hp tercebur air

Jika hp Sedulur terkena air biasanya terjadi masalah seperti hp mati bahkan hingga tidak bisa di cas. Jika ini terjadi, Sedulur tidak perlu khawatir karena Sedulur dapat mengatasi hp tercebur air secara mandiri. 

Terdapat bebera cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengatasi masalah ini. Apa saja? Yuk simak cara nengatasi hp tercebur air yang perlu Sedulur lakukan. 

BACA JUGA : 5 Cara Mengubah Foto Menjadi 3×4 Secara Online

1. Segera angkat hp dari air

hp kecebur air
Deposit Photos

Cara pertama untuk mengatasi hp tercebur air solusi yang pertama adalah dengan segera mengangkat hp dari dalam air. Karena semakin lama hp berada di dalam air, akan semakin banyak air yang masuk dan menyebabkan hp menjadi rusak. Sebaliknya, jika hp yang tercebur air semakin cepat diselamatkan maka kemungkinan besar akan baik-baik saja dan masih bisa diselamatkan.

2. Matikan hp

Kumpul Tech

Cara mengatasi kamera hp kemasukan air adalah dengan mematikan hp terlebih dahulu. Kemudian letakkan hp di atas alas yang datar. Arahkan lensa kamera hp ke atas atau letakkan lensa kamera hp di bagian atas dengan cara mentengkurapkan hp. Langkah selanjutnya yaitu sorot lampu tersebut ke arah kamera hingga air pada kamera hilang secara perlahan.

3. Jangan menekan tombol sembarangan

hp kecebur air
Kang Education

Cara mengatasi hp kena air tapi masih hidup adalah dengan cara tidak menekan tombol hp dengan sembarangan. Karena menekan tombol dengan sembarangan justru membuat air dapat semakin banyak masuk melalui celah tombol. Akan tetapi, jika Hp Sedulur sudah touch screen, cara ini tidak terlalu berlaku. Namun tetap Sedulur perhatikan bahwa meski hp Sedulur ketahui bahwa hp modern tetap memiliki tombol seperti tombol power dan juga volume.

4. Jangan goyangkan hp terus menerus

Fimela

Kesalahan banyak orang ketika penanganan hp tercebur air adalah dengan menggoyangkan hp secara terus menerus dengan tujuan agar air dalam hp cepat keluar. Akan tetapi, hal ini justru akan membuat kerusakan hp semakin parah karena air dapat semakin banyak masuk ke dalam hardware. Jadi, Sedulur jangan pernah menggoyangkan hp terus menerus setelah hp tercebur air. 

BACA JUGA : Cara Membuat Buket Snack yang Menarik, Mudah & Sederhana

5. Jangan jemur hp di bawah sinar matahari langsung

Tak hanya air, ternyata hp juga tidak bersahabat dengan matahari. Untuk itu, tidak disarankan menjemur hp yang terkena air di bawah sinar matahari langsung karena dapat membuat komponen hp semakin rusak. Panas matahari juga dapat membuat hp overheat yang membuat hardware hp semakin rusak.

6. Hindari penggunaan hair dryer

Ketika hp terkena air, jangan sekali-kali menggunakan hari dryer untuk mengeringkannya. Hal ini karena hair dryer memiliki efek yang sama dengan sinar matahari yang justru akan merusak hp. Selain itu, panas pada hair dryer juga dapat menaikkan suhu komponen listrik yang ada di dalam hp dengan cepat yang akan membuat kerusakan hp menjadi semakin parah.

7. Rendam hp di dalam beras

Uplotify

cara mengatasi hp masuk air dengan beras merupakan salah satu alternatif yang cukup efektif lho Sedulur. Merendam hp di dalam beras bertujuan agar hp benar-benar kering karena beras menimbulkan efek panas dan bagus untuk menyerap cairan. Sedulur dapat menggunakan baskom atau tempat lain untuk merendam hp di dalam beras. Perlu Sedulur perhatikan bahwa hp harus benar-benar terendam di dalam berasa dam kurun waktu 24-48 jam.

8. Gunakan silica gel

Di dalam kotak sepatu biasanya terdapat  beberapa bingkisan kecil berupa silicia gel yang berfungsi sebagai pengering dan penyedot kelembapan air. Nah Sedulur dapat memanfaatkannya ketika hp terkena air. Cara mengatasi hp tercebur air menggunakan silicia gel sangat mudah. Yaitu dengan menggunakan kantong plastik atau mangkok yang diisi hp dan juga silicia gel dan tunggu hingga 3 hari untuk memastikan bahwa semua kelembapan hp sudah hilang.

BACA JUGA : Cara Clear Cache di Windows 10, Lebih Cepat & Tidak Lemot

9. Gunakan vacuum cleaner USB

Terkadang hp yang tercebur air masih bisa menyala akan tetapi terdapat beberapa masalah seperti tidak dapat dicas. Nah cara mengatasi hp kemasukan air tidak bisa di cas dslsh dstunys dengan menggunakan vacuum cleaner USB. Penggunaan vacuum cleaner ini bertujuan untuk menarik air keluar dari dalam hp. Akan tetapi, Sedulur harus mengeluarkan komponen hp seperti SIM card dan micro SD.

Cara mengatasi speaker hp yang kemasukan air

Ketika hp kemasukan air, bagian yang lainnya tentu juga rawan dan juga sensitif yang pada akhirnya membuat speaker menjadi rusak. Padahal speaker sendiri merupakan komponen yang penting karena berfungsi untuk mendengarkan suara. Nah berikut cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengatasi speaker hp yang terkena air.

  1. Cek volume speaker hp
  2. Bersihkan speaker hp dari debu dan juga embun
  3. Segera keringkan speaker hp (dapat menggunakan beras)
  4. Tes kembali suara speaker hp
  5. Bawa hp ke servis center jika masih terjadi masalah. Jangan lupa bawa kartu garansi jika hp masih dalam masa garansi

BACA JUGA : Cara Block Website di Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet

Hal yang tidak boleh dilakukan saat hp terkecur air

Selain cara mengatasi hp tercebur air yang sudah disebutkan di atas, Sedulur juga harus memperhatikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan ketika hp tercebur atau tekena air. Apa saja? Yuk simak rangkumannya berikut ini!.

  • Jangan nyalakan handphone. Komponen listrik tidak cocok dengan air saat beroperasi.
  • Jangan pasang juga komponen handphone, agar tidak terjadi konsleting.
  • Jangan tekan sembarang tombol apa pun. Ini dapat mendorong air justru akan lebih jauh masuk ke dalam telepon.
  • Jangan meniup ke dalam perangkat. Ini juga dapat mendorong air ke area ponsel yang lebih dalam. Terutama cobalah untuk menghindari pengering rambut.
  • Jangan berikan panas apa pun ke ponsel.Perlu Sedulur ingat bahwa panas yang berlebihan juga dapat merusak ponsel.
  • Jangan terlalu banyak menggerakkan hp

Demikianlah cara mengatasi hp kecemplung air baterai tanam yang perlu Sedulur lakukan. Tak hanya itu, Sedulur juga harus memperhatikan hal-hal yang tidak boleh dilakukan seperti menggoyangkan hp secara terus menerus. Jika masih terjadi masalah pada hp, segera servis ke servis center agar kondisi hp dapat kembali normal. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. 

 

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.