan sneaker.

Untuk memudahkan Sedulur, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama seperti apa perbedaan sepatu kets dan sneaker sehingga Sedulur tidak akan kebingungan lagi untuk membedakan kedua jenis sepatu tersebut. Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasan terkait perbedaan sepatu kets dan sneaker di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan agar Bisa Dipakai Kembali

1. Sejarah sneakers

cara mengatasi sepatu kebesaran
Self

Perbedaan sepatu kets dan sneaker yang pertama merujuk pada sejarah. Berdasarkan sejarah lahirnya, sepatu sneakers dan kets memiliki perbedaan. Keduanya lahir pada tahun yang berbeda. Sneakers sendiri muncul sekitar tahun 1800an dan langsung ramai di kalangan anak muda Amerika pada saat itu.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa sneaker lebih merujuk pada jenis sepatu baru yang muncul di pasaran Amerika. Selain itu, penamaan jenis sepatu juga unik. Sesuai dengan namanya, sneak yang artinya mengendap-endap, membuat sepatu ini terasa hening saat digunakan.

2. Sejarah kets

Berbeda dengan sepatu boot atau oxford yang menimbulkan suara saat digunakan, sepatu kets sendiri merupakan varian sneakers yang diproduksi pada tahun 1912 oleh perusahaan ‘Keds’. Ini merupakan nama sebuah perusahaan di Amerika yang juga menciptakan varian sepatu-sepatu casual selama ratusan tahun.

Nah, kebiasaan orang Indonesia sendiri yang terbiasa menyebut ‘Keds’ sebagai ‘kets’, membuat banyak orang  salah tangkap kalau ‘kets’ adalah jenis sepatu. Padahal, antara sepatu sneakers dan kets merupakan jenis sepatu yang sama. Keduanya sama-sama digunakan oleh pengguna sepatu era modern.

Di tahun 2021 ini, brand sepatu pun semakin berkembang. Tidak hanya Keds, ada pula Adidas, Nike, Puma dan lain-lain. Di dalam negeri pun brand sepatu juga sudah sangat berkembang.

3. Bahan sepatu

sneakers yang cocok untuk kaki lebar
Believe in the Run

Dari penjelasan di poin pertama terkait perbedaan sepatu kets dan sneakers, tentunya Sedulur jadi paham kalau sepatu sneakers merupakan sebuah varian, sementara ‘Kets’ merupakan sebuah nama perusahaan.

Sementara itu, bahan pembuat keduanya sama dan jarang ada bedanya. Keduanya sama-sama menggunakan sol dari bahan karet. Tentunya, bahan sepatu seperti ini akan membuat Sedulur jadi lebih nyaman selama beraktivitas.

Nah, adapun sepatu sneakers menggunakan berbagai macam bahan untuk bodinya. Tidak hanya canvas, terkadang Sneakers juga memakai bahan penutup karet atau plastik. Khusus sepatu kets, bahan bodi sepatu yang digunakan sudah pasti memakai canvas. Itulah kenapa, Sepatu Kets jadi terkesan lebih kasual serta sering dipakai di acara-acara santai.

4. Penggunaan sepatu

Melihat bahan pembuat sepatu sneakers yang bermacam-macam, tentunya Sedulur bisa  menggunakannya dalam berbagai macam situasi. Sneakers bisa Sedulur pakai tak hanya untuk sekolah, namun juga olahraga atau jalan-jalan.

Sedulur bisa memilih jenis Sneakers sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Ada sneakers yang tidak memiliki penutup penuh di bodi sepatu, serta ada pula sneakers dengan tali dan tanpa tali.  Sementara itu, sepatu kets bisa Sedulur gunakan di situasi santai saja seperti jalan-jalan.

Namun, kalau Sedulur merasa percaya diri mendobrak kebiasaan, bisa saja Sedulur pakai sepatu Kets untuk pergi ke acara formal seperti pernikahan. Jadi, antara sepatu kets dan sneakers memang sama-sama bisa digunakan untuk banyak macam kondisi, tergantung kenyaman penggunanya.

5. Brand

perbedaan sepatu kets dan sneaker
Pinterest

Seiring perkembangan zaman, bermunculan berbagai macam brand sepatu dengan macam-macam varian yang ada. Beberapa brand sepatu dalam negeri pun sudah terbukti punya build quality yang sangat bagus.

Sedulur bisa coba merek seperti Compass, Geoff Max Footwear, Piero atau Saint Barkley. Nama-nama besar brand lokal ini sudah memproduksi ratusan jenis sepatu, termasuk sepatu sneakers dan kets.

Di sisi lain, brand sepatu internasional pun masih setia memproduksi sneakers dan kets dengan kualitas terbaik dan edisi yang makin unik. Coba brand Nike, Jordan, Reebok, Vans atau Adidas. Produk-produk internasional ini sudah bisa Sedulur temukan di dalam negeri dengan harga yang terjangkau.

6. Perbedaan dari harga

Berbicara urusan harga, sepatu sneakers dan kets dibanderol secara bersaing. Produk lokal menjual sneakers dengan rentang harga mulai Rp 400ribu hingga jutaan, serta sepatu kets dari harga Rp 200ribuan saja.

Sementara itu, produk internasional seperti Adidas, Nike dan lain-lain dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi dari produk lokal. Sedulur perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 700ribuan hingga belasan juta untuk memperoleh sepatu luar negeri berkualitas.

Meski begitu, beberapa penjual di dalam negeri menjual versi reject dari produk sepatu luar negeri ini sehingga harganya jadi lebih murah.  Jika ingin lebih terjangkau, Sedulurbisa manfaatkan diskon yang tersedia di marketplace.

7. Sepatu kets identik dengan perempuan

sneakers yang cocok untuk kaki lebar
Marathon Handbook

Sebutan sepatu kets ini juga biasanya identik dengan sneakers yang digunakan khusus untuk perempuan. Benar saja, karena merek sepatu Keds memang berfokus pada koleksi sepatu-sepatu untuk perempuan.

Jika mengunjungi website resmi Keds, pada bagian kategori hanya ditulis untuk Women, Unisex, dan Kids. Di mana tidak ada koleksi sepatu khusus untuk pria. Selain itu Keds juga sering mempromosikan koleksi sepatunya dengan mengajak publik figur perempuan seperti Taylor Swift, Lana Del Rey, hingga Emma Roberts, sehingga semakin memperkuat produk Keds ditujukan untuk perempuan, meskipun pria masih bisa menggunakan koleksi unisex.

8. Fungsi dan kegunaan sneakers lebih luas

Jika sepatu kets biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan kasual karena cenderung menggunakan bahan sol karet dan upper kanvas, sneakers memiliki kegunaan yang lebih luas. Sneakers bisa dibagi menjadi beberapa kategori lagi, seperti sneakers running, sneakers basket, hingga sneakers tennis.

Sneakers yang banyak digunakan untuk olahraga ini juga masih cocok digunakan untuk gaya kasual dengan perpaduan pakaian kasual dan sepatu olahraga yang dikenal dengan gaya athleisure. Sehingga sneakers memiliki fungsi dan kegunaan lebih luas daripada sepatu kets.

9. Sneaker merujuk pada banyak merk sepatu

perbedaan sepatu kets dan sneaker
Mybest

Perbedaan sepatu kets dan sneaker yang terakhir adalah berkaitan dengan merk. Jika sepatu kets sebenarnya lebih spesifik dengan sepatu bermerek Keds, sneakers justru lebih luas mereknya.

Mulai dari merek Keds itu sendiri yang juga termasuk sneakers, juga ada merek-merek terkenal lainnya seperti Adidas, Nike, Reebok, Converse, hingga New Balance. Serta merek-merek lokal seperti Ventela, Compass, hingga Geoff Max.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang perbedaan sepatu kets dan sneaker. Dengan membaca penjelasan di atas, semoga bisa membantu Sedulur agar tidakk lagi kebingungan untuk membedakan dua jenis sepatu tersebut. Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi Sedulur, ya!