cara membersihkan kaca jendela

Kaca jendela merupakan salah satu bagian rumah yang terlihat jelas, baik dilihat dari dalam atau dari luar. Biasanya, agar tetap bersih dan terawat, kaca jendela dibersihkan secara rutin dan melakukannya bukan merupakan pekerjaan sulit.

Namun, Sedulur perlu tahu tips dan cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap seperti apa. Selain agar bisa mendapatkan kaca jendela yang bersih, jika melakukan cara yang tepat, tentu tidak akan kesulitan melakukanya.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama bagaimana cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap sebagai tips bagi Sedulur. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Pembersih Kaca dan Harga Terbaru 2023

-->

1. Jangan bersihkan saat panas

cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap
iStock

Saat panas, jendela yang dibersihkan akan cepat mengering. Oleh karena itu, tips dan cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap yang pertama yang harus dihindari adalah jangan membersihkan kaca jendela di saat panas.

Hal ini membuat larutan pembersih mengering dengan cepat sebelum Sedulur bisa membersihkannya. Sisa cairan pembersih hanya akan meninggalkan residu dan coretan yang membuat jendela tambah kotor. Bukannya bersih malah kaca jendela rumah Sedulur jadi semakin kotor.

2. Bersihkan secara bertahap

cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap
iStock

Tips dan cara selanjutnya yaitu untuk melakukan pembersihan secara bertahap. Bersihkan dahulu jendela dari debu dengan lap kering, lalu kemudian basahi jendela dengan air secara perlahan satu per satu dan lalu beri cairan sabun.

Jangan membersihkan jendela sekaligus agar sabun tidak cepat mengering. Sebaiknya bersihkan satu per satu jendela. Intinya lakukan pembersihan secara bertahap dan pastikan untuk benar-benar terkena cairan sabun agar kaca jendela menjadi bersih mengkilap.

3. Gunakan teknik menggosok yang tepat

cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap
iStock

Tips membersihkan kaca jendela agar mengkilap yang perlu Sedulur perhatikan yaitu teknik menggosok yang digunakan harus tepat. Jika tidak menggunakan teknik menggosok yang tepat, kaca jendela yang dibersihkan tidak akan bisa mengkilap.

Teknik yang dimaksud adalah dengan mencelupkan sikat ke dalam campuran sabun pembersih yang telah Sedulur buat. Gosok perlahan dengan gerakan ke atas dan ke bawah atau memutar untuk menghilangkan kotoran dan serpihan debu yang menempel pada kaca jendela rumah.

4. Jangan lupa bersihkan pojok jendela

iStock

Ini yang paling penting, Sedulur harus membersihkan kaca jendela secara lengkap dan mencapai hingga sudut dan pojok jendela. Bukan hanya kaca yang harus dibersihkan, tapi juga bagian-bagian seperti sudut atau pojok jendela sertai bingkai jendela juga penting untuk dibersihkan.

Karena jika tidak dibersihkan secara lengkap hingga kebagian pojok dan sudut jendela, kaca jendela akan terlihat tetap kusam dan hanya bersih sebagian. Untuk mencapai pojok dan bagian sudut juga dibutuhkan peralatan khusus agar mudah membersihkannya.

5. Gunakan cutton bud

iStock

Agar kaca lebih mengkilap, Sedulur perlu memperhatikan sudut-sudut kecil kaca jendela yang biasanya luput dari jangkauan alat besar seperti wiper. Cara yang ampuh untuk menjangkau sudut kaca adalah dengan menggunakan cotton bud.

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya bahwa jangan lupa untuk membersihkan pojok jendela. Karena biasanya pojok jendela sangat sulit dijangkau dan membutuhkan peralatan khusus.

Cotton bud mempunyai ujung yang lebih lancip sehingga dapat menjangkau sudut-sudut kecil jendela. Semprotkan cairan pembersih ke sela-sela kaca, lalu bersihkan dengan cotton bud. Kaca pun akan kinclong sempurna secara menyeluruh.

6. Bilas dan keringkan

iStock

Cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap yang terakhir adalah dengan membilas dan mengeringkan. Setelah Sedulur merasa telah membersihkan dengan total dan kaca jendela telah bersih, maka Sedulur bisa segera membilas jendela dengan air.

Setelah dibilas menggunakan air, selanjutnya Sedulur bisa mengeringkannya menggunakan kain lap dan bersihkan hingga benar-benar kering. Ulangi membersihkan setiap jendela dan biarkan mengering secara alami selama satu atau dua jam.

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kaca Jendela Rumah Minimalis 2023

7. Tips yang perlu diperhatikan

iStock

Langkah dan cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap di atas bisa Sedulur lakukan dengan mengikuti setiap penjelasannya. Ada beberapa tips tambahan yang perlu Sedulur ketahui agar kaca jendela semakin mengkilap. Berikut ini tipsnya:

  • Bersihkan kaca jendela rumah saat cuaca mendung sehingga larutan pembersih kaca tidak akan cepat menguap dan noda di kaca akan lebih mudah dibersihkan
  • Bersihkan kaca dari debu dan kotoran dengan menggunakan sapu atau vacuum cleaner terlebih dahulu
  • Gunakan kain microfiber yang mudah menyerap air dan dapat membuat kaca bersih tanpa menyebabkan goresan

Nah itulah tips dan cara membersihkan kaca jendela agar mengkilap yang bisa Sedulur lakukan. Jangan lupa untuk menyiapkan setiap bahan yang dibutuhkan dan pastikan Sedulur mengikuti setiap langkah yang disampaikan di atas. Lakukan secara rutin, ya! Agar kaca jendela Sedulur tetap bersih dan mengkilap. Rumah Sedulur pun akan tetap nyaman!