cara menghilangkan tipe-x di baju

Terkadang, saat menggunakan tipe-x kita tidak sengaja membuatnya mengenai baju. Jika dibiarkan begitu saja, noda tersebut bisa menjadi permanen, lho! Oleh sebab itu, Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan tipe-x di baju yang benar.

Apabila Sedulur melakukan asal-asal, bisa-bisa noda tersebut malah menyebar ke bagian-bagian yang lain. Apalagi jika dilakukan dengan paksa, bukan tidak mungkin serat-serat kain pada baju tersebut bisa menjadi rusak.

Nah, bagi Sedulur yang mengalami masalah seperti ini, langsung saja simak dan ikuti beberapa cara menghilangkan tipe-x di baju yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Mencuci Baju Agar Wangi Tahan Lama Seperti dari Laundry

1. Segera bersihkan

Pexels/Teona Swift

Cara menghilangkan tipe-x di baju yang pertama, adalah dengan segera membersihkannya. Jadi jika noda tersebut masih baru, alangkah baiknya untuk segera dibersihkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah tipe-x semakin kering dan menjadi permanen.

Untuk itu, Sedulur bisa langsung mengelap tinta tipe-x dengan menggunakan tisu bersih atau kain putih. Usapkan pada permukaan baju yang terkena noda tipe-x. Namun jangan digosok, cukup dengan diusap pelan dan ditepuk-tepuk secara lembut supaya nodanya tidak menyebar semakin luas.

2. Cuci dengan tangan

Apabila noda Tipe-x sudah mulai kering, Sedulur dapat mencoba mencuci baju dengan tangan. Jangan lupa gunakan sabun cuci piring dengan formula yang lembut. Pertama, basahi dulu bagian pakaian yang terkena noda Tipe-x dengan air hangat.

Setelah itu, langsung saja oleskan sedikit sabun cuci piring di area noda tersebut. Gosok menggunakan jari atau sikat gigi dengan bulu yang halus secara perlahan. Bilas dengan air bersih, lalu periksa apakah noda telah hilang atau belum. Jika belum, ulangi langkah-langkah tersebut.

BACA JUGA: Cara Mencuci Cardigan Rajut agar Awet dan Bebas Melar!

3. Gunakan penghilang noda

Pexels-Teona Swift

Perlu untuk diketahui, jika terdapat beberapa produk penghilang noda yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda tipe-x. Ya, Sedulur bisa coba menemukannya di toko online maupun offline. Namun jangan lupa, pastikan untuk membaca instruksi dan panduan penggunaannya.

Pahami petunjuk yang diberikan dengan saksama sebelum menggunakan. Jika masih ragu, coba dulu penghilang noda tersebut pada area pakaian yang tidak terlihat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa penghilang noda yang digunakan tidak menyebabkan kerusakan pada serat kain pakaian.

4. Pakai cairan pembersih kuku

Cairan pembersih kuku atau yang sering disebut sebagai aseton, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda tipe-x yang menempel di baju. Cairan pembersih kuku ini mengandung aseton yang dapat membantu melarutkan tinta koreksi.

Cara menggunakan cairan pembersih kuku untuk menghilangkan tipe-x baju juga tidak susah. Sedulur bisa coba meneteskan sedikit cairan pembersih kuku pada noda tipe-x, kemudian tepuk-tepuk pelan dengan kain bersih. Pastikan noda benar-benar terangkat dan menempel pada kain yang ditepukkan.

5. Minyak dapur atau minyak tawon

Bila beberapa cara menghilangkan tipex di baju yang sebelumnya tidak juga berhasil, jangan langsung menyerah. Masih ada cara lain yang dapat digunakan, yakni dengan memanfaatkan minyak dapur atau minyak tawon. Kandungan pada kedua minyak tersebut, mampu membantu mengencerkan noda tipe-x.

Caranya sendiri juga sangat mudah, lho. Sedulur bisa langsung mengoleskan sedikit minyak dapur atau minyak tawon pada bagian pakaian yang terkena noda tipe-x, kemudian biarkan selama beberapa saat sampai minyak meresap. Jika sudah, langsung cuci bersih pakaian tersebut seperti biasa.

6. Cuci dengan mesin

cara menghilangkan tipe-x di baju
Pexels/Sarah Chai

Jika bahan baju yang terkena noda tipe-x tidak sensitif, maka Sedulur dapat coba mencuci baju dengan menggunakan mesin cuci. Namun, pastikan mesin cuci dijalankan dengan siklus pencucian yang sesuai dengan panduan perawatan yang tertera di bagian label pakaian.

Selain itu, pakailah deterjen yang efektif untuk menghilangkan noda, termasuk tipe-x. Pastikan noda benar-benar terangkat, baru keringkan. Jangan keringkan baju sebelum noda sepenuhnya hilang. Hal ini karena suhu panas dapat membuat noda makin sulit hilang.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menghilangkan tipe-x di baju yang bisa dicoba. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan petunjuk perawatan pakaian, dan lakukan uji coba kecil di bagian yang tidak terlihat sebelum mencoba metode pembersihan pada seluruh noda.

Apabila noda tipe-x benar-benar sulit atau bahkan tidak bisa dihilangkan, mungkin Sedulur perlu berkonsultasi dengan profesional atau mencari bantuan dari ahli pembersihan tekstil.