cara membersihkan stainless steel

Sedulur yang punya banyak perlengkapan dapur harus tahu cara membersihkan stainless steel, nih! Peralatan dapur berkualitas memang banyak yang terbuat dari lapisan stainless steel. Tentunya agar ia awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Akan tetapi, semakin sering Sedulur menggunakan kitchenware stainless steel tersebut, noda-noda membandel biasanya akan menempel dan menumpuk. Bagaimana cara menghilangkannya, ya?

Simak ulasan singkat mengenai cara membersihkan stainless steel berikut ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Warna Cat Rumah Bagian Luar, Elegan & Menawan!

-->

Cara membersihkan stainless steel, paling ampuh!

Ada lima cara membersihkan stainless steel yang paling jitu, lho! Simak ulasannya di bawah ini.

1. Siapkan bahan-bahan pembersih

Everypixel

Untuk membersihkan noda membandel di kitchenware Sedulur, Sedulur harus terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan keperluannya. Memang harus diakui bahwa terdapat banyak sekali produk pembersih peralatan dapur yang sudah dijual luas di pasaran. Akan tetapi, tidak semua produk pembersih tersebut ampuh menghilangkan noda membandel. Risiko lapisan stainless steel menjadi rusak juga bisa muncul karena kita tidak tahu bahan-bahan apa yang terkandung di dalam produk tersebut.

Sebagai solusinya, coba gunakan bahan-bahan alami yang diracik sendiri. Sedulur bisa mempersiapkan cuka putih, air perasan lemon, serta air bersih. Isi satu botol semprot dengan air serta cuka putih dengan perbandingan yang sama. Kemudian, teteskan air perasan jeruk lemon agar cairan beraroma segar.

Sedulur juga harus mempersiapkan minyak zaitun, cairan pencuci piring yang memiliki kandungan ringan, serta kain microfiber. Selain itu, siapkan juga baking soda sebagai senjata utama untuk mengatasi noda membandel di peralatan dapur Sedulur.

Karena sudah ada kain microfiber, Sedulur tidak perlu lagi menggunakan spons kawat cuci piring. Justru Sedulur harus menghindari spons kawat tersebut karena ia bisa merusak lapisan stainless steel.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sikat Kamar Mandi Terbaru 2023

2. Bersihkan peralatan secara satu arah

Depositphotos

Jika semuanya sudah siap, saatnya membersihkan peralatan dapur dengan bahan-bahan tadi! Ada satu aturan yang harus Sedulur perhatikan dalam proses ini, yaitu menggosok/membersihkannya secara satu arah.

Untuk membersihkan peralatan stainless steel, menggunakan kain microfiber yang dibasahi dengan air sebenarnya sudah cukup. Jika noda sudah berkerak dan membandel, maka perlu pembersihan mendalam pakai cuka dan baking soda.

Contohnya, setelah Sedulur menyemprotkan larutan cuka, air, dan perasan lemon tadi, Sedulur harus mengusap permukaan peralatan dapur dari satu arah (dari kiri ke kanan, kemudian ulangi lagi dari kiri ke kanan.

Jika ada noda membandel, Sedulur boleh banget lho untuk menaburkan sejumput baking soda di atas noda tersebut. Tunggu sejenak, kemudian semprot dengan larutan cuka lalu lap searah. Terakhir, bilas menggunakan air hangat yang mengalir.

BACA JUGA: Cara Menambal Pipa Paralon Air Sendiri Tanpa Bantuan Tukang

3. Gunakan sabun cuci piring dengan formula yang terpercaya

cara membersihkan stainless steel
Depositphotos

Apabila semua noda membandel sudah dipastikan hilang, gunakan sabun cuci piring dengan formula terpercaya yang mild. Langkah ini akan menghilangkan residu asam yang ditinggalkan cuka putih, dan memastikan bahwa cuka tidak berinteraksi secara berlebihan dengan logam dari kitchenware Sedulur.

BACA JUGA: Cara Ampuh Mengembalikan Warna Pakaian Yang Memudar

4. Gunakan campuran minyak zaitun

cara membersihkan stainless steel
Depositphotos

Kurang puas dengan peralatan stainless steel dapur yang bersih dari noda? Coba gunakan campuran minyak zaitun agar kitchenware Sedulur makin kinclong! Minyak zaitun bertindak sebagai lapisan pelindung. Minyak zaitun dapat membantu menghilangkan noda dan menutupi goresan sebelumnya. Tambahkan sedikit minyak zaitun pada kain microfiber dan lap dengan lembut di seluruh permukaan.

5. Poles perlengkapan dapur stainless steel dengan gerakan melingkar

cara membersihkan stainless steel
Depositphotos

Agar hasilnya semakin sempurna, Sedulur bisa menggunakan teknik gerakan melingkar pada saat memoles perlengkapan dapur kesayangan. Ambil sedikit minyak zaitun pada kain microfiber dan gosokkan ke kitchenware, lakukan dengan gerakan melingkar kecil. Perlengkapan dapur Sedulur dijamin bakal berkilau dalam waktu singkat!

Nah Sedulur, itu tadi adalah 5 cara membersihkan stainless steel yang bisa Sedulur coba di dapur. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat simple, langkah-langkahnya pun begitu mudah. Yuk, langsung pratikkan di dapur biar semua kitchenware Sedulur bersih berkilauan!

Bagi Sedulur yang sedang mencari produk pembersih dapur, seperti sabun cuci piring atau cairan pembersih serbaguna, bisa banget lho buat intip-intip di Aplikasi Super. Selain memenuhi keperluan sembako sehari-hari, Aplikasi Super juga menawarkan berbagai macam produk varian pembersih, nih!

Nggak percaya? Langsung unduh Aplikasi Super sekarang melalui Google Play Store, deh. Aplikasi Super, bikin belanja makin mudah, bikin belanja makin murah!