Buah namnam

Salah satu buah langka tapi memiliki banyak manfaat adalah buah namnam. Buah ini termasuk ke dalam famili kacang-kacangan. Namnam memiliki bentuk bulat lonjong dengan warna hijau kekuningan dan banyak ditemukan di daerah Yogyakarta dan Solo. 

Buah namnam juga umum digunakan oleh kalangan keraton agar keringat menjadi lebih wangi. Meski memiliki rasa yang asam, buah namnam ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kulit lho. Lantas apa saja manfaat buah namnam? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : 6 Buah-Buahan dari Surga yang Disebut Dalam Al Quran

Apa itu buah namnam ?

buah namnam
Detik

Sedulur mungkin masih asing dengan nama buah namnam. Buah berwarna hijau ini termasuk ke dalam famili polong-polongan dan memiliki nama ilmiah Cynometra cauliflora. Buah nam nam termasuk buah langka yang hanya dapat ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Di Indonesia sendiri, buah nam nam memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di daerah Manado, buah ini sebut dengan buah namu-namu, sedangkan di daerah Bima, buah ini dikenal denam nama buah puci anggi. Nama nam nam sendiri biasa disebut oleh masyarakat Jawa.

Tanaman namnam biasanya digunakan untuk menghias taman. Hal ini karena daun nam nam yang rimbun dengan bunga yang berwarna merah muda nan cantik. Sedangkan buah namnam sendiri dapat dimasak dengan berbagai olahan seperti asinan, rujak, hingga campuran sambal. Ini karena buah tersebut  memiliki cita rasa khas yang asam, manis, dan segar.

Karakteristik buah namnam

buah namnam
Tribun Pontianak

Adapun karakteristik dari buah namnam di antaranya yaitu sebagai berikut. 

  • Berbentuk setengah lingkaran dan lonjong menyerupai ginjal.
  • Permukaan buah yang bergelombang.
  • Berwarna kuning saat matang, dan hijau ketika belum matang.
  • Daging buah berwarna putih.
  • Tinggi pohon 3-15 meter.
  • Tumbuh di negara tropis dan subtropis, khususnya di daerah dataran rendah basah.
  • Dapat lebih cepat tumbuh saat mendapat pencahayaan sinar matahari penuh.

BACA JUGA : 8 Manfaat Madu Manuka yang Berasal dari New Zealand

Manfaat buah nam nam bagi kesehatan

Buah nam nam memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Freepik

Buah langka ini mengandung kadar antioksidan yang sangat tinggi. Bebebrapa jenis antioksidan yang dapat ditemukan dalam buah ini di antaranya yaitu tannin, saponin, flavonoid, dan juga fenolik. Manfaat dari kandungan oktioksidan tersebut salah satunya adalah mampu melindungi sel dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan mempunyai sel-sel tubuh yang sehat, maka tubuh akan terhindar dari berbagai risiko macam penyakit.

Sebuah studi dari Indian Journal of Public Health Research and Development menyatakan bahwa buah namnam memiliki potensi antibakteri. Artinya, buah ini dapat membantu tubuh melawan infeksi bakteri.

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Freepik

Manfaat selanjutnya adalah buah nam bam sangat baik untuk kesehatan jantung. Menurut Cleveland Clinic, menyantap menu makanan yang kaya akan antioksidan dapat mengurangi risiko seorang untuk mengidap penyakit jantung.

Selain, asupan antioksidan juga membantu mencegah terjadinya aterosklerosis atau pengerasan pembuluh arteri. Aterosklerosis seringkali berkaitan dengan masalah pada jantung.

3. Menjaga berat badan

buah namnam
Freepik

Buah nam nam juga sangat cocok bagi Sedulur yang sedang menjalankan program diet. Mengonsumsi buah ini sangat baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Kandungan flavonoid yang tinggi dalam buah ini bermanfaat untuk menurunkan kadar leptin dalam tubuh. Leptin merupakan hormon yang berperan dalam nafsu makan manusia. Dengan mendapatkan asupan flavonoid yang cukup, Anda tidak akan mudah merasa lapar.

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

4. Memelihara kesehatan kulit

Freepik

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Kadar vitamin C dalam buah nam nam yang tinggi dapat membantu kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Menurut jurnal Nutrients, asupan vitamin C baik untuk memicu produksi kolagen pada kulit.

Produksi kolagen yang cukup dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih segar dan awet muda. Tak hanya itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat terkena sering terkena sinar UV.

5. Mempercepat penyembuhan luka

buah namnam
Freepik

Buah nam nam juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini tentunya berkaitan dengan kandungan vitamin C dalam buah nam nam yang sangat tinggi. Selain menjaga kesehatan kulit, produksi kolagen yang dipicu oleh vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Antioksidan yang ada di dalam buah namnam juga memiliki sifat anti-inflamasi. Itu artinya, buah tersebut diyakini dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh.

6. Menurunkan risiko terkena kanker

Freepik

Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas. Nah, kerusakan sel akibat radikal bebas sudah sering kali dikaitkan dengan penyebab penyakit kanker. Dengan kata lain, asupan antioksidan dari buah namnam juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari risiko terkena kanker.

7. Meredakan gejala alergi

Freepik

Alergi karena makanan tertentu ternyata dapat diredakan dengan buah nam nam. Alergi biasanya akan membuat sistem kekebalan tubuh memicu adanya respon peradangan yang dapat mengakibatkan gelaja alergi seperti gatal dan bengkak pada kulit.

Dalam jurnal yang dipublikasikan oleh Journal of International Medical Research, orang yang memiliki alergi kulit dan pernapasan dan menerima vitamin C melalui infus akan mengalami gejala yang kebih ringan. Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa orang yang mengalami alergi memiliki kadar vitamin C yang rendah. Padahal vitamin C ini dapat bertindak sebagai antioksidan. Mengkonsumsi buah ini dapat membantu mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh yang dapat berfungsi untuk meredakan energi.

BACA JUGA : Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil

8. Menurunkan risiko penyakit kronis

Freepik

Ketika dibelah, bagian daging yang berwarna putih bisa berubah menjadi cokelat. Hal ini terjadi karena di dalam buah namnam ada kandungan asam fenolik. Manfaat asam fenolik, termasuk yang ada di dalam buah namnam, bertugas sebagai antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan sel karena serangan radikal bebas.

Senyawa ini juga dapat melindungi kerusakan sel kulit karena radikal bebas serta membantu menurunkan risiko mengalami penyakit kronis. Tak perlu khawatir, asam fenolik ini terbilang mudah diserap oleh dinding usus selama berada di saluran pencernaan. Jika dimakan secara teratur, asam fenolik yang ada di dalam buah ini nantinya akan membantu mengoptimalkan kerja anti-inflamasi atau antiperadangan.

9. Mencegah sembelit

Freepik

Buah namnam ternyata juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah namnam kaya akan serat alami yang dapat melancarkan pencernaan secara maksimal. Dengan mengkonsumsi buah namnam, pencernaan akan lebih lancar dan dapat membantu mencegah sembelit.

10. Mengatasi darah tinggi

Freepik

Manfaat buah namnam yang selanjutnya adalah dapat mengatasi gangguan darah tinggi. Caranya cukup mudah yaitu, daun buah namnam direbus, kemudian air rebusanya diminum secara teratur. Rasa rebusan air buah namnam ini sama seperti air biasa.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu buah namnam. Buah yang masih termasuk ke dalam famili kacang-kacangan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya yaitu meredakan alergi, menjaga berat badan hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terkena serangan penyakit.