minyak wijen

Terlepas dari kegunaannya untuk memasak, ternyata ada banyak manfaat minyak wijen bagi kesehatan dan juga kecantikan, lho. Dilansir dari jurnal Pharmacognosy Reviews, minyak ini termasuk dalam famili Pedaliaceae, tanaman yang dipanen benihnya untuk dikonsumsi.

Minyak wijen halal karena terbuat dari terbuat dari biji wijen mentah, yang kemudian di-pres untuk kandungan minyak di dalamnya bisa keluar. Jenis minyak ini mempunyai rasa yang tidak jauh dari rasa bahan bakunya, yakni wijen.

Ya, mungkin ada dari Sedulur yang belum tahu minyak wijen untuk masak apa. Jadi, ada banyak masakan yang dibuat dengan minyak yang satu ini sebagai salah satu bahannya, terutama jenis masakan oriental. Nah, bagi Sedulur yang penasaran manfaat dari minyak tersebut, langsung saja simak informasi berikut.

BACA JUGA: 20 Manfaat Mangga Untuk kesehatan Tubuh & Kecantikan Kulit

-->

Kandungan minyak wijen

minyak wijen
Sanora

Sebelum menuju ke pembahasan utama, ada baiknya jika Sedulur tahu kandungan apa saja yang ada di dalam minyak tersebut. Perlu untuk diketahui, setiap manfaat yang diberikan oleh minyak wijen ini berasal dari berbagai gizi yang terkandung, seperti yang ada di bawah ini.

Untuk satu sendok makan minyak wijen dengan berat sekitar 10 gram, terdapat kandungan gizi berupa:

  • Energi: 88 kkal
  • Fosfor: 0,5 miligram
  • Kalium: 2 miligram
  • Kalsium: 1 miligram
  • Lemak: 10 gram
  • Natrium: 0,2 miligram
  • Niasin (vitamin B3): 0,01 miligram
  • Protein: 0,02 gram
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,007 miligram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,001 miligram
  • Zat besi: 0,01 miligram

Tidak hanya dari zat gizi makro dan mikro, minyak ini juga kaya akan zat antimikroba, antioksidan, serta antiradang. Dari banyaknya antioksidan yang ada, dua jenis antioksidan yang paling kuat yakni sesaminol dan sesamol. Banyaknya gizi tersebut juga menjadi alasan minyak wijen harga nya terbilang mahal.

Manfaat minyak wijen

minyak wijen
Genpi

Setelah tahu berbagai kandungan baik yang ada dalam minyak wijen, berikut ini beberapa manfaat yang bisa diberikan untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Sumber lemak sehat

minyak wijen
Timesindonesia

Terdapat banyak sumber lemak yang tersedia dalam minyak wijen, entah itu jenis lemak baik maupun lemak yang jahat. Jenis minyak yang satu ini sangat bermanfaat karena bisa menjadi sumber lemak yang sehat, lho.

Dikutip dari The Healthy, menurut penjelasan dari kepala nutrisi dan kesehatan di Yummly.com, Edwina Clark, “Minyak wijen kaya akan lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal, dan rendah lemak jenuh,”.

Lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda bisa membuat jantung lebih sehat dan juga menjaga kadar kolesterol agar tetap stabil. Sementara untuk lemak trans dan lemak jenuh, justru bisa menjadi penyebab masalah peradangan dan kolesterol.

2. Membantu mengobati luka

minyak wijen
Herminahospital

Selain manfaat dari dalam dengan cara mengonsumsinya, ternyata minyak ini juga bisa digunakan secara topikal atau pengobatan luar tubuh. Sejak dulu, minyak wijen memang dipercaya mampu mengatasi dan mengobati luka serta luka bakar.

Menurut studi oleh Journal of Skin and Stem Cell, berhasil menunjukkan jika pengobatan oles dengan minyak ini mampu mempercepat waktu penyembuhan luka bakar yang dilakukan pada tikus. Walaupun penelitian pada manusia masih dibutuhkan, namun banyak orang yang percaya manfaat ini.

Manfaat minyak wijen untuk mengurangi waktu penyembuhan luka serta luka bakar, mungkin saja bisa dikaitkan dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki oleh minyak tersebut.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

minyak wijen
Yesdok

Selain mampu mempercepat penyembuhan luka, minyak wijen juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut. Sebelum sikat gigi diciptakan, orang zaman dulu sering menggunakan minyak zaitun guna menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut mereka.

Nah, menurut suatu penelitian, kandungan dari minyak zaitun yang baik untuk gigi dan mulut tersebut juga dapat ditemukan dalam minyak wijen. Tidak hanya menjaga kesehatannya, minyak ini juga mampu membuat napas terasa lebih segar.

Menurut Jillian Tuchman, MS, RDN, ahli diet terdaftar dari New York City, “Mengoleskan minyak wijen ke mulut selama 10 menit adalah teknik Ayurvedic lainnya. Penggunaan minyak wijen dapat mengurangi jumlah bakteri di mulut dan membantu menjaga mulut dan gusi tetap sehat,”

4. Kaya akan antioksidan

minyak wijen
Thegorbalsla

Melansir dari Journal of Medicinal Food, minyak yang satu ini memiliki kandungan sesaminol dan sesamol, dua zat antioksidan yang mungkin mempunyai efek kuat untuk kesehatan tubuh. Tentu saja, antioksidan menjadi zat yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Antioksidan sendiri dinilai mampu membantu mengurangi kerusakan sel yang terjadi karena efek radikal bebas. Radikal bebas yang ada di dalam sel tubuh, bisa menimbulkan peradangan dan juga berbagai penyakit yang lain.

5. Mengoptimalkan kesehatan tulang dan kulit

minyak wijen
Sangbuahhati

Profil nutrisi yang dimiliki oleh minyak wijen itu tidak sama dengan biji wijen. Hal ini karena minyak sendiri dibuat dari bagian-bagian tanaman yang terisolasi. Akan tetapi, ada salah satu mineral yang sangat bermanfaat dari minyak ini, yakni seng.

Zat seng tersebut memang sangat diperlukan pada saat seseorang mengalami flu atau pilek. Hal ini karena seng mampu memperpendek atau mengurangi keparahan pada gejala yang ditimbulkan.

Selain itu, zat seng juga bermanfaat bagi tubuh untuk memproduksi kolagen serta membuat kulit menjadi lebih elastis, lho. Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit saja, seng juga dapat membantu mempertahankan kepadatan tulang.

6. Melindungi dari paparan sinar matahari

minyak wijen
Unsplash

Berdasarkan dari studi oleh Pharmacognosy Reviews, berhasil membuktikan jika salah satu manfaat dari minyak wijen yakni untuk melindungi kerusakan akibat paparan sinar UV. Efek yang satu ini, dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang sangat tinggi.

Laporan dari studi tersebut menunjukkan, jika jenis minyak ini mempunyai kemampuan untuk menahan 30 persen dari paparan sinar UV. Sementara jenis minyak yang lain, seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan kacang, hanya mampu menahan 20 persen paparan sinar UV saja.

BACA JUGA: 13 Manfaat Peach Gum yang Bikin Awet Muda & Aturannya

7. Membantu kondisi arthritis

minyak wijen
Klikdokter

Mungkin kandungan nutrisi yang ada di dalam minyak wijen tidak sebanyak nutrisi pada biji wijen. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kandungan nutrisi akan hilang akibat proses ekstraksi. Akan tetapi, bukan berarti jika manfaatnya hanya sedikit, lho.

Jenis minyak ini mempunyai kandungan tembaga dan seng, yang dinilai mampu membantu produksi sel darah merah, melancarkan sirkulasi darah, dan juga baik untuk metabolisme tubuh.

Zat tembaga memang dikenal dengan sifat anti-inflamasinya, yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi, pembengkakan sendi, serta memperkuat tulang.

Bahkan beberapa penelitian dengan subjek hewan pengerat, berhasil mengaitkan minyak wijen dengan perbaikan untuk masalah arthritis. Walaupun hasil penelitian tersebut telah menunjukkan hasil yang cukup positif, namun penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

8. Membuat rambut jadi lebih berkilau

Unsplash

Mungkin Sedulur sudah mencoba berbagai macam produk agar rambut tampak lebih lebat dan berkilau. Namun apakah produk yang dicoba sudah memberikan hasil yang terbaik? Jika belum, maka tidak perlu khawatir. Sedulur bisa coba mengaplikasikan minyak wijen ke setiap helai rambut.

Nah, jadi minyak ini memiliki kandungan vitamin B dan E, kalsium, magnesium, serta fosfor, yang merupakan nutrisi penting untuk menyehatkan rambut dan juga kulit kepala.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini, Sedulur hanya perlu mengambil minyak wijen secukupnya. Kemudian ratakan dari akar hingga ujung rambut, lalu pijat-pijat.

“Pijat beberapa tetes minyak wijen ke dalam akar dan kulit kepala dan biarkan meresap selama sekitar 30 menit. Bilas dengan air hangat dan sampo keesokan paginya atau sampo setelah 30 menit awal jika Anda suka,” saran dari Edwina Clark.

Namun jika susah mendapatkannya, Sedulur bisa juga mencoba pengganti minyak wijen seperti minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membuat rambut tampak berkilau.

9. Mengontrol gula darah

Lifepack

Jenis minyak ini dinilai mampu mendukung regulasi gula darah yang sehat. Tentu saja hal ini sangat penting bagi para penderita diabetes.

Menurut studi oleh National Library of Medicine, yang memberikan minyak wijen pada tikus dengan diabetes selama 42 hari, berhasil menunjukkan adanya penurunan gula darah yang lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi minyak tersebut.

Bahkan, minyak ini juga dapat berperan dalam regulasi gula darah dalam jangka yang panjang. Pastinya ini menjadi salah satu manfaat yang tidak kalah penting bagi kesehatan.

10. Membantu mengatasi stres dan depresi

Minyak wijen
Unsplash

Belakangan ini, banyak orang yang mengalami stres, depresi, atau bahkan anxiety. Terlebih lagi, di masa pandemi seperti saat ini, membuat kita tidak bisa keluar rumah dan beraktivitas seperti biasanya.

Terlalu lama berdiam diri di rumah, tidak bertemu orang lain, tidak dapat bersosialisasi, sampai ketidakmampuan untuk bertemu orang tercinta dalam jangka waktu yang tidak sebentar, tentu bisa menyebabkan tingkat stres dan masalah psikologi lainnya meningkat.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencoba mengatasi kecemasan serta stres, bisa menyertakan minyak wijen ke dalam menu makanan sehari-hari. Kandungan tirosin di dalamnya mempunyai hubungan langsung dengan kadar serotonin pada otak.

Serotonin sendiri merupakan hormon bahagia yang dihasilkan oleh tubuh. Apabila hormon ini tidak seimbang, maka akan membuat seseorang merasa tertekan dan stres bisa timbul.

Bahaya minyak wijen

Brilio

Selain memberikan berbagai manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas, ternyata ada juga bahaya dan kontradiksi yang bisa ditimbulkan oleh jenis minyak ini. Perlu untuk Sedulur ketahui, jika minyak ini dapat menyebabkan peningkatan pembekuan darah.

Dan hal tersebut juga tidak mentoleransi pengobatan suhu dalam jangka panjang. Ketika karsinogen terbentuk, akan membuat minyak yang bermanfaat berubah menjadi lapisan dekoratif seperti yang terjadi pada minyak biji rami.

Dalam hal ini, berikut beberapa kontraindikasi untuk mengonsumsi minyak wijen.

  • Intoleransi individu (termasuk wijen)
  • Kecenderungan untuk trombosis
  • Peningkatan koagulabilitas darah
  • Varises, tromboflebitis

Jika Sedulur cenderung timbul reaksi alergi setelah mengonsumsinya, maka gunakan minyak wijen ini secara hati-hati. Selain itu, penggunaannya juga harus secara bertahap dengan meningkatkan volume.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Jadi, bisa dibilang disamping banyaknya manfaat yang diberikan oleh minyak wijen, ada beberapa bahaya atau resiko penggunaannya. Oleh sebab itu, Sedulur harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi minyak yang satu ini.

Selain berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatan, pastikan juga minyak yang digunakan itu juga berkualitas. Nah, beberapa rekomendasi minyak wijen terbaik seperti Lee Kum Kee,  Chee Seng,  SIN TAI HING, ABC, dan juga Liang Shi Fu.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.