cara eksfoliasi wajah

Sedulur pasti ingin memiliki wajah yang bersih dan cerah, ‘kan? Melakukan proses eksfoliasi wajah secara rutin bisa menjadi solusinya, lho. Sedulur bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah. Cara eksfoliasi wajah di rumah tidak sulit. Ada berbagai bahan alami maupun produk eksfoliasi wajah yang bisa digunakan.

Sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara rutin akan menumpuk dan membuat kulit menjadi kusam hingga berjerawat. Agar terhindar dari masalah tersebut, simak bagaimana cara eksfoliasi wajah berikut ini.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Masker Kopi Untuk Mencerahkan Kulit Wajah

Pengertian eksfoliasi

cara eksfoliasi wajah
freepik

Sebelum membahas cara melakukan eksfoliasi wajah, Sedulur perlu tahu pengertian eksfoliasi terlebih dahulu. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Sehingga, lapisan kulit yang baru bisa muncul ke permukaan.

Tidak perlu khawatir, pengelupasan kulit ini hanya bagian luar kulit atau epidermisnya saja. Jadi, tidak akan merusak struktur jaringan kulit. Nah, eksfoliasi wajah termasuk dalam perawatan kulit yang tidak boleh Sedulur lewatkan. Eksfoliasi wajah secara rutin dapat membuat kulit terlihat lebih cerah, terhindar dari jerawat, dan meminimalkan kerutan halus di wajah.

Proses perawatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah maupun secara profesional ke dokter kulit. Meski prosesnya terbilang simpel, sayangnya masih banyak orang yang belum melakukan eksfoliasi secara rutin.

Kapan harus melakukan eksfoliasi wajah?

freepik

Meski termasuk dalam perawatan kulit, eksfoliasi wajah sendiri di rumah tidak boleh dilakukan terlalu sering. Eksfoliasi terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kulit kering, iritasi, hingga rasa terbakar pada kulit wajah. Sebaiknya dilakukan hanya setiap dua minggu sekali saja. Hal ini sudah dianggap bisa menjaga dan merawat kulit tetap bersih.

Namun, khusus bagi yang memiliki kulit berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan lebih sering, sekitar dua atau tiga kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar produksi minyak di wajah lebih terkontrol. Sementara itu, bagi pemilik kulit sensitif, jangan terlalu sering melakukannya. Lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu.

Manfaat melakukan eksfoliasi

cara eksfoliasi wajah
freepik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada banyak manfaat yang bisa Sedulur dapatkan dari melakukan eksfoliasi secara rutin. Eksfoliasi mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Kotoran tersebut nantinya dapat menjadi komedo maupun jerawat yang mengganggu. Dengan melakukan eksfoliasi, Sedulur bisa terhindar dari masalah ini.

Selain itu, perawatan ini juga bermanfaat meratakan warna kulit. Sel-sel kulit mati yang tidak terangkat membuat kulit kusam dan warnanya tidak merata. Masalah ini bisa diatasi dengan eksfoliasi.

Menariknya lagi, beberapa produk eksfoliasi wajah dirancang membantu memperbaiki tekstur wajah dan menstimulasi produksi kolagen. Sehingga, wajah akan terlihat lebih segar, kenyal, serta awet muda.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

Cara eksfoliasi wajah secara aman di rumah

cara eksfoliasi wajah
freepik

Tanpa perlu ke dokter maupun klinik kecantikan, Sedulur bisa melakukan eksfoliasi wajah sendiri di rumah. Namun, Sedulur perlu memperhatikan cara eksfoliasi wajah yang tepat. Jika dilakukan asal-asalan, bukannya kulit makin bersih tapi justru menimbulkan masalah kulit baru. Misalnya, kulit kemerahan, kering, ruam, iritasi, hingga rasa terbakar.

Sedulur tidak mau hal itu terjadi, ‘kan? Oleh karena itu, lakukan cara eksfoliasi wajah secara benar. Adapun tips dan cara eksfoliasi wajah yang bisa diikuti adalah sebagai berikut.

1. Bersihkan wajah sebelum melakukan eksfoliasi

freepik

Sama seperti perawatan kulit lainnya, pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih sebelum melakukan eksfoliasi. Sedulur perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Bisa menggunakan facial wash, facial foam, milk cleanser, micellar water, dan lain-lain. Gunakan air hangat untuk membasuhnya.

Air hangat bisa membuat pori-pori kulit terbuka agar siap untuk proses eksfoliasi. Cara pertama ini berguna untuk menghilangkan kotoran serta bisa menyerap kandungan dari bahan eksfoliasi secara maksimal.

2. Pilih produk eksfoliasi

freepik

Masih banyak orang bingung, produk eksfoliasi wajah pakai apa? Ada banyak sekali produk eksfoliasi wajah yang bisa dipilih sesuai kondisi kulit. Sedulur dapat mengikuti cara eksfoliasi wajah dengan toner, serum, scrub, hingga krim wajah.

Umumnya, toner dan serum disarankan sebagai produk eksfoliasi wajah untuk pemula karena penggunaannya yang praktis. Jenis toner dan serum untuk eksfoliasi biasanya mengandung alpha hydroxy acids (AHA) dan beta hydroxy acids (BHA). Bagi pemula, pilih yang persentase kandungannya rendah.

Selain toner dan serum, Sedulur juga bisa memakai scrub. Hindari scrub bertekstur kasar karena dapat membuat kulit wajah terluka dan iritasi.

3. Lakukan eksfoliasi secara lembut

freepik

Jika Sedulur menggunakan wajah menggunakan scrub, aplikasikan ke wajah secukupnya. Kemudian, lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar dan lembut sekitar 30 detik. Basuh dengan air hangat hingga bersih.

Sementara itu, apabila menggunakan produk eksfoliasi bahan kimia seperti toner, serum, atau krim wajah, oleskan ke wajah secukupnya. Tepuk-tepuk secara lembut hingga produk menyerap sempurna.

4. Gunakan pelembap

freepik

Cara eksfoliasi wajah berikutnya adalah mengaplikasikan pelembap pada wajah. Pelembap tentunya akan menjaga kulit wajah tetap lembap, sekaligus berfungsi menutrisi kulit. Pada beberapa produk eksfoliasi, efek yang ditimbulkan dapat membuat wajah menjadi kering. Maka dari itu, menggunakan pelembap bisa meminimalkan efek tersebut.

Sebagai tambahan, apabila Sedulur melakukan eksfoliasi pada pagi hari, sebaiknya gunakan sunscreen setelahnya. Hal ini berguna untuk mengatasi kulit kemerahan atau mencegah sunburn akibat eksfoliasi. Selain itu, sunscreen juga berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Sebaiknya pilih sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit agar perlindungannya lebih optimal.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Sunscreen Untuk Kulit Kering Terbaik di 2022

5. Hindari krim anti-aging

freepik

Banyak yang belum mengetahui tips yang satu ini. Padahal, menggunakan krim anti­-aging setelah eksfoliasi bisa mengakibatkan masalah pada kulit wajah. Setelah melakukan eksfoliasi, disarankan untuk tidak menggunakan krim anti­-aging terlebih dahulu.

Krim anti-aging biasanya memiliki kandungan untuk pengelupasan sel kulit mati. Tips ini bertujuan mengurangi terjadinya eksfoliasi berlebih pada kulit wajah. Apabila terjadi eksfoliasi berlebih atau over exfoliating, wajah bisa timbul bintil-bintil seperti jerawat, kemerahan, dan iritasi. Jadi, sebaiknya biarkan kulit wajahmu bernapas sementara waktu sampai berganti dengan sel kulit yang baru.

Cara eksfoliasi wajah dengan bahan alami

cara eksfoliasi wajah
freepik

Eksfoliasi wajah tidak harus selalu menggunakan produk kecantikan yang dijual di pasaran. Sedulur bisa menggunakan waslap atau kain bersih yang lembut. Basahi waslap atau kain dengan air hangat, lalu gosokkan perlahan secara lembut ke wajah. Cara ini direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif, kering, dan mudah berjerawat.

Tidak hanya itu, Sedulur dapat menerapkan cara eksfoliasi wajah alami. Bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti gula pasir, kopi bubuk, madu, atau oatmeal bisa digunakan untuk eksfoliasi. Cara eksfoliasi wajah semacam ini dinilai lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia yang keras. Risiko iritasinya pun akan lebih kecil.

Sebagai contoh, berikut cara eksfoliasi wajah menggunakan gula pasir.

  1. Siapkan 1/2 cangkir gula pasir dan 2 sendok teh minyak zaitun.
  2. Masukkan kedua bahan ke mangkuk lalu aduk hingga tercampur merata.
  3. Setelah tercampur, oles scrub ke permukaan kulit wajah, lalu gosok secara lembut selama 3-4 menit. Sebelum melakukan langkah ini, pastikan kondisi tangan dalam keadaan bersih.
  4. Bilas wajah menggunakan air hangat dan keringkan.
  5. Akhiri dengan mengaplikasikan pelempab pada kulit wajah.

Itulah penjelasan mengenai eksfoliasi wajah lengkap dengan caranya. Semoga bisa menambah wawasan Sedulur tentang perawatan kulit wajah. Pastikan melakukan cara eksfoliasi wajah di atas agar kulit lebih mulus, cerah, dan awet muda. Selain eksfoliasi, menjaga kesehatan kulit juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan berkualitas. Jadi, jangan lupa penuhi asupan nutrisi Sedulur, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.