cara membersihkan sawang

Di setiap plafon rumah, biasanya terdapat sawang atau sarang laba-laba. Hal ini tentu saja membuat rumah terlihat kotor dan perlu dilakukan cara membersihkan sawang di plafon rumah. Terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk membersihkannya.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa cara membersihkan sawang di plafon rumah yang bisa Sedulur lakukan. Tentunya agar plafon rumah Sedulur bersih dan terhindar dari sarang laba-laba. Seperti apa caranya? Yuk mari langsung kita simak pembahasannya di bawah ini!

BACA JUGA:  Tips Memulai Bisnis Cuci Sepatu Beserta Kisaran Modalnya

1. Menggunakan sapu khusus

cara membersihkan sawang di plafon rumah
iStock

Cara yang paling sederhana untuk membersihkan sawang di rumah adalah dengan menggunakan sapu khusus yang memiliki gagang panjang. Jika Sedulur tidak memiliki sapu ini, Sedulur bisa membuatnya sendiri dengan sapu lantai yang disambung dengan gagang panjang.

Cara lain yaitu dengan memanjangkan gagang sapu dengan tongkat, tongkat yang biasa Sedulur gunakan untuk mengganti lampu. Sedulur juga bisa menggunakan benda lain yang panjang agar sapu bisa mencapai plafon rumah untuk membersihkan sawang di plafon.

2. Menggunakan alat penghisap debu

iStock

Cara membersihkan sawang di plafon rumah yang kedua bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan alat penghisap debu. Sedulur bisa menggunakan penghisap debu portable agar bisa menarik sawang yang ada di plafon.

Jika pun Sedulur tidak memiliki penghisap debu portable, Sedulur bisa menggunakan penghisap debu biasa dan menggunakan nozel tambahan agar bisa menjangkau sawang atau sarang laba-laba. Jika tidak memiliki nozel, Sedulur juga bisa menggunakan kabel listrik panjang, agar penghisap debu bisa dibawa secara bebas.

3. Buah berangan kuda

Pxfuel

Cara membersihkan sawang di plafon rumah bisa dilakukan dengan menggunakan buah berangan kuda. Lebih tepatnya cara ini bisa mencegah plafon rumah terdapat sarang laba-laba. Buah yang masuk kategori kacang-kacangan ini mampu mengusir laba-laba.

Sehingga laba-laba tidak akan mampu membuat sarang di plafon rumah. Sedulur bisa meletakan buah berangan kuda di sudut-sudut rumah dan area yang sering dilalui laba-laba. Jika kesulitan mendapatkan buah berangan kuda, Sedulur bisa menggantinya dengan kenari ataupun jeruk osage yang memiliki efek sama dengan buah berangan.

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mesin Cuci 1 Tabung Terbaik dan Terbaru 2023

4. Minyak pepermint

cara membersihkan sawang di plafon rumah
iStock

Minyak papermint bisa Sedulur gunakan sebagai cara membersihkan sawang di plafon rumah. Karena Laba-laba sangat tidak menyukai aroma minyak papermint ini sehingga cukup efektif untuk mengusir laba-laba. Maka cara ini termasuk cara untuk mencegah laba-laba membuat sarang.

Agar efeknya bisa bertahan lama. Sedulur  bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan minyak papermint dan Sedulur simpan atau taruh di tempat yang mungkin dilalui laba-laba. Jika Sedulur tidak menyukai aroma dari papermint, Sedulur bisa menggantinya dengan minyak ekaliptus.

5. Tanah diatom

Drink-Drink

Tanah diatom berasal dari fosil plankton yang sudah membatu jutaan tahun yang lalu. Jika memiliki tanah diatom, Sedulur hanya perlu menaburkannya di daerah yang dilalui laba-laba. Selanjutnya, tubuh laba-laba akan rontok dan mengering jika menyentuh tanah diatom ini.

Tenang saja, Sedulur tidak usah khawatir karena bahan ini aman buat manusia dan hewan peliharaan. Efek tersebut hanya bisa dialami oleh laba-laba sehingga efektif digunakan sebagai cara membersihkan sawang di plafon rumah.

6. Gunakan cuka

cara membersihkan sawang di plafon rumah
iStock

Terakhir cara yang bisa Sedulur gunakan adalah cuka. Cuka sangat ampuh dan efektif untuk mengusir laba-laba agar tidak membuat sarang di plafon rumah Sedulur. Dibandingkan dengan bahan sebelumnya cuka/asam asetat adalah bahan yang paling mudah didapatkan.

Sedulur hanya perlu mencampur cuka dengan air dan menyemprotkannya di daerah yang dilalui laba-laba. Laba-laba akan terbakar dan mati jika menyentuh tempat yang sudah disemprot dengan air cuka ini. Hal tersebut disebabkan karena kandungan asam tinggi yang terdapat di dalam cuka itu sendiri.

Selain cara membersihkan dan beberapa cara pencegahan di atas, ada beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan agar laba-laba kabur dari rumah dan tidak membuat sawang kembali. Berikut ini beberapa tips yang perlu Sedulur lakukan:

  • Rawat tumbuhan di sekitar rumah
  • Hindari menumpuk kayu di dekat tembok
  • Lapisi tembok dengan dempul dan plesteran yang terbaik

Dengan melakukan ketiga tips pencegahan di atas maka serangga penyebab sawang akan jauh-jauh dari rumah Sedulur.

Nah itulah beberapa tips dan cara membersihkan sawang di plafon rumah sehingga rumah Sedulur akan tampak bersih dan rapih dan terhidar dari debu. Karena sawang laba-laba menyebabkan banyak debu yang menempel dan membuat rumah pada akhirnya menjadi kotor.