cara menambal pipa paralon

Salah satu masalah yang sering ditemui dalam kehidupan berumah tangga adalah kebocoran pada pipa paralon air. Tak hanya mengganggu aktivitas, air yang keluar terus-menerus juga akan membuatnya terbuang sia-sia dan menambah biaya bulanan. Oleh karena itu, Sedulur harus tahu cara menambal pipa paralon agar hal ini tidak menjadi masalah yang besar.

Menambal pipa paralon air bisa dibilang cukup mudah, sehingga Sedulur bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan tukang. Asal tahu caranya dan tepat melakukannya, pipa paralon yang tadinya bocor akan kembali baik dan bisa digunakan lagi. 

Penasaran bagaimana cara menambal pipa paralon air sendiri tanpa perlu bantuan tukang? Ikuti cara berikut ini, yuk!

BACA JUGA: Cara Ampuh Membersihkan Kompor Gas Dari Noda dan Kerak

Cara menambal pipa paralon air 

Setidaknya, ada empat cara yang bisa Sedulur ikuti saat akan menambal pipa paralon air yang bocor di rumah. 

1. Siapkan alat dan bahan

cara menambal pipa paralon
iStock

Sebelum menambal pipa paralon air, Sedulur tentunya membutuhkan beberapa alat dan bahan. Berikut adalah beberapa peralatan dan bahan yang diperlukan untuk proses penambalan.

  • Denah pemipaan
  • Lakban PVC
  • Lem PVC
  • Pipa PVC

Selain menggunakan bahan-bahan yang berkualitas agar hasil tambalan tidak bocor lagi, Sedulur juga perlu mengetahui denah pemipaan di rumah. Hal ini karena denah pemipaan akan mempermudah Sedulur dalam menemukan titik kebocoran dengan lebih akurat dan efisien.

2. Temukan titik kebocoran

iStock

Bila Sedulur sudah paham dengan denah pemipaan di rumah, segera lakukan pengecekan titik kebocoran paralon air dengan menyalakan pompa air atau saluran air. Cara ini bisa Sedulur gunakan untuk mengetahui di titik mana kebocoran air terjadi. 

Setelah menemukan bagian yang bocor, Sedulur bisa menandainya menggunakan spidol permanen. Penandaan ini berguna untuk mempermudah proses perbaikan nantinya. Akan tetapi, bila titik kebocoran berada pada saluran air tanam, maka Sedulur mau tidak mau harus melakukan pembongkaran tembok terlebih dahulu untuk memperbaiki paralon yang bocor. 

BACA JUGA: 13 Cara Ampuh Membersihkan Kaca Buram Dengan Sekali Langkah

3. Tambal paralon sesuai letak kebocoran

Rumah Sae

Dalam menambal paralon, Sedulur tidak bisa melakukannya secara asal-asalan. Hal ini karena letak kebocoran berpengaruh pada cara perbaikan yang akan dilakukan. Bila kebocoran terjadi pada bagian sambungan yang memiliki drat, maka Sedulur bisa membuka kembali tutup sambungan yang ada dan menempelkan seal tape disana. 

Seal tape ini akan membuat sambungan menjadi lebih kuat. Setelah itu, Sedulur juga bisa mengoleskan juga lem pipa paralon pada sambungan paralon agar mereka bisa merekat dengan lebih kuat. 

Sementara itu, bila kebocoran terjadi pada bagian sambungan yang tidak memiliki drat, Sedulur bisa menambalnya dengan mengoleskan lem pipa paralon langsung pada bagian yang mengalami kebocoran. Jangan lupa untuk memastikan sambungan yang ditambal sudah menempel dengan kuat dan tidak lagi mengalami kebocoran di masa yang akan datang.

Letak kebocoran lain yang mungkin saja terjadi adalah di bagian badan pipa. Hampir sama dengan cara menambal pada sambungan yang tidak memiliki drat, Sedulur juga hanya perlu menambal paralon air yang bocor dengan menggunakan lem saja. Selalu pastikan juga bahwa titik kebocoran yang ditambal telah tertutup dengan sempurna, ya!

4. Uji coba hasil tambalan

Arafuru

Jika sudah melakukan penambalan, Sedulur bisa mencobanya dengan uji coba hasil tambalan. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kebocoran yang terjadi sudah teratasi dengan baik atau belum.  

Caranya, Sedulur hanya perlu menyalakan pompa air layaknya penggunaan sehari-hari, lalu amati bagian pipa yang sudah ditambal. Perhatikan apakah masih ada kebocoran yang terjadi pada bagian pipa paralon tersebut. 

Bila tidak ditemukan air yang merembes keluar lagi, berarti proses penambalan yang dilakukan sudah berhasil. Sebaliknya, bila masih ada air yang keluar, Sedulur bisa mengulangi proses penambalannya hingga titik kebocoran benar-benar tertambal sempurna. 

BACA JUGA: Cara Mudah Membersihkan Kran Air, Nggak Repot!

Cara mudah menambal pipa paralon air sendiri

Kabar Banten

Selain cara di atas, ada juga cara mudah yang bisa Sedulur lakukan untuk menambal pipa paralon air sendiri. Cara ini bisa dilakukan oleh siapapun dan tentunya tanpa bantuan tukang. Yuk, simak alat dan bahan yang dibutuhkan bersama langkah-langkahnya!

Alat dan bahan:

  1. Tepung
  2. Gunting 
  3. Wadah bekas pasta gigi
  4. Amplas
  5. Lem paralon

Cara menambal:

  1. Potong wadah bekas pasta gigi dengan gunting dengan ukuran lebih besar dari paralon yang bolong. 
  2. Masukkan guntingan bekas pasta gigi ke dalam paralon melalui lubang yang bocor. Gunakan paku bila merasa kesulitan.
  3. Jika sudah masuk, isi bagian luarnya dengan lem paralon hingga wadah tersebut merekat erat pada paralon.
  4. Agar lebih cepat prosesnya, taburkan tepung pada lem paralon yang masih basah.
  5. Jika lem dan tepung sudah mengering, segera ratakan tambalan dengan amplas.
  6. Tunggu hingga tambalan kering sempurna atau sekitar 30 menit.
  7. Lakukan uji coba hasil tambalan sebelum menggunakan paralon lagi.

Nah, itulah cara menambal pipa paralon air sendiri dengan mudah yang bisa Sedulur coba di rumah. Dengan mengikuti cara ini, Sedulur tidak perlu lagi khawatir bila ada kebocoran kecil pada pipa meskipun tanpa menggunakan bantuan tukang sekalipun. Selamat mencoba!