cara membersihkan setrika yang lengket

Tapak atau alas setrika menjadi lengket merupakan masalah yang umum terjadi. Biasanya masalah tersebut terjadi karena menyetrika pakaian bersablon ataupun terdapat plastik yang meleleh akibat terkena panas. Bagian yang meleleh itu kemudian menempel di alas setrika sehingga membuat permukaannya tidak licin. Jika mengalami kondisi tersebut, Sedulur tidak perlu terburu-buru membeli setrika baru. Sebab ada cara membersihkan setrika yang lengket yang bisa Sedulur coba di rumah.

Menariknya lagi, cara membersihkan setrika yang lengket tidak membutuhkan bahan ataupun alat yang sulit. Bahkan Sedulur bisa menggunakan beragam bahan yang biasa tersedia di rumah, seperti kain basah, soda kue, dan garam.

BACA JUGA: 12 Cara Membersihkan Kerak Kloset Duduk Sampai Kinclong

Cara membersihkan setrika yang lengket

Ingin tahu bagaimana cara membersihkan setrika yang lengket? Berikut sudah dirangkum 6 cara ampuh membersihkan setrika yang lengket dan kotor. Cara-cara berikut ini bisa Sedulur ikuti dengan menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah.

-->

1. Menggunakan kain basah

cara membersihkan setrika yang lengket
Pinhome

Cara membersihkan setrika lengket yang pertama adalah menggunakan kain basah. Cara ini terbilang cukup sederhana mengingat Sedulur tentu memiliki kain di rumah sehingga tidak perlu membelinya terlebih dahulu. Agar proses pembersihan lebih mudah, sebaiknya Sedulur menggunakan kain lap yang terbuat dari material handuk ataupun jenis kain yang cukup tebal.

Kain yang sudah disiapkan tersebut kemudian dibasahi dengan air. Jangan lupa memeras kain sebelum digunakan untuk menyeka bagian alas setrika yang lengket. Sedulur dapat menyeka secara perlahan sembari sedikit memberikan tekanan agar noda lebih cepat terangkat.

2. Menggunakan daun pisang

cara membersihkan setrika yang lengket
Kompas

Selama ini daun pisang lebih banyak dimanfaatkan untuk membungkus makanan. Namun siapa sangka, daun pisang juga bisa menjadi bahan untuk membersihkan setrika yang lengket. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, nyalakan setrika yang akan dibersihkan pada suhu maksimal.
  • Sembari menunggu setrika panas, Sedulur bisa menata lembaran daun pisang di atas meja setrika.
  • Kemudian gosok setrika di atas lembaran daun pisang secara perlahan. Pastikan suhu setrika sudah cukup panas sehingga lapisan lengket pada tapak atau alas setrika dapat berpindah ke alas daun pisang.
  • Jangan lupa untuk ganti daun pisang yang sudah layu agar proses pembersihan menjadi lebih maksimal.

BACA JUGA: 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

3. Menggunakan soda kue

Alodokter

Cara berikutnya adalah menggunakan soda kue yang biasa digunakan sebagai pengembang untuk adonan kue dan roti. Namun kali ini Sedulur akan diajak untuk mencoba soda kue sebagai bahan untuk membersihkan noda lengket pada alas setrika.

  • Pertama, campurkan bubuk soda kue dengan air sehingga membentuk pasta yang kental.
  • Kemudian, oleskan pasta soda kue ke permukaan tapak setrika yang akan dibersihkan. Sebelum mengoleskan pasta, pastikan setrika dalam keadaan mati dan tidak tersambung ke aliran listrik.
  • Selanjutnya, gosok tapak setrika menggunakan sikat gigi bekas secara perlahan agar permukaan setrika tidak tergores.
  • Terakhir seka dengan kain bersih. 

4. Menggunakan lilin

Tirto

Lilin yang biasanya digunakan sebagai sumber penerangan terlebih saat terjadi pemadaman listrik juga bisa digunakan untuk membersihkan setrika yang lengket. Caranya pun sangat sederhana, sebagai berikut.

  • Pertama, panaskan setrika selama beberapa saat.
  • Kemudian gosokkan lilin pada bagian alas setrika yang lengket. Nantinya kotoran pada setrika akan tertutupi oleh cairan lilin yang meleleh.
  • Berikutnya, matikan setrika dan biarkan hingga dingin.
  • Terakhir, gosokkan tapak atau alas setrika dengan kain hingga bersih.

BACA JUGA: Bau yang Tidak Disukai Tikus dan Curut untuk Mengusirnya

5. Menggunakan pasta gigi

SehatQ

Bahan berikutnya yang patut dicoba untuk membersihkan noda lengket pada setrika adalah pasta gigi. Formula dalam pasta gigi memiliki kandungan yang bersifat abrasif sehingga mampu mengangkat noda berkerak, seperti kotoran yang menempel di setrika.

Adapun cara untuk membersihkan setrika lengket dengan pasta gigi adalah dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada noda yang lengket. Kemudian, ambil kain yang sudah dibasahi dan gosok secara perlahan hingga kotoran lengket yang menempel terangkat. Hindari menggosok setrika dengan sikat karena bisa menyebabkan terjadinya goresan. Selain itu, pastikan juga setrika dalam kondisi dingin atau tidak dicolokkan ke listrik.

6. Menggunakan garam

CNN Indonesia

Cara membersihkan setrika yang terakhir adalah menggunakan garam. Bahan dapur satu ini tentu tersedia di rumah sehingga Sedulur tidak perlu repot-repot membelinya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, pastikan setrika dalam kondisi dingin atau tidak terhubung dengan aliran listrik dan bukan baru saja digunakan.
  • Kemudian, tuang beberapa sendok garam dapur dan sedikit cuka makan ke dalam wadah. Aduk hingga campuran tadi membentuk pasta.
  • Selanjutnya, oles pasta garam dan cuka pada bagian alas setrika yang kotor. Lalu seka atau gosok menggunakan kain yang sudah dibasahi sampai noda lengket yang menempel dapat terangkat.

Itu dia 6 cara membersihkan setrika lengket yang bisa Sedulur coba di rumah. Perlu diperhatikan bahwa saat menggosok bagian alas setrika, pastikan untuk menggosoknya secara perlahan agar setrika tidak tergores.

Nah, Sedulur yang belum memiliki bahan-bahan di atas, misalnya pasta gigi dan garam, tidak perlu khawatir. Kini Sedulur bisa belanja aneka kebutuhan dapur maupun rumah tangga termasuk deterjen dan pewangi pakaian di Aplikasi Super.

Belanja di Aplikasi Super dijamin murah dan murah. Ada banyak voucher diskon, cashback, dan gratis ongkir yang bikin belanja makin hemat. Tak hanya itu, Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah untuk berbelanja. Cukup pesan lewat aplikasi dan barang pesananmu akan dikirim sesuai alamat.

Praktis bukan? Yuk, tunggu apa lagi, langsung unduh Aplikasi Super dan lengkapi kebutuhan rumah tanggamu!