Facial wash atau pembersih wajah adalah komponen penting dalam perawatan kecantikan. Beda dengan serum dan minyak esensial, pembersih wajah bukan hal yang bisa diabaikan. Produk ini menjadi ritual pertama menyiapkan muka bersih di pagi hari, sekaligus membersihkan wajah di malam harinya.

Sayangnya, tidak semua face wash cocok bagi semua jenis kulit. Ada yang memang dirancang khusus untuk kulit kering, berminyak, kombinasi, dan berjerawat. Tentu kandungan kimiawi untuk tiap kulit tersebut berbeda, jadi Sedulur harus jeli saat memilih. Nah, kali ini akan dibahas rekomendasi facial wash untuk kulit berminyak. Apa saja daftar rekomendasinya? Yuk, cek!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Eye Cream untuk Remaja Atasi Mata Panda

Kandungan facial wash untuk kulit berminyak

Freepik

Kulit yang berjerawat bisa saja kering, super berminyak, atau bahkan sensitif. Ini nantinya berdampak pada bahan aktif yang diperlukan dan cocok untuk tipe kulit tersebut. Kebanyakan kulit berjerawat sepaket dengan kulit berminyak dan kombinasi. Jika kasusnya demikian, maka bahan aktif yang lebih kuat seperti berikut diperbolehkan untuk dipakai, di antaranya:

-->
  • Azelaic acid mengandung zat antibakteri dan anti-inflamasi, bahkan banyak dipakai untuk mengatasi milia akibat penumpukan keratin.
  • Adapalene adalah bagian dari retinoid yang bisa mencegah breakout dan mencegah penyumbatan pori. 
  • Salicylic acid (SA) adalah bagian dari beta hydroxy acid (BHA) yang berfungsi sebagai agen eksfoliasi alias mengangkat kulit mati sehingga mencegah penyumbatan pori.
  • Alpha hydroxy acids (AHA) mendorong eksfoliasi dan meredakan inflamasi pada jerawat yang sedang matang.
  • Benzoyl peroxide berfungsi membunuh bakteri dan hipoalergenik.
  • Vitamin C atau ascorbic acid berfungsi meredakan inflamasi pada jerawat yang sedang matang.
  • Minyak tea tree banyak dipakai untuk mengempeskan jerawat secara bertahap.

Bahan aktif yang wajib dihindari

facial wash untuk kulit berminyak
C&F Store

Selain yang direkomendasikan, jangan lupa untuk menghindari beberapa bahan aktif berikut guna mencegah masalah yang lebih berat. 

  • Cocoa butter 
  • Lanolin 
  • Mineral oil 
  • Paraffin 
  • Petroleum jelly 
  • Turunan silikon seperti dimethicone dan cyclomethicone 
  • Sulfate

Tekstur facial wash untuk kulit berminyak

facial wash untuk kulit berminyak
Freepik

Facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat lebih baik yang bersifat water-based. Mereka bisa dalam bentuk foam atau gel karena kulit berminyak biasanya tidak ada isu dengan hidrasi. Lalu, jangan lupa memilih yang non-komedogenik sehingga tidak menyumbat pori dan memperparah masalah jerawat.

BACA JUGA: Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman serta Pilihan Produknya

1. Neutrogena Oil Free Acne Wash

facial wash untuk wajah berminyak
Instagram @neutrogena

Daftar facial wash untuk kulit berminyak dan harganya dimulai dengan Neutrogena Oil Free Acne Wash. Produk ini sangat populer di kelasnya karena harganya yang masuk akal di kisaran Rp100.000. Khasiatnya sudah terbukti di ribuan pengguna. Memiliki kandungan SA, bertekstur gel serta sifatnya non-komedogenik, sengaja didesain untuk kulit berminyak dan berjerawat. Ampuh membersihkan pori dan mengurangi bruntusan, boleh dibuktikan sendiri, Sedulur!

2. Neutrogena Deep Clean Acne Foaming Cleanser 

Neutrogena Philippines

Meski namanya cukup intens, pembersih wajah ini lembut dipakai di kulit dan tidak menimbulkan efek kering atau tertarik. Harganya juga lebih murah dibanding produk sebelumnya, di bawah Rp 100.000 dengan isi 100 gram. Teksturnya krim yang akan berubah jadi busa atau foam saat terpapar air. Produk ini mengandung salicylic acid yang bisa mengeringkan jerawat lebih cepat.

3. CeraVe Acne Foaming Cream Cleanser 

facial wash untuk wajah berminyak
Instagram @cerave

Produk rekomendasi berikutnya datang dari CeraVe yang juga mengeluarkan seri untuk kulit berjerawat. Kandungan aktifnya adalah benzoyl peroxide yang bisa meredakan jerawat, meluruhkan komedo menyumbat pori, serta mencegah timbulnya jerawat tambahan. Produk ini bisa dipakai pemilik kulit kombinasi karena mengandung hyaluronic acid dan niacinamide yang bekerja sebagai pelembab sehingga tidak menimbulkan reaksi kering atau kemerahan akibat agen antibakterinya.

4. Cow Style Skinlife Facial Foam

Instagram @ulistuff.skincare

Cow Style Skinlife adalah facial wash untuk kulit berminyak untuk remaja. Produk ini banyak direkomendasikan pada orang yang memiliki masalah jerawat hormonal alias jerawat yang datang menjelang menstruasi. Teksturnya krim yang akan berubah menjadi busa saat bereaksi dengan air. Harganya pun tidak mahal, sekitar Rp80.000 kemasan 200 gram. Efek setelah pemakaian cukup kesat, tetapi tidak menyumbat pori sehingga produksi minyak bisa lebih terkontrol.

5. Everwhite Acnepair Facial Wash 

facial wash untuk wajah berminyak
Instagram @flopyproject

Produk ini banyak dipakai orang yang mengalami breakout karena berbagai alasan. Dengan pemakaian rutin akan mengeringkan jerawat sekaligus melembutkan dan membantu mencegah munculnya noda bekas jerawat. Diformulasikan tanpa parfum sehingga aman buat kulit sensitif. Beberapa pengguna mungkin merasakan perih di sekitar bagian yang luka akibat jerawat. Sebagai solusinya, hanya gunakan produk ini 1-2 kali seminggu saja sebagai komplemen untuk pembersih wajah lainnya.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik Murah & Bagus!

6. Erha AcneAct Witch Hazel BHA Gentle Acne Facial Wash 

Instagram @merifyu

Erha juga merilis facial wash untuk kulit berminyak dan berjerawat yang mengandung ekstrak witch hazel. Tanaman ini banyak direkomendasikan untuk mengatasi jerawat, komedo, dan bruntusan. Melansir dari Healthline, tanaman tersebut memang lebih direkomendasikan mengatasi tekstur wajah yang tidak terinflamasi seperti jerawat. Hal ini karena face wash dari Erha tidak menimbulkan efek kering di wajah.

Namun, dalam kadar witch hazel sedikit sebenarnya aman dipakai di wajah karena dikombinasikan dengan bahan lain yang bersifat menenangkan. Dalam produk Erha misalnya, bahan ini dipadu dengan allantoin dan D-panthenol yang bersifat melembabkan serta melembutkan.

7. Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash 

Instagram @harlettebeauty

Didesain tanpa sodium laureth sulfate (SLS), produk ini aman buat kulit berminyak. Formulanya lembut dan tanpa paraben, jadi direkomendasikan pula untuk bumil. Teksturnya gel bening ringan dan tidak berbusa saat diaplikasikan ke kulit yang basah. Kandungan gandumnya diklaim bisa membantu meratakan warna kulit yang menggelap karena matahari. Tidak heran kalau Harlette jadi salah satu facial wash untuk kulit berminyak dan mencerahkan favorit banyak orang.

8. Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon 

facial wash untuk wajah berminyak
Instagram @sensatiabotanicals

Kandungan tea tree serta lemon sudah lama dipercaya bisa mengatasi isu tekstur pada kulit seperti bekas jerawat dan milia. Jadi, Sedulur yang mencari facial wash untuk kulit berminyak dan bruntusan, bisa mempertimbangkan produk lokal ini. Dengan wangi menyegarkan dan busa yang membersihkan sampai ke pori, kandungan ini lebih cocok untuk kulit berminyak maupun kombinasi. Sementara, buat Sedulur yang memiliki kulit kering dan sensitif, dianjurkan mencari produk lain dengan bahan lebih lembut.

9. Some By Mi AHA-BHA-PHA Acne Foam

Instagram @beautyrecipeid

Harganya memang cukup tinggi dibanding pembersih wajah di kelasnya. Namun, ini sebanding dengan kandungan asamnya yang lengkap serta dipercaya bisa mengatasi masalah komedo dan minyak berlebih. Teksturnya krim dengan wangi mint yang segar dan netral. Busanya cukup, tidak berlebih, tetapi bisa membersihkan sampai ke pori dengan baik. Sudah banyak pengguna yang membuktikan khasiatnya dalam mencegah datangnya jerawat, sekaligus efek setelah pemakaiannya yang menenangkan. 

BACA JUGA: 15 Micellar Water yang Aman untuk Wajah dan Terjangkau

10. Mediheal Tea Tree Biome Blemish Cica Gel Cleanser 

facial wash untuk wajah berminyak
Instagram @katymage

Produk ini cocok untuk Sedulur yang mencari pembersih berbahan tea tree nyaman di kulit alias tidak memunculkan rasa perih dan kesat berlebih. Ini karena mereka memadukannya dengan ekstrak Centella Asiatica yang memiliki fungsi menenangkan dan melembabkan kulit. Kombinasi bahan yang sempurna dan khasiat terbukti secara medis, tidak heran kalau Mediheal membanderol produk ini dengan harga lumayan mahal, tepatnya Rp250.000-an.

11. Pyungkang Yul Acne Facial Cleanser

Instagram @costmebeauty

Pyungkang Yul adalah pembersih wajah untuk kulit berjerawat yang bisa membersihkan kotoran akibat minyak berlebih dan sel kulit mati mengendap di pori. Kandungannya unik yaitu ekstrak willow bark, forsythia, dan centella asiatica. Ketiganya adalah kombinasi sempurna melawan bakteri dan meredakan inflamasi, sekaligus mendorong regenerasi kulit. Secara fisik, produk ini tidak berbusa melimpah, tidak berbau, serta tidak memicu munculnya efek kering dan kesat. Tidak berlebihan bila produk ini diklaim sebagai pembersih wajah yang aman di kulit.

12. Azalea Facial Wash for Oil Control & Anti Acne 

Lazada

Azalea bisa jadi alternatif selain facial wash Wardah untuk kulit berminyak karena harganya sama-sama terjangkau, di bawah Rp50.000 saja. Ampuh mengontrol minyak berlebih yang biasa jadi pemicu jerawat di muka. Bentuknya gel bening yang lembut saat dioles dan wanginya netral. Meski harganya termasuk rendah dibanding produk-produk kelas menengah lainnya, manfaatnya cukup terasa. Pembersih ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat dan mengurangi kadar minyak di wajah tanpa menyumbat pori.

BACA JUGA: 10+ Produk Lip Balm untuk Bibir Hitam yang Ampuh Mencerahkan

13. Illuminare Acne Facial Wash 

Shopee

Illuminare menjadi produk yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Harganya sekitar Rp 100.000, cukup mahal bila masuk golongan produk kelas menengah. Sedulur bisa menggunakannya sebagai skincare harian atau saat muka sedang breakout saja. Produk ini tidak diberi tambahan parfum sehingga baunya khas produk farmasi alias bau obat-obatan. Disarankan dipakai untuk pemilik kulit jerawat dan berminyak saja karena efeknya cukup kering setelah pemakaian.

14. COSRX AC Collection Calming Foam Cleanser

JD.ID

Harganya hampir meraih angka Rp200.000, namun sebanding dengan efeknya yang langsung terasa setelah beberapa hari pemakaian. Selain meredakan jerawat meradang, produk ini memiliki efek mencerahkan yang mungkin dicari beberapa pengguna. Bahan aktif yang dikandungnya antara lain SA, asiaticoside, dan asiatic acid, berfungsi mendorong pengangkatan sel kulit mati serta menjaga barier kulit. Ini akan mencegah munculnya jerawat dan masalah kulit wajah lainnya seperti milia.

Itu beberapa tips serta rekomendasi facial wash untuk kulit berjerawat dan berminyak. Ternyata banyak pilihannya, ya. Namun, tetap ingat, hasil bisa berbeda-beda pada tiap individu. Jadi, penting menyiapkan diri untuk efek yang tidak terduga selama pemakaian. Bila perlu lakukan tes di tangan sebelum mencobanya di muka guna melihat reaksi produk pada kulit.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.