Elevator Pitch

Bagi pebisnis tentu sudah tidak asing dengan presentasi singkat atau yang juga dikenal dengan elevator pitch. Istilah ini digunakan untuk mempresentasikan tentang deskripsidiri, bisnis dan juga perusahan kepada beberapa orang yang berpotensi menjadi calon investor. 

Dalam membuat presentasi ini, seseorang dibatasi agarmemiliki waktu yang singkat yaitu hanya berdurasi tak kurang dari 10 menit. Untuk itu Sedulur harus menjelaskan secara detai dan juga ringkas ketika ingin menggunakan elevator pitch. Lantas bagaimana cara membuat elevator pitch? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

BACA JUGA : 5 Cara Mengubah Foto Menjadi 3×4 Secara Online

Elevator pitch adalah

Elevator Pitch
Freepik

Elevator pitch merupakan deksripsi singkat tentang diri dan dan berlangsung tak lebih dari 10 menit. Dengan waktu yang singakt tersebut, Sedulur harus bisa menjelaskan tentang perusahaan serta apa saja tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut tentunya berhubungan dengan komitmen terhadap pelanggan atau juga dapat berupa prospek yang akan diperoleh klien atau investor kedepannya.

-->

Cara membuat elevator pitch agar menarik

Elevator Pitch
Freepik

1. Latihan

Cara yang terbaik untuk bida merasa nyaman saat melakukan presentasi adalah dengan rajin berlatih. Ketika Sedulur sudah terbiasa Latihan, maka akan semakin mudah untuk menyampaikan ide-ide dalam presentasi. Sedulur dapat berlatih di depan cermin atau merekamnya kemudian meminta teman untuk menilai hasil rekaman tersebut.

2. Memperkenalkan diri

Cara yang selanjutnya adalah dengan memperkenalkan diri, seperti menyebutkan nama lengkap sembari mengulurkan tangan untuk berjabat tangan. Pastikan Seduulur harus persuasif ketika sedang melakukan presentasi singkat tersebut. Karena waktunya yang cukup singkat, Sedulur harus memperkenalkan diri dengan semenarik mungkin agar calon investor berminat untuk mendengarkan sesi perkenalan tersebut.

3. Sampaikan keahlian

Ketika presentasi singkat, Sedulur harus menjelaskan mengenai keahlain yang dimiliki. Fokuslah pada keahlian yang bernilai dalam berbagai situasi. Hal ini merupakan kesempatan bagi Sedulur untuuk bisa lebih unggul. Akan tetapi, Sedulur perlu ingat bahwa jangan terlalu melebih-lebihkan cerita bahkan sampai berbohong.

4. Bersikap positif dan juga fleksibel

Dengan bersikap positif dan berpikiran terbuka, maka akan membuat lawan bicara semakin antusias mendengarkan ketika Sedulur sedang melakukan presentasi. Jangan terlalu cepat bicara ketika sedang presentasi, karena hal ini dapat membuat calon investor melewatkan informasi penting yang Sedulur sampaikan.

5. Kenali audiens

Cara yang selanjutnya adalah Sedulur harus mengenali audiens. Ketika Sedulur sudah mengetahui siapa lawan bicara Sedulur maka akan semakin mudah menggunakan bahasa dan juga kata-kata yang sesuai dengan lawan bicara.

6. Akhiri dengan call to action

Sedulur dapat mengakhiri presentasi singkat dengan meminta atau juga menyatakan apa yang diinginkan selanjutnya dengan cara call to action. Dengan begitu, lawan bicara akan semakin tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut hingaa terjadi kesepakatan kerja sama yang Sedulur inginkan.

BACA JUGA : Cara Clear Cache di Windows 10, Lebih Cepat & Tidak Lemot

Cara menyempurnakan elevator pitch

Elevator Pitch
Freepik

Identifikasi masalah

Cara yang pertama untuk bisa menyempurnakan presentasi singkat ini adalah dengan mengidentifikasi masalah. Pastikan Sedulur sudah menyiapkan materi tentang permasalahan beserta cara mengatasina. Semakin baik permasalan yang Sedulur pilih, maka akan semakin besar pula peluang keberhasilan untuk bisa mencapai tujuan yang Sedulur inginkan.

Berikan penyelesaian yang baik

Setelah mengidentifikasi masalah, langkah selanjutnya adalah memberikan solusi atau penyelesaian dari masalah tersebut. Sampaikan penyelesaian masalah dengan jelas dan rangkumlah menjadi poin-poin penting dalam beberapa kalimat.

Pahami target pemasaran

Memahami target pemasalah merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan elevator pitch. Sedulur perlu menentukan titik sasaran pemasaran dan membaginya ke dalam kelompok yang lebih kecil, sehingga akan membuat presentasi bisnis semakin terlihat realistis.  

Probabilitas persaingan

Sedulur juga perlu menambahkan probabilitas persaingan dalam elevator pitch agar terlihat semakin sempurna. Hal ini karena setiap bisnis tentu memiliki pesaing, bahkan tidak hanya satu competitor saja. Untuk itu Sedulur perlu menjelaskan mengenai kemungkinan pesaing bisnis serta faktor yang mmebuat bisnis Sedulur lebih unggul dibandingkan bisnis dari kompetitor.

Tim kerja

Tim kerja merupakan salah satu faktor penentu apakah bisnis dapat berlajan sesuai rencana atau tidak. Untuk itu, ketika sedang melakukan presentasi singkat tersebut Sedulur juga harus mencamtumkan rekan kerja yang turut mendukung perkembangan bisnis yang kini sedang dirancang. Dengan begitu, calon investor atau klien akan merasa tertarik untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan Sedulur.

Keuangan

Cara selanjutnya adalah menjelaskan mengenai keadaan dan perkiraan keuangan . Hal ini menjadi sangat penting karena dapat memengaruhi pemahaman calon investor terkait bisnis yang sedang Sedulur jalani.

Pencapaian

Langkah terakhir untuk menyempurnakan presentasi singkat tersebut adalah dengan menyampaikan pencapaia dari bisnis yang sedang Sedulur lakoni. Seperti daya tarik perusahaan atau kelebihan yang lainnya. Jelaskan juga mengenai visi, misi serta tujuan yang ingin dicapai selanjutnya.

BACA JUGA : Cara Block Website di Chrome dengan Mudah Tanpa Ribet

Kelebihan dari elevator pitch

Freepik

Berikut kelebihan yang Sedulur dapatkan dari elevator pitch.

  1. Dapat meningkatkan jumlah klien serta investor untuk perusahaan.
  2. Membuat klien semakin tertatik untuk bergabung dalam perusahaan.

Elevator pitch contoh

Freepik

 

Berikut elevator pitch contoh yang dapat Sedulur jadikan referensi. 

Contoh 1

Elevator Pitch
Freepik

“Halo, saya Chika dari Invest Solution, sebuah start up investasi dari Indonesia. Pada tahun pertama kami, ada 500.000 anak muda yang sudah melakukan investasi bersama kami. Mereka mengatakan bahwa aplikasi kami sangat mudah digunakan karena mereka juga bisa berdiskusi dengan investor lain di dalamnya. Saat ini, kami mulai mengadakan beberapa kelas seminar tentang investasi yang pembicaranya adalah para investor ternama di Indonesia. Apa kamu sudah mulai investasi? Kalau kamu tertarik untuk ikut, kamu bisa buka Instagram kami. Terima kasih.”

“Hai, saya Aldo. Saya sudah lima tahun mengembangkan karier sebagai Corporate Communication di sebuah agensi di Jakarta. Selama lima tahun tersebut, saya berhasil mendapat klien dari sekitar 30 perusahaan ternama dan beberapa di antaranya saya berperan sebagai leader-nya. Saat ini, saya tertarik untuk fokus bekerja di sebuah perusahaan dan saya lihat Anda profesional di bidang tersebut. Apakah Anda punya waktu untuk berdiskusi tentang dunia Corporate Communication dengan saya? Jika ya, Anda bisa kontak saya di nomor yang tertera di kartu nama ini. Terima kasih.”

Contoh 2

“Hello, I’m Chika from Invest Solution, a start up from Indonesia. In our first year, there were 500.000 millennials who have invested with us. They said that our application is easy to use because they can also discuss all about investment there. Now, we’re starting some classes with investment experts in Indonesia. Have you started investing? If you’re interested with the classes, you may check our Instagram. Thank you.”

“Hi, I’m Aldo. I’ve spent five years working as a Corporate Communication at an agency in Jakarta. During those five years, I managed to get clients from 30 well-known companies and I was the leader in some projects. Now, I’m planning to work in a company and I see you are a professional in that field. Do you have time to discuss more about Corporate Communications with me? If you do, please contact the number listed on this business card. Thank you.”

Demikianlah penjelasan tentang elevator pitch artinya dan juga cara membuatnya agar semakin menarik. Elevator pitch biasanya digunakan saat ada banyak orang berkumpul dan mereka akan berpotensi menjadi konsumen, klien, bahkan investor sebuah perusahaan Sedulur. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.