Perut buncit merupakan masalah yang terbilang merepotkan. Yuk, perhatikan cara mengecilkan perut buncit pada wanita berikut ini.

Perkara menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, dan mengontrol berat badan seringkali menjadi sebuah masalah. Beberapa yang menjadi  keluhan kenaikan berat badan adalah badan menjadi terasa berat, tubuh sering sakit, hingga perut buncit. Masalah ini pun lintas usia karena tak hanya dirasakan oleh golongan dalam usia dan jenis kelamin tertentu.

Selain berpengaruh pada kinerja tubuh dan kelincahan, perut buncit juga tentunya sering dirasa mengganggu penampilan. Artikel kali ini akan membahas ragam pengecil perut buncit dan cara mengatasi perut buncit pada wanita.

Sebelum mengulas cara mengatasi perut buncit pada wanita, tahukan Sedulur bahwa banyak rutinitas yang sering dilakukan dan merupakan penyebab perut menjadi buncit. Aktivitas itu seperti konsumsi gula dan karbohidrat yang tidak dikontrol, pola tidur dan makan yang tidak teratur, konsumsi alkohol, malas bergerak, kekurangan nutrisi, hingga stress.

Dengan mengetahui penyebab dari perut buncit itu sendiri, diharapkan Sedulur bisa dengan mudah melakukan tahapan cara agar perut tidak buncit sehingga tepat sasaran. Untuk memahami cara mengecilkan perut buncit pada wanita secara rinci satu per satu, langsung saja simak cara mengecilkan perut buncit pada wanita berikut ini.

Baca Juga: Ampuh Turunkan Berat Badan, Ini Menu Diet Sehat 30 Hari!

Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita dengan Mudah dan Tepat Sasaran

1. Membiasakan Diri untuk Sarapan

1. Membiasakan Diri untuk Sarapan
detik.com

Salah satu tips mengecilkan perut buncit wanita yang bisa Sedulur lakukan adalah dimulai dengan membiasakan diri untuk sarapan. Siapa bilang tidak sarapan akan membuat Sedulur menjadi lebih mudah kurus? Sebaliknya, sarapan justru dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah untuk dikontrol.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menu sarapan yang dipilih agar bergizi dan bernutrisi. Selain itu, dengan tidak sarapan justru memungkinkan Sedulur untuk makan siang dengan porsi yang lebih banyak karena pagi harinya perut tidak terisi.

2. Hindari Makan Terlalu Malam

2. Hindari Makan Terlalu Malam
tribunnews.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makan terlalu malam akan meningkatkan risiko diabetes. Jika menggunakan patokan jam, sebaiknya Sedulur hindari makan di atas jam 8 malam. Jika benar-benar lapar, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan. Makan terlalu malam tidak dianjurkan karena bisa mengganggu sistem pencernaan.

3. Tidur yang Cukup

3. Tidur yang Cukup
okezone.com

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang selanjutnya adalah dengan tidur yang cukup. Artinya, Sedulur tidak boleh kurang tidur atau kelebihan. Kurang tidur akan membuat tubuh menjadi lemas hingga lapar. Tak jauh berbeda, kelebihan tidur juga bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas.

Normalnya, dalam sehari, manusia tidur dalam rentang waktu 6-8 jam. Jika kurang atau lebih, dikhawatirkan akan mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh. Tidur cukup juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar ketika bangun sehingga lebih siap untuk beraktivitas.

4. Meminum Teh Hijau

4. Meminum Teh Hijau
kompas.com

Asupan lain sebagai cara mengecilkan perut buncit pada wanita adalah konsumsi teh hijau. Teh hijau dikenal dengan khasiatnya dalam memperlancar metabolisme tubuh. Akan lebih baik jika teh diminum tanpa gula sehingga khasiatnya menjadi lebih optimal untuk menghancurkan lemak di tubuh.

Baca Juga: Tak Terduga! Ternyata Ini 10 Manfaat Puasa Untuk Kesehatanmu

5. Manfaatkan Khasiat Air Lemon

5. Manfaatkan Khasiat Air Lemon
liputan6.com

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita dengan minuman lain adalah menggunakan air lemon. Air lemon dikenal baik sebagai obat alami perut buncit karena dapat membantu detoksifikasi pencernaan dan membantu kerja liver. Jika rutin, cara ini bisa menjadi cara cepat mengecilkan perut.

6. Konsumsi Madu dan Jahe

6. Konsumsi Madu dan Jahe
detik.com

Berikutnya adalah ramuan tradisional untuk mengecilkan perut buncit pada wanita menggunakan madu dan jahe. Caranya rebus jahe, lalu air rebusannya dicampur dengan madu. Madu berkhasiat membakar lemak secara tak langsung dan jahe dapat menekan nafsu makan.

7. Segelas Smoothies di Pagi Hari

7. Segelas Smoothies di Pagi Hari
grid.id

Smoothies adalah salah satu cara mengecilkan perut wanita secara alami. Selain membantu menghilangkan lemak, minuman ini juga bisa membantu meningkatkan energi. Smoothies semangka bisa dipilih dengan karena khasiat asam aminonya untuk mengurangi lemak tubuh dan massa otot.

8. Lawan Lemak dengan Buah Beri

8. Lawan Lemak dengan Buah Beri
tokopedia.com

Tak hanya smoothies, cara mengecilkan perut buncit pada wanita juga bisa dengan konsumsi buah beri. Buah beri dapat mencegah pertumbuhan sel-sel lemak sehingga baik untuk Sedulur yang ingin mengecilkan perut dan menekan lemak jahat di tubuh.

9. Konsumsi Kacang-Kacangan

9. Konsumsi Kacang-Kacangan
bukalapak.com

Mengonsumsi kacang-kacangan bisa menjadi pilihan cara alami mengatasi perut buncit. Kacang-kacangan digunakan untuk mengecilkan perut karena khasiatnya yang mengatakan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan dapat membantu seseorang yang mengkonsumsinya menjadi lebih mudah mengontrol berat badan.

10. Perbanyak Minum Air Putih

10. Perbanyak Minum Air Putih
kompas.com

Jika Sedulur merasa sulit menekan konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, maka perbanyaklah meminum air putih. Cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang satu ini tidak sulit. Dengan demikian, harus dibiasakan demi kelancaran sistem pencernaan tubuh dan tubuh yang lebih sehat.

11. Mengurangi Konsumsi Gula

11. Mengurangi Konsumsi Gula
kompas.com

Mengurangi asupan gula menjadi cara melangsingkan perut secara alami. Gula merupakan satu dari beberapa asupan yang mengandung lemak jenuh dan dapat meningkatkan berat badan. Dengan demikian, menekan konsumsi gula merupakan cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang bisa Sedulur lakukan.

12. Membatasi Asupan Karbohidrat

12. Membatasi Asupan Karbohidrat
liputan6.com

Selain gula, asupan yang menjadi sumber lemak jenuh adalah karbohidrat. Tentu saja hal ini berlaku dan membahayakan apabila karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh tidak terkendali dan berlebihan. Cara diet perut buncit wanita bisa dilakukan dengan cara mengontrol karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh.

13. Olahraga Teratur

13. Olahraga Teratur
kompas.com

Nah, selanjutnya adalah cara alami mengecilkan perut tentunya akan maksimal dengan dilakukannya olahraga. Menjadi malas bergerak merupakan faktor besar tubuh membengkak dan perut membuncit loh. Jadi, lakukan gerakan apapun sebagai sarana olahraga untuk menghilangkan perut buncit wanita.

14. Melakukan Kardio

14. Melakukan Kardio
kompas.com

Bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita? Ya, kardio bisa menjadi caranya. Kardio memicu tubuh mengeluarkan banyak energi dan energi yang dikeluarkan berasal dari makanan yang dikonsumsi oleh tubuh dalam bentuk lemak. Jika rutin, Sedulur dapat melakukan cara ini untuk cara mengecilkan perut secara alami dalam 1 minggu.

15. Naik Turun Tangga

15. Naik Turun Tangga
fimela.com

Jika Sedulur begitu malas mencari gerakan-gerakan senam, kardio, dan olahraga lainnya, cara mengecilkan perut secara alami ini bisa dengan naik turun tangga. Sedulur bisa memanfaatkan fasilitas atau benda apapun yang ada di sekitar selama hal itu menggerakkan tubuh. Namun, jangan lupa pemanasan dulu ya.

Demikian cara mengecilkan perut buncit pada wanita. Sebagaimana tips-tips lainnya, cara-cara di atas akan menjadi optimal apabila Sedulur melakukannya dengan konsisten disertai target yang akan memicu semangat Sedulur untuk mengecilkan perut buncit. Semoga cara mengecilkan perut buncit pada wanita kali ini bisa bermanfaat bagi Sedulur ya!

Selain melakukan cara di atas, Sedulur juga wajib mengkonsumsi makanan bergizi agar bisa mendapatkan bentuk perut ideal dengan cepat. Sedulur bisa mendapatkannya dengan membeli di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan langsung beli makanan bergizi untuk kebutuhan harian Sedulur.