Salah satu impian banyak wanita adalah memiliki alis yang tebal supaya penampilan lebih menarik. Tidak heran, berbagai cara menebalkan alis pun dilakukan oleh wanita seperti memakai eyebrow, tato, sampai melakukan sulam.

Akan tetapi, berbagai langkah tersebut dinilai cukup merepotkan dan bisa memakan biaya yang tidak sedikit. Lantas, bagaimana cara menebalkan alis yang tepat dan alami supaya tampilan wajah makin menarik? Tidak usah bingung, simak artikel berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

BACA JUGA: 15 Manfaat Jus Alpukat yang Baik bagi Kesehatan & Kecantikan

1. Lidah buaya

cara menebalkan alis
Unsplash

Cara menebalkan alis dengan lidah buaya memang sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Kebanyakan, lidah buaya merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan adanya kandungan enzim dari lidah buaya yang bisa melindungi kulit kepala serta mencegah kerontokan rambut.

-->

Ini juga berlaku bagi bulu mata dan alis. Adanya enzim proteolitik disebut mampu untuk memperbaiki sel kulit mati serta berfungsi sebagai kondisioner supaya bisa semakin berkilau dan halus. 

Lidah buaya juga diklaim efektif meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah gatal. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memotong daun lidah buaya kemudian ambil gelnya menggunakan sikat maskara bersih dan steril. Selanjutnya adalah mengoleskan gel ke bulu mata dan alis, lalu biarkan selama setengah jam atau semalaman, bersihkan menggunakan air hangat.

2. Minyak lavender

cara menebalkan alis
Unsplash

Lavender terkenal karena wanginya mampu untuk menenangkan dan relaksasi pikiran. Tahukan Sedulur, ternyata manfaat dari minyak lavender juga bisa digunakan sebagai cara menebalkan alis secara alami? Ya, hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian tentang minyak lavender yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 44% apabila digunakan selama 7 bulan berturut-turut.

Meskipun demikian, masih butuh penelitian yang dilakukan lebih lanjut tentang seberapa efektif minyak lavender untuk membuat alis menjadi tebal. Apabila Sedulur tertarik untuk mencobanya, cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak lavender pada rambut. Jangan lupa untuk selalu melakukan tes pada belakang telinga atau kulit punggung tangan supaya mencegah adanya reaksi alergi yang bisa saja timbul.

3. Minyak kelapa

cara menebalkan alis
Unsplash

Berikutnya adalah menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu cara menebalkan alis dengan cepat. Langkah yang satu ini bisa dilakukan Sedulur dengan mudah di rumah. Adapun manfaat yang sudah diyakini ampuh adalah mencegah hilangnya protein dari dalam rambut. Sehingga, bisa membuat bulu pada alis menjadi lebih kuat.

Tidak hanya itu saja, minyak kelapa juga memiliki kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai zat antimikroba supaya bisa mencegah munculnya infeksi pada folikel rambut. Dengan begitu, kerusakannya bisa dicegah serta mampu membuatnya tumbuh cepat.

Langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa pada permukaan alis secara perlahan menggunakan kapas bersih. Lalu, diamkan selama semalaman dan bilas keesokan harinya dengan air bersih. Lakukan langkah ini beberapa kali dalam seminggu agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Wijen untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

4. Minyak jarak

cara menebalkan alis
SehatQ

Satu dari berbagai solusi efektif sebagai cara menebalkan alis secara alami adalah menggunakan minyak jarak. Adanya kandungan ricinoleic acid pada minyak ini bisa mendorong pertumbuhan rambut dan alis sehingga membuatnya menjadi lebih kuat serta lebat.

Langkahnya adalah dengan mengoleskan beberapa tetes minyak jarak dan pijat secara perlahan. Kemudian, diamkan selama 30 menit dan bersihkan dengan menggunakan pembersih wajah. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat.

Lakukan langkah ini secara teratur yaitu setiap hari supaya lebih lebat dalam waktu kurang dari dua bulan. Akan tetapi, Sedulur perlu berhati-hati karena minyak ini bisa menyebabkan reaksi alergi seperti ruam, gatal, dan iritasi. 

5. Kuning telur

cara menebalkan alis
Unsplash

Dikutip dari sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Food Composition and Analysis, kuning telur bisa menjadi salah satu cara menebalkan alis secara alami dan menumbuhkannya. Hal ini dikarenakan kuning telur kaya akan kandungan biotin yang bisa membantu pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan mudah.

Untuk menggunakannya, Sedulur cukup menyiapkan kuas dan sebutir telur. Kemudian, pisahkan putih telur dan kuningnya, lalu kocok hingga halus. Setelah teksturnya halus, oleskan kuning telur ke area yang diinginkan menggunakan kuas bersih. Bilas menggunakan air hangat setelah didiamkan selama 20 menit.

Agar hasilnya maksimal, lakukan langkah ini sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. Namun, penggunaan kuning telur untuk melebatkannya bisa berisiko menyumbat pori-pori kulit. Sehingga, beberapa orang rentan mengalami jerawat.

6. Kemiri

Tribun Batam

Tidak banyak orang yang tahu cara menebalkan alis dengan kemiri, padahal bahan ini sama cepatnya seperti bahan lainnya. Kemiri yang memiliki nama latin Aleurites moluccana ini merupakan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai rempah-rempah, terutama bijinya. Biji dari kemiri berfungsi sebagai penyedap dan bumbu berbagai sajian masakan.

Satu biji kemiri mengandung 50 hingga 60 persen minyak. Maka dari itu, biji kemiri sering diolah sebagai minyak nabati untuk berbagai macam kebutuhan seperti kosmetik, bahan industri, sampai perawatan kecantikan rambut. Khasiat yang terkandung dari minyak kemiri untuk kecantikan rambut berasal dari kandungan lemak tidak jenuh yang tinggi yaitu asam oleat.

Kandungan ini memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sehingga, minyaknya dikenal sebagai tonik alami. Penggunaannya untuk melebatkan alis cenderung hemat di kantong serta praktis penggunaannya. Ada berbagai macam produk minyak kemiri yang bisa Sedulur beli dengan harga terjangkau. Ketika sedang menentukan produk minyak kemiri, sebaiknya pilih yang diolah dari perasan bijinya secara langsung.

BACA JUGA: 8 Manfaat Jeruk Limau untuk Kesehatan & Kecantikan Kulit

7. Minyak zaitun

Unsplash

Berikutnya adalah minyak zaitun yang kaya akan kandungan vitamin A dan E. Kedua vitamin ini dipercaya bisa membantu pertumbuhan rambut. Vitamin A bisa merangsang produksi sebum yaitu minyak alami tubuh yang bisa membantu pertumbuhan rambut. Sedangkan vitamin E berfungsi untuk menutrisi setiap helai pada rambut.

Untuk mendapatkan manfaatnya, oleskan minyak zaitun sebagai cara menebalkan alis yang dilakukan sehari sekali. Dalam hitungan minggu saja, Sedulur sudah bisa melihat hasilnya yang maksimal. Caranya adalah dengan menuangkan setetes minyak zaitun pada ujung jari, lalu pijat di alis. Kemudian, biarkan selama beberapa jam dan bersihkan menggunakan air hangat. Ulangi setiap hari sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

8. Petroleum gel

Unsplash

Petroleum gel diklaim mampu melembabkan kulit di bagian bawah alis dan merangsang pertumbuhan rambutnya supaya lebih sehat dan lebat. Petroleum gel atau petrolatum adalah campuran setengah hidrokarbon. Campuran ini dibagi menjadi empat yaitu alami, buatan, turunan, serta sintetis.

Salah satu produk petroleum gel yang mudah didapatkan adalah dari merek Vaseline. Banyak yang sudah mencoba cara menebalkan alis dengan Vaseline dan ampuh digunakan. Langkah yang bisa dicoba adalah dengan mengoleskan Vaseline pada permukaan alis dan biarkan selama semalaman.

Pada keesokan harinya, bilas dengan menggunakan air hangat. Agar memperoleh tampilan alis yang sesuai dengan keinginan, lakukan langkah ini setiap malam hari. Akan tetapi, petroleum gel mengandung minyak yang tidak disarankan penggunaannya pada pemilik kulit berjerawat.

9. Tea tree oil

Unsplash

Cara menebalkan alis pria dan wanita berikutnya adalah menggunakan olahan daun teh yang telah diproses dengan cara diembunkan. Sehingga, olahannya akan menghasilkan minyak yang disebut tea tree oil.

Manfaat dari minyak pohon teh sudah banyak digunakan sebagai perawatan rambut dan wajah. Bahkan, banyak yang sudah meyakini minyak pohon teh sebagai cara menebalkan alis dengan memberikan efek lembab dan tidak kering pada folikel rambut.

Sedulur bisa langsung mengoleskan minyak pohon teh pada helaian rambut alis dengan takaran tiga tetes saja. Lalu, diamkan selama semalaman dan bilas pada keesokan harinya. Akan tetapi, Sedulur perlu menggunakannya secara hati-hati karena kandungannya bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

BACA JUGA: Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah yang Benar & Aman untuk Kulit

10. Cara menebalkan alis dengan cepat dan permanen

Unsplash

Selain berbagai cara alami diatas, ada juga cara menebalkan alis yang bergantung pada teknik perawatan tepat. Misalnya, menggunakan serum yang mengandung biotin dan peptida. Selain itu, Sedulur juga bisa melakukan transplantasi alis dengan mengambil rambut dari kulit kepala. Ada juga yang melakukannya dengan cara mengonsumsi suplemen biotik selain dalam bentuk serum.

Namun, sebaiknya Sedulur melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi suplemen biotin ini, ya. Hal ini dilakukan supaya mengetahui dosis yang tepat dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia 10 cara menebalkan alis yang bisa Sedulur pilih. Memiliki alis yang tebal memang menjadi idaman pria dan wanita. Akan tetapi, jangan lupa menjaga kesehatannya seperti melengkapi asupan nutrisi yang dibutuhkan dan jangan mencabutnya alis terlalu keras. Selamat mencoba!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.