cara mengatasi saluran air mampet

Bagaimana cara mengatasi saluran air mampet sendiri di rumah? Tentu saja ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan, terutama jia saluran air mampetnya begitu parah. Biasanya mungkin Sedulur akan menghubungi tukang untuk mengatasi permasalahan ini. Namun pada dasarnya, Sedulur bisa melakukan cara mengatasi saluran air mampet sendiri di rumah.

Ada beberapa rekomendasi cara yang bisa Sedulur lakukan untuk bisa menyelesaikan masalah saluran air mampet di rumah. Mari ki kita bahas bersama dalam ulasan kali ini!

BACA JUGA: 7 Cara Membersihkan Kaca Jendela agar Mengkilap dan Bersih

Solusi Saluran Air Mampet

cara mengatasi saluran air mampet
Unsplash

Cara termudah dan paling sederhana yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menuangkan air panas ke dalam saluran. Biasanya, air panas akan membantu menguraikan sisa-sisa lemak dan sabun yang mengendap di saluran. Namun, pastikan Sedulur menuangkan air secara perlahan agar tidak terkena cipratan air panas. Hal ini bisa jadi solusi bagi Sedulur sebagai cara mengatasi saluran air mampet di rumah agar saluran air tetap lancar dan tidak menimbulkan masalah.

Jika sudah terlanjut bermasalah, lantas seperti apa saja cara mengetasi saluran air mampet? Berikut ini beberapa cara yang mudah dan praktis dengan menggunakan bahan-bahan murah dari dapur, yaitu:

1. Gunakan baking soda dan cuka

Pinterest

Baking soda merupakan bahan baku yang biasanya digunakan untuk membuat kue. Selain untuk memasak, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan saluran air. Alasannya karena baking soda dapat membantu menguraikan lemak dan kotoran berkat adanya kandungan alkalin.

Untuk menggunakannya, Sedulur dapat mencampurkan baking soda dan cuka dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, tuangkan campuran baking soda dan cuka ke saluran air dan diamkan selama kira-kira 5 menit. Asam dari cuka akan berfungsi sebagai pengembang dari baking soda dan membantu meluruhkan minyak. Setelah 5 menit, Sedulur dapat menyikatnya sambil menyiramnya dengan air hingga bersih.

2. Gunakan garam dan baking soda

Tahukah Sedulur, garam dapat digunakan untuk membantu meluruhkan lemak di saluran air karena memiliki sifat yang kesat dan tekstur yang abrasif. Campuran garam dan baking soda dapat dicoba untuk membersihkan saluran air dari kotoran yang membandel. Sedulur dapat membuat campuran garam dan baking soda dengan perbandingan 1:1 yang kemudian dituangkan ke saluran air dan sekitarnya. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Pakai campuran air panas dan garam

Selain baking soda, campuran garam dan air panas juga bisa digunakan untuk membersihkan saluran air yang mampet. Air panas dapat membantu menghilangkan sisa-sisa sabun yang menempel pada saluran air. Simak caranya berikut ini:

  • Masak 1 liter air hingga mendidih atau siapkan 1 liter air panas.
  • Taburkan 1 sendok makan garam ke saluran air yang tersumbat.
  • Siram taburan garam dengan air panas dan berhati-hatilah agar cipratan air panas tidak terkena kulit Sedulur.
  • Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air suhu normal.
  • Lakukan cara ini selama beberapa kali sampai saluran air dapat mengalirkan air dengan lancar.
  • Hindari menaburkan banyak garam sekaligus ke saluran, agar air panas dapat mengalir dengan baik.

4. Menggunakan sabun cuci piring dan air panas

Manfaatkan sabun cuci piring di rumah sebagai alternatif dalam membersihkan saluran air yang tersumbat. Sabun cuci piring memiliki kandungan yang membantu menghilangkan lemak dan minyak pada alat masak dan alat makan. Mencampurkan sabun cuci piring dan air panas ternyata juga dapat mempermudah pekerjaan Sedulur dalam mengatasi saluran air yang mampet. Simak tahapannya berikut ini:

  • Siapkan 1 liter air panas.
  • Tuang sabun cuci piring ke saluran air yang tersumbat.
  • Siram air panas ke saluran air yang sudah dituangi sabun cuci piring.
  • Lakukan berkali-kali hingga tidak ada cairan sabun cuci piring yang tersisa dan saluran air tidak tersumbat lagi.

BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Lantai Setelah Renovasi, Jadi Bersih!

5. Gunakan pembersih kimia

Pinterest

Pembersih berbahan kimia untuk kamar mandi dan tempat cuci piring memiliki formula khusus untuk membersihkan kotoran yang membandel. Sedulur dapat menuangkannya ke saluran air yang mampet dan menunggu selama beberapa menit. Setelah itu, Sedulur dapat membilasnya dengan air sambil menyikatnya dengan sikat khusus secara perlahan. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan agar cairan pembersih berbahan kimia tidak terkena kulit Sedulur secara langsung.

6. Menggunakan jus lemon

Apabila Sedulur menginginkan bahan alami untuk membersihkan saluran air yang tersumbat, cobalah lemon. Jus lemon akan membantu menghilangkan lemak yang menempel pada saluran air. Selain itu, jus lemon memiliki wangi yang menyegarkan dibandingkan cuka. Untuk membersihkan saluran air, diperlukan sekitar 200ml jus lemon. Tuangkan jus lemon ke saluran air sedikit demi sedikit, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, Sedulur dapat membilasnya dengan air bersih. Lakukan selama beberapa kali hingga jus lemon habis dan saluran air tidak lagi tersumbat.

7. Menggunakan alat penyedot kloset

Alat penyedot kloset atau sink plunger dapat digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di saluran air. Pilihlah alat yang memiliki karet tebal dan pegangan yang kuat disertai kualitas yang baik. Cara penggunaannya adalah menempelkan mulut karet ke saluran air yang saringannya sudah dilepaskan. Pastikan bahwa karet telah menempel dengan baik untuk memaksimalkan penyedotan kotoran. Tekan alat ini berkali-kali hingga Sedulur dapat melihat kotoran yang keluar dari saluran air. Buanglah kotoran ke tempat sampah, sehingga tidak terjadi penyumbatan lagi.

8. Manfaatkan pemutih baju

Penggunaan pemutih baju untuk membersihkan saluran air yang tersumbat harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Pastikan cairan tidak terkena tangan dan Sedulur berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Dilansir dari Hunker, pemutih baju dapat digunakan sebagai desinfektan untuk saluran air. Fungsinya untuk membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme dan jamur yang menyebabkan penyumbatan di saluran air. Simak cara melakukannya berikut ini.

  • Tuangkan cairan pemutih baju sebanyak 200ml ke saluran air.
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit.
  • Bilas dengan air sedikit demi sedikit hingga bersih dan tidak tercium lagi aroma cairan pemutih baju.

9. Gunakan gantungan baju berbahan kawat

Carilah gantungan baju berbahan kawat yang sudah tidak terpakai di rumah. Gantungan tersebut dapat dimodifikasi sebelum digunakan untuk mengatasi saluran air yang mampet. Gunakan bantuan tang untuk mempermudah pekerjaan ini.

Pertama, potong bagian yang membentuk kait dan luruskan gantungan baju tersebut. Kedua, bungkus bagian ujung gantungan baju yang akan dimasukkan ke dalam saluran air dengan kain dan selotip agar tidak merusak bagian dalam saluran air. Masukkan gantungan baju secara perlahan ke dalam saluran air dan lakukan gerakan mendorong. Apabila ada kotoran yang tersangkut, segera buang ke tempat sampah. Lakukan cara ini hingga saluran air bersih.

BACA JUGA: Cara Mudah Membersihkan Sawang di Plafon Rumah

Tips Agar Saluran Air Tidak Mudah Mampet

cara mengatasi saluran air mampet
Pinterest

Setelah mengetahui cara mengatasi saluran air mampet di atas, tentu Sedulur perlu mengetahui bagaimana tips mencegah agar saluran air tidak mampet kembali. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja tips agar saluran air tidak mampet.

1. Bersihkan rambut rontok

Rambut yang rontok saat Sedulur mandi dapat menjadi penyebab utama tersumbatnya saluran air. Rambut akan menyumbat air, sehingga menyebabkan genangan di kamar mandi. Untuk menghindari hal tersebut, Sedulur dapat langsung membuang rambut rontok ke tempat sampah setiap sehabis keramas.

2. Buang sisa makanan ke tempat sampah

Sebelum Sedulur mencuci peralatan makan dan peralatan masak, usahakan untuk membuang sisa makanan ke tempat sampah. Sisa makanan mengandung lemak dan minyak yang dapat menumpuk di saluran air. Penumpukan ini akan menyebabkan air sulit untuk mengalir dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Letakkan saringan di saluran air

Meletakkan saringan di saluran air akan mempermudah Sedulur dalam membuang kotoran di sekitarnya. Saringan juga akan meminimalkan terjadinya penyumbatan pada saluran air di kamar mandi dan di tempat cuci piring.

4. Bersihkan secara rutin

Bersihkanlah saluran air secara rutin dengan menggunakan cairan pembersih, sabun cuci piring, ataupun bahan-bahan alami. Cara ini akan membantu menghindari penyumbatan saluran air di kemudian hari. Maka penting bagi Sedulur untuk membersihkan secara rutin.

Demikian tadi beberapa cara mengatasi saluran air mampet yang bisa Sedulur lakukan. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur sehingga ketika mengalami air mampet, Sedulur tidak akan kerepotan lagi karena mengetahui caranya sendiri.