baju mudah pudar

Warna baju mudah pudar apabila terlalu sering dicuci dan dikeringkan dengan cara yang tidak benar. Selain itu, kesalahan dalam memilih sabun cuci serta pemutih juga turut mempengaruhi masalah ini. Sementara pakaian yang warnanya sudah pudar, akan susah kembali ke warna aslinya.

Tentu saja hal ini akan sangat merugikan, bukan? Pakaian menjadi tidak bagus untuk dikenakan, dan mau tidak mau Sedulur harus membeli yang baru. Lantas, apakah ada cara untuk mencegah baju mudah pudar pada saat dicuci?

BACA JUGA: Cara Mencuci Baju Batik Agar Warna Tidak Pudar dan Luntur

Cara Mencegah Baju Mudah Pudar

Nah, jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, untuk mencegah warna baju atau pakaian agar tidak pudar. Tidak usah basa-basi lagi, langsung saja berikut ini beberapa hal yang harus Sedulur pahami. Perhatikan dengan betul tips di bawah ini, agar perawatan baju tetap maksimal, ya!

-->

1. Cuci warna yang sama

baju mudah pudar
Pexels/Kai Pilger

Tips mengantisipasi baju mudah pudar yang pertama, adalah mencuci dengan warna yang sama. Cara yang satu ini menjadi langkah yang sangat tepat untuk mencegah pudarnya warna pada baju yang dicuci.

Sangat penting untuk memisahkan baju berdasarkan warna sebelum Sedulur mulai mencucinya. Hindari untuk mencuci pakaian berwarna terang secara bersamaan dengan pakaian berwarna gelap. Jika tidak, pewarna pada pakaian gelap bisa luntur dan mengenai baju dengan warna yang terang.

2. Baca label perawatan

Membaca dan memperhatikan label perawatan pada baju, adalah hal penting yang perlu dilakukan untuk mencegah warnanya pudar dan kualitasnya menurun. Bacalah petunjuk pencucian pada label dengan teliti. Petunjuk ini memberikan berbagai macam informasi penting.

Mulai dari suhu air yang aman, pengaturan mesin cuci, dan instruksi pencucian lainnya. Selain itu, beberapa pakaian mungkin disarankan untuk dikeringkan dengan cara tertentu atau bahkan dihindari pengeringan menggunakan mesin pengering.

3. Jangan biarkan terlalu kering

Unsplash/Vidar Nordli Mathisen

Jangan menjemur pakaian terlalu lama di bawah sinar matahari langsung. Sinar UV dapat merusak pigmen warna pada pakaian dan menyebabkan pudarnya warna. Jika menggunakan mesin pengering, angkat pakaian sebelum benar-benar kering.

Biarkan pakaian sedikit lembab untuk menjaga kelembaban dan mencegah pakaian terlalu kering. Pengeringan berlebih dapat menyebabkan pakaian kehilangan kelembaban dan membuatnya lebih rentan terhadap pudar.

4. Cuci dengan air dingin

Seperti yang telah diketahui, air panas atau air hangat dapat merusak serat kain pada baju dan membuat warnanya pudar. Untuk itu, memang disarankan untuk menggunakan air dingin saat mencuci baju. Ya, mencuci baju dengan air dingin memang menjadi cara yang sangat efektif untuk mencegah warna pudar.

Bagi yang menggunakan mesin cuci, silahkan pilih pengaturan air dingin. Selain dapat membantu menghemat energi, air dingin juga akan membantu mencegah perubahan warna pada pakaian.

BACA JUGA: Cara Mencuci Cardigan Rajut agar Awet dan Bebas Melar!

5. Mencuci dengan lembut

Pexels/Teona Swift

Mencuci pakaian yang terlalu kasar, baik itu dengan tangan atau menggunakan mesin cuci dapat memudarkan warna. Maka dari itu, lakukan proses pencucian dan pengeringan secara lembut supaya kain pakaian tidak rusak. 

Aturlah pengaturan putaran mesin di angka rendah, agar kualitas dan warna kain tetap terjaga. Selain itu, pilih deterjen yang dirancang khusus untuk pakaian sensitif alias berwarna. Deterjen yang lembut memiliki formula yang tidak mengandung bahan keras yang dapat merusak serat kain.

6. Jemur dengan cara dibalik

Menjemur pakaian dengan bagian dalam keluar dapat membantu melindungi warna dari paparan langsung sinar matahari. Hal ini membantu mencegah pudarnya warna akibat sinar UV. Bagian dalam pakaian yang jarang terpapar sinar matahari, memiliki risiko lebih rendah untuk mendapatkan noda matahari.

Selain itu, perubahan warna yang disebabkan oleh efek langsung sinar matahari juga bisa diminimalisir. Bahkan, penjemuran baju dengan cara yang dibalik, juga dapat membantu mencegah terjadinya perpindahan warna antar pakaian.

7. Tambahkan cuka

Mungkin banyak yang belum tahu, jika cuka dapat membantu mempertahankan warna pada pakaian, terutama pakaian yang berwarna terang. Sedulur bisa menambahkan cuka ke dalam air pencucian untuk membantu melindungi serat dan warna pakaian.

Cuka juga dapat membantu mencegah pecahnya warna pada pakaian, baik itu pada pakaian berwarna terang maupun gelap. Hal ini dapat membantu menjaga kecerahan warna dan menghindari tanda-tanda pudar.

8. Simpan dengan hati-hati

Unsplash/Annie Spratt

Cara mengantisipasi baju mudah pudar yang terakhir, adalah dengan menyimpannya secara hati-hati. Sedulur bisa menggantung pakaian dengan gantungan baju yang sesuai. Hindari penggunaan gantungan yang dapat meninggalkan bekas atau merusak bahan pakaian.

Jika memungkinkan, pisahkan pakaian berdasarkan warna saat menyimpannya. Hal ini akan membantu mencegah perpindahan warna antara satu pakaian dengan pakaian lainnya. Selain itu, pastikan lemari penyimpanan pakaian Sedulur bersih dan kering. Kelembaban berlebih dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap.

Mungkin hanya itu beberapa cara mencegah baju mudah pudar yang bisa dilakukan. Dengan memperhatikan beberapa tips yang ada di atas, Sedulur dapat membantu mencegah baju dari warnanya yang pudar dan menjaga kecerahan warna pakaian dalam jangka waktu yang lebih lama.