cara bersihkan lantai setelah renovasi

Setelah renovasi rumah, biasanya bagian lantai akan terlihat sangat kotor karena tumpukan debu dan serpihan material sisa bekas renovasi rumah. Tidak lama setelah renovasi selesai, Sedulur harus segera melakukan pembersihan lantai agar lantai bisa kembali bersih.

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas bersama bagaimana cara membersihkan lantai setelah renovasi. Karena dengan mengetahui tipsnya, Sedulur bisa membersihkannya dengan tepat dan cepat sehingga lantai rumah bisa kembali bersih.

Tanpa berlama-lama, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama terkait tips dan cara membersihkan lantai setelah renovasi di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Jenis Lantai untuk Rumah, Bikin Rumah Makin Cantik

1. Kosongkan ruangan yang akan dibersihkan

Hello Services

Cara membersihkan lantai setelah renovasi yang pertama yaitu dengan mengosongkan terlebih dahulu ruangan yang akan dibersihkan. Hal ini dilakukan tentu bertujuan untuk memudahkan proses membersihkan lantai yang kotor setelah direnovasi.

Jadi setelah tukang rampung melakukan pekerjaannya, jangan terlebih dulu memasukkan barang-barang ke dalam rumah. Namun, ruangan yang telah kosong akibat direnovasi akan lebih memudahkan Sedulur untuk membersikhan lantai ruangan.

2. Bersihkan lantai dari sisa material

Unsplash

Cara membersihkan lantai setelah renovasi selanjutnya yaitu dengan membersihkan lantai dari sisa material renovasi. Langkah ini wajib dilakukan, karena mustahil untuk membersihkan lantai setelah renovasi jika sisa material renovasi tidak dibersihkan.

Membersihkan sisa material renovasi akan mempermudah Sedulur, sehingga pekerjaan Sedulur bisa lebih mudah untuk dilakukan. Terutama saat nanti membersihkan lantai hingga benar-benar bersih dan mengkilap kembali.

3. Singkirkan sisa material yang besar

Unsplash

Umumnya, sisa material memang telah dibereskan oleh tukang yang mengerjakan renovasi rumah. Namun bisa saja masih ada sisa material yang belum benar-benar tersingkirkan dari dalam rumah, terutama material yang berbentuk besar.

Karena biasanya material berbentuk besar tidak ikut dibersihkan karena khawatir masih berfungsi dan akan digunakan selanjutnya. Maka dari itu, pastikan Sedulur membereskan semua sisia material sebelum mulai membersihkan rumah. Terutama sisa material yang besar yang belum dibersihkan.

Lebih baik lagi jika Sedulur bisa memilah-milah sesuai dengan jenis materialnya — kayu, bata, keramik, atau lainnya. Jika ada material yang masih bisa digunakan, Sedulur boleh menyimpannya. Sedangkan yang tidak terpakai bisa disingkirkan.

4. Dahulukan bagian atas dan samping

MarkerWathc

Cara membersihkan lantai setelah renovasi selanjutnya yaitu mendahulukan membersihkan bagian atas dan samping. Prinsip saat membesihkan rumah adalah memulai dari bagian atas terlebih dulu. Misalnya debu di bagian langit-langit perlu dibersihkan dulu dengan sapu.

Kemudian berpindahlah ke bagian samping (sisi-sisi) seperti tembok dan kaca. Gunakan kemoceng dan lanjutkan dengan lap. Alasan memulai proses membersihkan rumah dari bagian atas dan samping adalah agar debu dan kotoran yang jatuh ke lantai bisa membersihkannya sekaligus ketika membersihkan lantai nantinya.

Pastikan bagian langit langit bersih dari kotoran. Jika ruangan sudah siap untuk dibersihkan, Anda bisa langsung memulainya dengan menyapu lantai untuk membersihkan kotoran-kotoran besar atau yang tampak dan mudah dibersihkan. Cara ini diperlukan untuk meringankan pekerjaan bersih-bersih lantai Anda setelah renovasi.

5. Bersihkan cat dan kotoran yang ada di lantai

Sunlight Cleaning

Lanjut ke bagian-bagian kecil yang mungkin perlu waktu lebih lama untuk membersihkannya. Mulai dari menggosok noda cat yang ada di keramik atau lantai. Anda bisa menggunakan silet atau benda tajam untuk mengangkat noda cat yang mengeras tersebut.

Bersihkan juga kerak pada tembok yang mungkin terlewat. Periksa bagian kaca jendela yang juga kotor karena cairan cat yang menetes. Apabila noda cat terlalu keras untuk dibersihkan, Anda bisa membasahinya dengan sedikit air agar lebih mudah untuk digosok dan dikelupas dari permukaan lantai atau permukaan lain.

Setelah cat dan kotoran yang menempel benar-benar bersih, Sedulur bisa melakukan pembersihan sekaliang dengan menyingkirkan debu-debu yang ada di lantai.

6. Singkirkan debu dari lantai

Unsplash

Cara membersihkan lantai setelah renovasi selanjutnya dengan menyingkirkan debu dari lantai. Gunakan vacuum cleaner untuk menjangkau bagian kolong yang sempit dan sulit dijangkau dengan sapu. Menggunakan vacuum cleaner juga membuat debu dari lantai hilang sempurna.

Sedangkan untuk bagian lantai yang terlihat bisa gunakan sapu seperti biasa untuk menyingkirkan debu. Selanjutnya siapkan ember air dan alat pel. Bersihkan lantai dengan pel agar debu yang terdapat pada lantai sisa bekas renovasi bisa menghilangkan dengan sempurna.

7. Bersihkan lantai dengan sempurna

Money

Bila seluruh proses di atas tuntas dikerjakan, sekarang masuk ke dalam inti cara membersihkan lantai setelah renovasi. Hal pertama yang bisa Sedulur bersihkan ialah sisa-sisa cat di lantai atau kerak pada tembok.

Sedulur bisa membersihkannya dengan lap basah atau alat lain, pastikan semuanya bersih. Lalu jika sudah selesai, Sedulur dapat membersihkan lantai dari debu-debu yang tersisa. Membersihkan lantai setelah renovasi wajib dilakukan berkali-kali.

8. Bersihkan kembali dengan vacuum cleaner

Angi

Setelah menyingkirkan debu dari lantai menggunakan vacuum cleaner, Sedulur wajib membersihkan kembali lantai dengan vacuum cleaner. Hal ini bertujuan agar lantai bisa benar-benar bersih dan mengkilap sehingga tidak terlihat bekas renovasi.

Untuk lebih maksimal membersihkan lantai dari debu, Sedulur bisa menggunakan sapu dan juga vacuum cleaner. Pertama membersihkan lantai menggunakan sapu untuk menghilangkan lantai dari debu dan kotoran. Lakukan berulang kali agar hasil lebih optimal.

Guna lantai benar-benar bersih, kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menyerap debu yang tidak berhasil tersapu.

BACA JUGA: Jangan Salah Pilih! Ini 8 Lantai Carport yang Paling Tepat Dipakai

9. Pel lantai

Bunnings

Setelah dibersihkan dengan sapu dan vacuum cleaner, Sedulur bisa pel lantai dan lakukan berulang kali. Serupa dengan menyapu, kami sarankan agar pel lantai berulang kali. Semisal pertama, pel lantai dengan air bersih biasa tanpa dicampur pembersih lantai.

Berikutnya setelah dibersihkan dengan air bersih, pel kembali, kali ini memakai pembersih lantai yang mempunyai wangi segar. Selain bersih, lantai rumah pasca renovasi akan wangi. Sehingga lantai di rumah sudah siap pakai dan kamu boleh memasukkan perabotan ke dalam rumah.

10. Cek kembali kebersihan lantai

Southern Living

Setelah semua proses yang Sedulur lakukan saat membersihkan lantai dari awal hingga akhir dilakukan. Sedulu wajib cek kembali kebersihan lantai. Tujuannya agar bagian-bagian yang terlewatkan bisa dibersihkan dengan baik. Maka dari itu, penting untuk cek kembali kebersihan lantai.

Jika ada bagian yang terlewat, Sedulur bisa membersihkan bagian yang terlewat hingga benar-benar bersih. Jika ruangan yang Sedulur renovasi dibenarkan bagian temboknya dan diwarnai ulang dengan cat, biasanya sisa-sisa semen dan cat akan menempel di lantai.

Dua bagian tersebut yang biasanya membandel dan sulit dibersihkan dengan sapu atau kain pel. Butuh usaha lebih sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Nah itulah beberapa tips dan cara membersihkan lantai setelah renovasi yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Sedulur, untuk dapat kembali memiliki lantai rumah yang bersih setelah melakukan renovasi rumah. Semoga bermanfaat, ya Sedulur!