Pernahkah Sedulur mendapati hasil cucian baju memiliki bau apek? Tidak hanya mengganggu, bau semacam ini juga akan membuat tidak nyaman saat bepergian. Agar terhindar dari masalah tersebut, Sedulur perlu mengetahui tips mencuci baju yang tepat agar hasil cucian menjadi wangi seperti dari laundry.

Bau apek sendiri karena banyak hal. Namun, Sedulur juga bisa mengatasi masalah itu dengan cara mencuci yang tepat. Kalau mau tahu apa saja tips mencuci baju agar wangi? Simak rangkuman informasinya di bawah ini. 

BACA JUGA: 15 Cara Mengeringkan Sepatu Dalam Semalam di Musim Hujan

Tips Mencuci Baju agar Wangi

cara membersihkan ompol di kasur
Unsplash/No Revisions

Bagi kebanyakan orang, mencuci baju mungkin telah menjadi salah satu aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Meski demikian, tidak jarang pula yang mengalami tantangan tersendiri saat mencuci baju. Misalnya adalah hasil cucian baju tidak wangi dan bahkan memiliki bau apek.

-->

Hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas Sedulur karena baju yang dikenakan menjadi tidak nyaman dan membuat rasa percaya diri menurun. Kondisi ini juga kerap menjadi alasan banyak orang memilih menggunakan jasa laundry untuk mencuci.

Namun hal ini bisa berdampak pada pengeluaran apabila terus mengandalkan jasa laundry. Kabar baiknya, Sedulur bisa menyiasati untuk mendapatkan hasil cucian baju yang wangi meski hanya mencuci di rumah. Caranya adalah dengan mengikuti sejumlah tips mencuci baju berikut ini.

BACA JUGA: Lengkap! Cara Membersihkan Deterjen di Dalam Mesin Cuci

1. Perhatikan label perawatan pada baju

Unsplash/Vidar Nordli Mathisen

Hal pertama yang perlu Sedulur perhatikan sebelum mencuci baju adalah label perawatan yang tertera pada baju. Label yang biasanya terpasang di bagian dalam baju ini bukan sekadar hiasan, lho, Sedulur. Melainkan bisa menjadi petunjuk bagi Sedulur agar tidak salah dalam merawat baju.

Mengetahui label dengan tepat juga akan membantu Sedulur untuk menjaga baju tidak rusak dan tampilannya tetap terjaga meski telah dicuci berulang kali.

Adapun label perawatan berisi informasi seputar cara merawat baju, termasuk cara membersihkan, mengeringkan, hingga informasi tentang ketahanan bahan atau kain baju terhadap panas ketika disetrika. Hal tersebut juga bisa berdampak pada hasil cucian baju setelah kering, termasuk tingkat kewangiannya.

2. Pisahkan baju sesuai bahan dan warna

Tips berikutnya adalah memisahkan baju yang akan dicuci berdasarkan bahan dan warnanya. Meski terkesan merepotkan, kebiasaan memisahkan baju menurut jenis bahan dan warnanya bisa membantu baju menjadi lebih awet meski telah digunakan dalam waktu lama.

Bukan tanpa alasan, ada sejumlah bahan pakaian yang biasanya disarankan untuk tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Selain itu, ada pula jenis bahan maupun warna yang memiliki kecenderungan untuk luntur saat dicuci. Hal ini tentu perlu menjadi perhatian agar pakaian lain, apalagi yang memiliki warna lebih cerah tidak ternodai oleh warna yang luntur.

3. Perhatikan suhu air

Meski jarang diketahui, suhu air ternyata dapat berpengaruh pada hasil cucian baju. Mencuci dengan air bersuhu yang tepat ternyata bisa membantu baju menjadi lebih bersih dan wangi. Lantas berapakah suhu air yang tepat untuk mencuci baju?

Dihimpun dari berbagai sumber, secara umum baju dapat dicuci menggunakan air dingin atau bersuhu sedang. Sementara, air hangat biasanya dihindari karena dapat membuat serat baju menyusut.

4. Pilih deterjen yang tepat

Cara mencuci baju agar wangi seperti dari laundry yang berikutnya adalah menggunakan deterjen yang tepat. Sekilas, semua deterjen tampak sama karena memiliki fungsi yang sama, yaitu membantu membersihkan noda pada pakaian.

Selain itu, deterjen biasanya dibuat dengan campuran parfum atau pewangi yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada baju sekaligus membuatnya wangi.

Meski begitu, ternyata deterjen bisa bereaksi berbeda ke setiap jenis baju. Misalnya untuk baju berwarna, disarankan menggunakan deterjen cair agar warna tidak pudar. Sementara untuk kain putih disarankan menggunakan deterjen bubuk yang dapat mengangkat noda dengan lebih baik.

BACA JUGA: 8 Deterjen Terbaik Cuci Pakaian, Murah Dengan Wangi Tahan Lama!

5. Jangan merendam baju terlalu lama

Unsplash/Annie Spratt

Setelah menggunakan deterjen yang tepat, hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian Sedulur terlebih jika mencuci dengan tangan adalah hindari merendam baju terlalu lama. Waktu perendaman yang disarankan ialah antara 15 sampai 20 menit saja.

Sedangkan merendam baju terlalu lama bisa memicu perkembangan bakteri yang berakibat pada munculnya bau tidak sedap.

6. Gunakan pelembut dan pewangi

Tips lainnya agar baju wangi setelah dicuci adalah menggunakan pelembut dan pewangi. Sedulur bisa menambahkan cairan pelembut sekaligus pewangi di bilasan terakhir. Bahan-bahan dalam cairan tersebut dapat memberikan aroma wangi yang lebih tahan lama pada baju dibandingkan ketika hanya dicuci dengan deterjen saja.

7. Segera jemur baju

Setelah baju dicuci menggunakan deterjen, diberi pelembut sekaligus pewangi, serta dikeringkan, langkah berikutnya yang harus Sedulur lakukan adalah segera menjemur baju. Pastikan baju dijemur di tempat yang cukup berangin dan hindari paparan sinar matahari langsung.

Dengan begitu baju dapat kering dengan baik. Jangan lupa, segera angkat baju setelah kering agar tidak ada debu yang menempel.

8. Hindari mencuci baju saat hujan

Disampaikan sebelumnya, Sedulur disarankan untuk menjemur baju di tempat kering, berangin, dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Di sisi lain, Sedulur sebaiknya juga menghindari mencuci baju saat turun hujan. Sebab, hujan dapat membuat lingkungan sekitar menjadi lebih lembab.

Hal ini bisa berakibat pada baju yang dijemur menjadi lebih lama untuk kering. Akibatnya, bau tidak sedap dapat muncul pada baju yang dijemur karena tidak dapat segera kering.

9. Jaga kebersihan mesin cuci

Unsplash/Planet Care

Tips yang terakhir adalah rutin membersihkan mesin cuci. Banyak yang tidak menyadari bahwa alat elektronik yang biasa diandalkan untuk membersihkan baju juga dapat menyimpan kotoran setelah digunakan mencuci. Kotoran ini bisa berasal dari buih sabun yang mengangkat noda pada baju ataupun dari serat baju yang dicuci.

Kotoran yang mengendap di mesin cuci bisa menimbulkan bau tidak sedap saat sedang digunakan. Tak hanya itu, kondisi mesin yang kotor juga bisa berdampak pada tingkat kebersihan hasil cucian baju. Adapun Sedulur bisa membersihkan mesin cuci dengan menggunakan cairan khusus yang banyak dijual di pasaran.

Nah, itu dia beberapa tips mencuci baju agar wangi seperti dari laundry. Kini, Sedulur bisa mendapatkan hasil cucian yang wangi meski hanya mencuci di rumah. Selain beberapa cara di atas, Sedulur juga bisa menggunakan produk pewangi yang bagus untuk mencuci baju.

Produk pewangi sendiri bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.