cara memilih telur yang baik

Siapa nih di antara Sedulur yang masih kebingungan cara memilih telur yang baik? Telur merupakan salah satu sembako yang biasa diolah menjadi hidangan masyarakat Indonesia sehari-hari. Mulai dari telur ayam, telur bebek, hingga telur puyuh, semuanya dapat diolah menjadi makanan yang menggugah selera.

Namun, apa jadinya jika telur tersebut ternyata memiliki kualitas buruk? Tentunya ia tidak bisa dimasak karena khawatir akan kesehatan dan kehigienisannya. Jangan khawatir dahulu Sedulur! Simak beberapa cara memilih telur yang baik di artikel ini, yuk!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Merk Deterjen Terbaik, Ampuh Basmi Kuman!

Tips dan cara memilih telur yang baik

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih telur yang kualitasnya terjaga.

-->

1. Perhatikan warna dari cangkang telur

Depositphotos

Cara memilih telur yang baik pertama adalah dengan memperhatikan warna dari cangkangnya. Sedulur dapat mencermati warna yang ditampilkan cangkang tersebut untuk mencari tahu bagaimana kualitas isinya.

Pilihlah telur dengan cangkang yang masih bersih. Pilih juga telur yang mempunyai cangkang berwarna cerah, dan jangan memilih telur yang ada bintik kehitaman di cangkangnya. Warna cerah pada cangkang telur menandakan telur tersebut masih baru.

Yang harus Sedulur hindari adalah telur dengan yang kelihatan kusam serta keruh. Telur dengan ciri-ciri cangkang tersebut biasanya sudah lama dan tidak segar. Selain itu, jika Sedulur mendapati bintik-bintik hitam yang muncul pada cangkang tersebut, maka tandanya ia merupakan jamur yang tumbuh. Jadi, alangkah baiknya untuk tidak mengkonsumsi telur dengan kedua ciri tadi.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kaldu Jamur untuk Melezatkan Rasa Masakan

2. Pilih telur yang berukuran normal

Depositphotos

Selain cangkang, Sedulur juga dapat memperhatikan ukuran dari telur tersebut. Mengutip dari salah satu sumber, ciri-ciri telur yang sehat salah satunya adalah ketika ia berukuran normal-besar. Ukuran tersebut sendiri menandakan bahwa ia mengandung kuning telur yang banyak.

Akan tetapi, Sedulur tetap harus memastikan isinya sendiri, ya. Hal tersebut dikarenakan sejatinya ukuran telur tidak menjamin kualitas dari isinya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merk Minyak Goreng Terbaik di Indonesia

3. Cermati bentuk telur dari luar

Depositphotos

Cara memilih telur yang baik selanjutnya yaitu dengan mencermati bentuk telur dari luar. Seperti yang Sedulur ketahui, ada banyak jenis telur yang lazim dikonsumsi manusia. Mulai dari telur ayam, telur puyuh, hingga telur bebek, pastinya bentuk dari masing-masing telur tersebut akan berbeda. Ada yang berbentuk bulat sempurna, ada pula yang berbentuk lonjong.

Jika Sedulur ingin mengkonsumsi kuning telur yang melimpah dan padat, coba Sedulur pilih telur dengan bentuk bulat. Menurut beberapa peternak unggas maupun pedagang telur, biasanya telur berbentuk lonjong akan sedikit menyimpan kuning telur.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Kecap Inggris Terbaik

4. Raba permukaan cangkang telur

Depositphotos

Untuk mengetahui telur segar atau tidak, Sedulur bisa meraba-raba permukaan dari kulit telur. Apabila Sedulur mendapati telur memiliki kulit yang cenderung kasar dan terdapat butiran-butiran putih, maka tandanya telur tersebut masih segar dan sehat.

Justru jika Sedulur menemukan ada telur dengan permukaan yang licin dan mengkilap, itu tandanya bahwa telur sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama.

BACA JUGA: 12 Merk Mentega atau Butter Terbaik yang Sehat dan Aman

5. Cium aroma dari telur

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Mencoba untuk mencium aroma telur juga ternyata menjadi salah satu cara memilih telur yang baik dan efektif, loh Sedulur! Walaupun cangkang telur terlihat rapat dan tidak ada cairan yang merembes keluar, aroma busuk tetap akan tercium jika telur berada dalam kondisi yang buruk.

6. Guncang-guncang telur secara perlahan

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Selanjutnya, cara memilih telur yang baik adalah dengan mengguncang-guncang telur secara perlahan. Sembari diguncangkan, Sedulur bisa sekaligus mendengarkan suaranya di dekat telinga. Apabila tidak ada suara sama sekali ketika telur diguncangkan, maka tandanya ia telur yang sehat dengan tekstur putih telur yang pekat.

Namun, apabila Sedulur mendengar suara seperti air dikocok dalam botol, maka tandanya telur tersebut sudah lama dan tidak segar lagi. Hindari jenis telur tersebut, ya Sedulur!

7. Rendam telur di dalam air

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Salah satu cara memilih telur yang baik dan terbukti jitu adalah dengan merendam telur di dalam air. Siapkan sebuah wadah atau baskom yang diisi air, kemudian amati setiap telur yang direndam ke dalamnya.

Apabila telur tenggelam dalam posisi tidur, maka ia merupakan telur yang masih segar dan baru. Jika telur yang tenggelam dalam posisi tidur tetapi ujungnya yang lebih lebar sedikit terangkat, berarti sudah berusia 1 minggu dan biasanya masih layak untuk dikonsumsi. Dan jika telur yang Sedulur rendam malah mengambang keseluruhannya di atas permukaan air, ia berarti sudah busuk, rusak, dan tidak boleh dikonsumsi.

8. Amati kondisi isi telur

cara memilih telur yang baik
Depositphotos

Cara memilih telur yang baik terakhir adalah dengan mengamati kondisi isi telur. Sedulur harus memecahkan salah satu telur ke dalam wadah atau mangkok bening, kemudian lihat seperti apa kondisi putih dan kuning telur yang keluar.

Jika telur masih baru, putih telur akan terlihat sangat kental. Jika usianya sekitar dua sampai tiga minggu, biasanya putih telur tampak lebih lebar dengan tekstur yang encer. Apabila isi telur ternyata berwarna abu-abu, maka telur tersebut sudah busuk.

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai cara memilih telur yang baik. Kalau kebetulan Sedulur butuh belanja sembako seperti telur, tepung, gula, dan lain sebagainya, Sedulur bisa banget untuk beli di Aplikasi Super, loh!

Aplikasi Super memberikan kemudahan berbelanja kebutuhan dapur dari rumah dengan harga miring. Selain itu, selalu ada voucher dan promo yang bikin belanja Sedulur makin hemat. Yuk, unduh Aplikasi Super sekarang melalui Google Play Store!