cara membersihkan telinga

Membersihkan telinga merupakan hal yang harus rutin untuk dilakukan agar tidak terjadi gangguan kesehatan pada panca indra pendengaran ini. Membersihkan telinga pun tidak boleh sembarangan. Sedulur harus mengetahui cara membersihkan telinga agar tidak melukai telinga. 

Membersihkan telinga dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan minyak zaitun hingga cukup dengan air garam. Membersihkan kotoran telinga secara rutin tentunya bermanfaat agar saluran telinga tetap bersih. Berikut cara membersihkan telinga dengan benar yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : Cara Tepat Mengatasi HP yang Tercebur Air dengan Efektif

Penyebab telinga kotor

cara membersihkan telinga
Freepik

Sebelum beranjak ke penjelasan tentang cara membersihkan telinga yang benar, Sedulur harus mengetahui apa yang menyebabkan telinga menjadi mudah kotor. Adapun hal yang menyebabkan telinga mudah kotor diantaranya yaitu adalah sebagai berikut.

-->
  1. Adanya rambut di saluran telinga yang banyak
  2. Terlalu sering berenang
  3. Aktivitas fisik yang berlebihan dan sering berkeringat
  4. Liang telinga kecil sehingga menyebabkan kotoran tidak dapat keluar dengan sendirinya
  5. Cara membersihkan telinga yang kurang tepat. 

Cara mengeluarkan kotoran telinga tanpa dikorek

Berikut  cara membersihkan telinga yang benar tanpa dikorek yang perlu Sedulur lakukan.

1. Melembutkan kotoran telinga

Freepik

Cara pertama yang dapat Sedulur lakukan adalah dengan melembutkan kotoran di telinga. Dikutip dari laman Mayo Clinic, Sedulur dapat menggunakan baby oil, minyak mineral, gliserin maupun hidrogen peroksida encer untuk diteteskan ke dalam telinga. Menurut Healthline, berikut langkah-langkah yang perlu Sedulur lakukan.

  • Memiringkan kepala de samping, lalu teteskan 5-10 tetes minyak mineral ke telinga.
  • Pastikan kepala miring ke samping selama lima menit supaya minyak mineral dapat menembus kotoran telinga.
  • Lakukan perawatan secara rutin selama 3-14 hari.

2. Menggunakan air hangat

Freepik

Setelah kotoran di telinga mulai melembut, Sedulur dapat menggunakan alat suntik untuk menyemprotkan air hangat secara lembut ke saluran telinga. Akan tetapi, jika tidak mempunyai alat suntik, Sedulur dapat menggunakan bola kapas untuk meneteskan air ke saluran telinga. Berikut langkah-langkah yang harus Sedulur lakukan.

  • Miringkan kepada, kemudian Tarik telinga ke atas dan ke belakang untuk dapat meluruskan saluran telinga.
  • Suntuk telinga dengan air hangat secara perlahan.
  • Setelah selesai mengairi, miringkan kepala ke samping agar air dapat mengalir ke luar.
  • Kemudian keringkan telinga menggunakan handuk atau pengering rambut.
  • Ulangi hingga kotoran telinga keluar.

3. Menggunakan obat tetes telinga

iStock

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan obat tetes telinga. Sekarang ini, obat tetes telinga dapat dengan mudah Sedulur dapatkan di pasaran. Obat tetes ini berbahan dasar air yang mengadung zat seperti asam asetat, hydrogen peroksida atau natrium bikarbonat. Sedangkan untuk obat tetes berbasis minyak melumasi serta melembutkan kotoran yang ada di telinga.

4. Menggunakan air garam

Freepik

Berikut cara membersihkan telinga dengan air garam yang perlu Sedulur lakukan.

  • Campurkan 1 sdm ke dalam garam.
  • Rendam kapas ke dalam air tersebut kemudian teteskan beberapa tetes ke dalam telinga dan agar tidak mengalir keluar untuk beberapa saat.
  • Ulangi cara tersebut hingga beberapa kali.

BACA JUGA: Pengertian Elevator Pitch Beserta Cara Membuatnya Agar Menarik

Cara membersihkan telinga yang tersumbat

1. Gunakan uap

Freepik

Uap dapat membantu membuka telinga yang tersumbat jika penyebabnya adalah adanya infeksi maupun alergi. Sedulur dapat memanaskan air ke dalam panci yang mendidih. Setelah itu, angkat panci dan letakkan handuk yang bersih di atasnya. Tarik nafas dalam-dalam untuk menghirup uapnya. Sedulur juga dapat mandi dengan air hangat untuk mendapatkan manfaat sama.

2. Berkumur menggunakan air garam

Freepik

Larutan air garam dipercaya mampu untuk mengurangi lendir pada hidung dan telinga. Untuk berkumur dengan air asin, Sedulur perlu menambahkan sedikit garam ke dalam air dan mencampurnya. Kemudian kumur-kumur selama beberapa detik, setelah itu memuntahkannya.

Cara mengeluarkan kotoran telinga yang menggumpal

cara membersihkan telinga
pixabay

1. Menggunakan minyak almond

Cara pertama untuk membersihkan kotoran telinga yang menggumpal adalah dengan menggunakan minyak almond. Minyak almond mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mmebantu melunakkan kotoran yang keras akibat menggumpal. Sehingga hal ini akan memudahkan kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya.

2. Minyak zaitun

Selain minyak almond, Sedulur juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan kotoran telingan yang menggumpal. Minyak zaitun mengandung anti bakteri yang berfungsi efektif dalam menjaga Kesehatan telinga. Minyak zaitun juga bermanfaat untuk melunakan kotoran yang menggumpal di liang telinga.

Cara menggunakan minyak zaitun pun cukup mudah dilakukan. Sedulur hanya perlu meneteskan minyak zaitun menggunakan kapas lalu diamkan selama beberapa menit. Lakukan cara ini berulang kali sampai kotoran telinga keluar dan bersih. 

Cara membersihkan telinga tanpa cotton bud

cara membersihkan telinga
Freepik

Menggunakan minyak bawang putih

  • Ambil 3 hingga 4 siung bawang putih dan panaskan di atas penggorengan dengan minyak hingga sedikit menghitam.
  • Saat bawang putih tersebut telah menyerap minyak yang ada, sisihkan lalu remaslah secara perlahan agar minyak yang ada di dalam bawang putih menetes keluar
  • Teteskan minyak dari bawang putih tersebut ke dalam telinga Anda.
  • Gunakan minyak ini sebelum tidur.

Pembilasan

  • Beli bola karet lembut yang dibuat untuk membersihkan telinga, dan isi dengan air hangat.
  • Miringkan kepala Anda ke samping dengan handuk tebal atau baskom di bawah telinga.
  • Peras bola karet dengan lembut sehingga air hangat menetes ke telinga Anda.
  • Biarkan air mengalir ke handuk atau baskom.
  • Anda juga bisa melakukan cara ini di atas mangkuk, sehingga Anda dapat melihat apakah ada kotoran telinga yang jatuh.

BACA JUGA : 10 Cara Minta Maaf ke Pasangan dengan Tulus, Agar Baikan

Cara menjaga kesehatan telinga

cara membersihkan telinga
Freepik

1. Bersihkan telinga secara benar

Cara menjaga kesehatan telinga yang pertama adalah membersihkan telinga secara benar. Perlu Sedulur ketahui bahwa anatomi telinga terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian dalam, bagian tengah dan bagian luar. Masing-masing bagian tersebut tentunya memiliki fungsinya masing-masing. Untuk itu, membersihkan telinga cukup pada bagian luarnya saja. Hal ini karena telinga mempunyai kemampuan untuk bisa membersihkan dirinya sendiri. Contohnya seperti bulu-bulu halus pada telinga yang mempunyai kemampuan untuk menjaga telinga dari masuknya kotoran yang berlebih.

2. Jangan membersihkan telinga dengan cutton bud

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Padahal, aktivitas ini sebenarnya kurang baik untuk dilakukan. Sebab, membersihkan telinga dengan cotton bud dapat membuat kotoran telinga justru terdorong ke bagian dalam telinga, sehingga membuatnya semakin masuk ke dalam dan mengendap. Maka dari itu, Sedulur hanya perlu membersihkan pada daun telinganya saja.

3. Hindari telinga dari suara keras terlalu lama

Cara selanjutnya untuk menjaga kesehatan telinga adalah hindari telinga telinga dari suara yang terlalu keras dalam kurun waktu yang Panjang. Karena hal ini dapat mempengaruhi kesehatan pada pendengaran, bahkan dapat menyebabkan tuli.

4. Jangan menggunakan earphone terlalu lama

Memakai earphone terlalu lama dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan telinga. Untuk itu, Sedulur harus mengatur penggunaan earphone serta volume suaranya agar tidak menyakiti telinga.

5. Jagalah telinga agar tetap kering

Telinga yang terlalu lembab menyebabka bakteri mudah masuk ke saluran telinga. Pada kondisi ini secara tidak sadar menyebabkan infeksi serta iritasi pada telinga. Jika Sedulur sering melakukan olahraga berenang, maka sebaiknya Sedukur menggunakan penyumbat telinga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

6. Rutin periksa ke dokter THT

Memeriksa kesehatan telinga tentunya sangat diperlukan, terlebih lagi jika sudah memasuki usia lanjut. Karena umur yang semakin bertambah sangat berpengaruh pada gangguan pendengaran.

Demikian rangkuman informasi tentang cara membersihkan telinga yang benar. Selain rutin membersihkan kotoran telinga, Sedulur juga harus menjaga kesehatan indra pendengaran ini. Seperti tidak terlalu lama menggunakan earphone dan juga rutin untuk periksa ke dokter THT. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.