Cara mengecilkan perut setelah melahirkan ternyata tidak semudah dibayangkan. Butuh proses yang panjang supaya mendapatkan perut kecil dan kembali seperti sedia kala. Selama masa kehamilan, berat badan Sedulur dari bulan ke bulan pastinya akan semakin bertambah. Bahkan setelah melahirkan, tak sedikit Sedulur pasti akan mengeluhkan berat badan yang belum kembali seperti sedia kala.

Namun tenang, karena saat ini sudah banyak terapi atau tips cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal secara tradisional. Bahkan ada pula dengan cara menggunakan obat-obatan herbal.  Ingin tahu seperti apa cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dan normal? Yuk simak cara selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Cara Mengecilkan Perut Buncit Secara Mudah Tanpa Diet

1. Menyusui

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
halodoc

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan tanpa korset yang pertama adalah dengan menyusui. Aktivitas menyusui ternyata tidak hanya bisa membantu dalam membangun kekebalan pada tubuh bayi saja. Namun cara ini juga ampuh dalam membantu menghilangkan lemak berlebih di dalam tubuh ibu pasca-melahirkan.

-->

Proses menyusui memungkinkan terjadi  penyusutan rahim dengan cepat. Pembahasan ini semakin dikuatkan dengan penelitian dari Academy of Nutrition and Dietetics. Dalam penelitiannnya dijelaskan jika ibu menyusui menggunakan 400-500 kalori pada setiap harinya saat memproduksi susu sesuai kebutuhan bayi sejak lahir hingga usia bulan.

2. Berjalan

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
timesindonesia

Selain menyusui, cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan rutin berjalan. Olahraga sederhana ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Meskipun proses pengecilan perut tak bisa berlangsung cepat, namun setidaknya dengan aktivitas berjalan, sakit kepala dan pegal pada badan akan berkurang .

Sedulur bisa berjalan-jalan sambil menjemur bayi dengan menggunakan kereta bayi. Ini dilakukan supaya si Kecil bisa menghirup udara segar. Jadi, buat kamu yang baru saja melahirkan, bisa menerapkan cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan melakukan olahraga berjalan.

3. Makanan bernutrisi

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
klikdokter

Ada lagi cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dengan makan-makanan bernutrisi. Banyak sekali makanan bernutrisi yang bisa para ibu coba. Mulai buah-buahan, sayur-sayuran, hingga minuman bernutrisi. Sedulur boleh saja merasa tidak percaya diri dengan kondisi perut setelah melahirkan, namun mengurangi makan dalam jumlah besar bisa mempengaruhi produksi ASI.

Perlu diketahui Sedulur, kamu hanya cukup membangun pola makan yang sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan tidak membuat unsur lemak pada tubuh Sedulur semakin menumpuk. Dengan kamu mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran  hijau, rempah-rempah, teh hijau, dan tentu saja dengan minum air putih yang cuku agar bisa membuang racun.

BACA JUGA: 15 Cara Ampuh Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita!

4. Melakukan olahraga

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
alodokter

Melakukan olahraga sangat ampuh dalam menurunkan berat badan Sedulur. Aktivitas ini juga merupakan cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Selain melakukan olahraga, juga perlu diimbangi dengan mengatur pola makan supaya badan yang  kamu impikan bisa terwujud.

Khusus saat kamu menjalankan olahraga, Sedulur bisa melakukan saat Si Kecil tidur. Jangan lupa lakukan Crunch, push-up, sit up, tricep dips. Lalu juga bisa diimbangi dengan melakukan lari pagi, spot, scot jump,  squat dan latihan pereganan lainnya. Namun, sebelum melakukan  aktivitas berat ini, maka disarankan untuk konsultasi dengan dokter.

5. Berlatih anulom-vilom

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
ayobandung

Ini merupakan cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal secara tradisional. Latihan anulom vilom adalah gerakan yoga untuk pengaturan fungsi tubuh. Teknik yang satu ini adalah latihan pernapasan yang dapat dilakukan dengan menarik  udara yang berasal dari diafragma kemudian menahannya di bagian perut kita.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dengan melakukan gerakan ini.  Ya, fungsi yang utama adalah dapat meningkatkan sistem pencernaan dengan cara meningkatkan gerakan peristaltik atau usus. Jadi,  sangat dianjurkan bagi untuk mencobanya ya Sedulur.

BACA JUGA: Ciri Ciri Bentuk Perut Hamil 2 Bulan Saat Duduk atau Berdiri

6. Istirahat cukup

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
sindonews

Setelah melahirkan dan memiliki bayi, ibu terkadang melupakan istirahat. Padahal selain berguna dalam mengembalikan stamina yang terkuras habis setelah aktivitas berat, ternyata  juga bisa diterapkan sebagai cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Mungkin banyak orang akan berpikir, jika kurang tidur bisa menurunkan berat badan. Namun pendapat ini tidak benar.

Istirahat yang kurang bisa juga menyebabkan bertumpuknya racun di dalam tubuh. Sehingga bisa muncul masalah peradangan. Saat tubuh terus menerus mengalami peradangan,  bisa menyebabkan reseptor lemak dapat bergerak ke daerah pusat dan bisa mengakibatkan molekul lemak tersimpan pada daerah perut kita.

7. Hindari diet ketat

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
liputan6

Persoalan perut buncit setelah melahirkan adalah momok buat semua orang. Namun bukan berarti perut buncit tak bisa diatasi. Sebab ada cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dengan menghindari diet ketat. Ya, cara ini dianggap kurang tepat dan bisa membuat masalah baru di perutmu.

Diketahui, tidak sedikit Sedulur mungkin mengalami masalah depresi setelah melahirkan anak. Tak terbiasa merawat bayi  atau bahkan bentuk tubuh mulai tak beraturan lagi. Karena sudah menginginkan  perut kembali normal,  maka melakukan tindakan diet ketat. Tindakan ini malah akan mempengaruhi kesehatan bayi kamu Sedulur.

Sebelum kamu benar-benar menerapkan diet, ada baiknya melakukan konsultasi ke dokter kandungan. Atau dokter yang dapat mengatasi persoalan kamu. Hal ini perlu supaya mendapat masukan positif seperti apa tindakan diet  yang perlu dilakukan.

8. Melakukan meditasi

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
kompas

Meditasi  tidak hanya berguna dalam menenangkan jiwa. Namun juga dapat dijadikan cara  mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Setelah melahirkan, mungkin akan banyak perubahan terjadi. Banyak kegiatan yang tak bisa dilakukan secara sering seperti ketika belum melahirkan.

Jika kamu melakukan meditasi, maka itu akan membantu kamu fokus dan melepaskan energi negatif.  Serta dengan melakukan kegiatan meditasi, juga membantu kamu dalam meningkatkan kualitas tidur Sedulur. Jadi sangat direkomendasikan untuk kamu  Sedulur.

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

9. Menggunakan korset

cara mengecilkan perut setelah melahirkan
jacotv

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan korset, maka akan lebih mempercepat dalam proses penyusutan rahim ke ukuran yang aslinya. Hal ini berbeda jika mereka memilih cara mengecilkan perut setelah melahirkan  tanpa korset. Menggunakan korset lebih banyak keuntunganya.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah dapat membantu memperbaiki postur tubuh sedulur setelah melahirkan. Menggunakan korset merupakan salah satu cara paling kuno  dalam memerangi masalah lemak yang muncul di perut. Pakailah selalu korset setelah kamu melahirkan. Karena cara ini masih manjur dalam upaya mengecilkan perut.

10. Minum air putih

klikdokter

Separuh isi dalam tubuh kita diisi oleh kandungan mineral air putih. Tercatat kurang lebih ada 55-77% dan  sangat berperan penting dalam kesahatan tubuh kita. Air putih juga bisa menjadi minuman untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Minuman yang sederhana namun akan berdampak besar dalam bentuk tubuh kita.

Mengapa air putih sangat baik dalam mengecilkan perut? Sebab secara alami dapat menekan nafsu makan kita, membantu membakar kalori, dan minum air ini juga bisa membersihkan sampah yang ada dalam tubuh.

11. Kurangi konsumsi gula

halodoc

Mengonsumsi gula secara berlebihan hanya akan menambah berat badan kita. Tidak hanya  itu, mengonsumsi gula dengan takaran lebih juga menimbulkan penyakit diabetes. Efek samping tersebut juga bisa berimbas pada bentuk tubuh kita dimana perut bertambah buncit.  Mengurangi konsumsi gula, juga bisa jadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar.

Tips ini akan membuat banyak perbedaan besar  pada lemak perut kita. Maka cobalah untuk mengurangi asupan gula atau hentikan untuk sementara waktu. Mulailah membangun kebiasaan makan-makanan yang sehat sejak dini. Perlu diketahui, selama masa pascamelahirkan, Sedulur mungkin bisa tergoda supaya beralih  ke makanan yang lebih murah dan mudah. Tapi tetap, lebih baik pilih makanan yang lebih sehat.

Dengan asupan gizi seimbang, berat badan kamu dapat terkontrol dan impian perut kurusmu dapat  segera terwujud dalam waktu yang dekat.

12. Jangan konsumsi alkohol

idntimes

Minuman alkohol tidak baik bagi kesehatan. Komplikasi kesehatan yang bisa muncul jika mengonsumsi berlebihan antara lain terkena  stroke, diabetes, hingga masalah tekanan darah tinggi , sampai hipertensi. Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan, minum minuman alkohol  tidak dianjurkan bagi kamu yang baru melahirkan.

Diketahui, setelah melahirkan, tubuhmu akan berubah 180 derajat. Ya, perutmu akan kembali buncit dan tidak beraturan. Dengan mengurangi konsumsi alkohol, bisa menjadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Maka dari itu, hindari konsumsi minuma keras yang  satu ini. Selain dilarang dalam agama, juga tidak baik dalam kesehatan.

13. Cemilan sehat

tribunsumsel

Cara mengecilkan perut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi camilan sehat. Mengecikan perut tidak bisa dilakukan dengan instan. Perlu usaha keras dalam mewujudkan impian tersebut. Maka satu-satunya cara bisa mengembalikan bentuk tubuhmu ke semula setelah melahirnya adalah dengan  camilan sehat.

Camilan  sehat mungkin menjadi alternatif  jika Sedulur sedang ingin makanan ringan. Buat kamu yang masih bingung apa saja camilan sehat yang dikonsumsi, bisa mencoba susu rendah lemak, yoghurt, serta asupan kalsium lainnya dalam membantu penurunan berat  badan.

Selain yoghurt,  kamu bisa mencoba makanan yang satu ini seperti

  • Roti gandum
  • Susu tanpa atau rendah lemak’
  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Makanan tinggi kalsium seperti Yoghurt dan keju.

14. Konsumsi teh hijau

alodokter

Selain makan camilan sehat, ada pula cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal secara tradisional yaitu dengan mengonsumsi teh hijau. Teh hijau bisa kamu olah terlebih dahulu menjadi bentuk minuman dan makanan. Namun itu kembali ke selera kamu lagi Sedulur.

Teh hijau dipercaya mampu mmenurunkan berat badan secara bertahap. Teh hijau memang dikenal sebagai minuman untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Konsumsilah teh hijau tanpa gula atau pemanis buatan. Akan lebih baik dinikmati dalam keadaan hangat. Sebab membuat tubuh akan menjadi lebih rilek.

Mengapa teh hijau sangat baik dijadikan cara mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Karena dalam kandungan teh hijau terdapat kandungan antioksidan yang dapat mencegah adanya radikal bebas. Sehingga pemulhan setelah melahirkan bisa berlangsung dengan cepat.

15. Buah apel

borneo24

Mempunyai perut yang buncit  pascamelahirkan memang sangat mengganggu bukan? Namun, bukan berarti masalah tersebut tak bisa diatasi. Ya, mengonsumsi buat apel ternyata sangat ampuh dijadikan cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal secara tradisional.

Pendapat ini bukan tanpa alasan. Sebab, penelitian tentang apel berguna  dalam menurunkan berat badan sudah terdaftar dalam penelitian yang berjudul National Centre for Biotechnology Information. Dalam penelitiannya dijelaskan, buah apel mengandung senyawa pectin yang  dapat membuat perut akan terasa kenyang.

Lalu pencernaan akan lebih lambat dapat juga membantu pencernaan akan merasa kenyang lebih lama. Jadi buat kamu yang baru saja menjalani pascamelahirkan, bisa mengonsumsi buah apel. Karena buah yang satu ini, mampu mengurangi asupan makanan yang  menjadi penyebab terjadinya penurunan berat badan.

16. Makan porsi sedikit

grid

Makan dengn mengurangi porsi, akan memberikan dampak positif bagi kelangsungan tubuh kita. Bahkan, dengan makan porsi sedikit, juga menjadi salah satu cara mengecilkan perut setelah melahirkan normal  secara tradisional. Meskipun porsi sedikit, namun  kurun waktu makan akan lebih banyak. Misalnya saat waktu pagi, sore dan malam.

17. Jeruk nipis

kompas

Buah yang satu ini kaya akan beragam manfaat. Manfaat  paling utama setelah mengonsumsi buah ini adalah mampu meredakan sariawan. Sebab,  jeruk nipis  kaya  akan vitamin C yang diperlukan tubuh. Namun, selain meredakan sariawan, mengonsumsi ini juga bisa menurunkan berat badan. Jadi cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan jeruk nipis. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman, atau kalau berani memakannya dengan langsung.

Demikian tadi ulasan cara mengecilkan perut setelah melahirkan. Semoga membantu Sedulur yang baru saja menjalani pasca melahirkan ya.

Paling baik, para ibu yang sudah melahirkan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Jika ingin membeli bahan atau melengkapi bumbu, kamu bisa membelinya di Aplikasi Super. Dengan kemudahan belanja daring yang diberikan, kamu bisa mendapatkan belanjaanmu diantar sampai ke rumah tanpa perlu repot-repot keluar.