Bau yang tidak disukai tikus

Tikus atau curut merupakan hama rumah yang sangat menganggu dan menyebalkan. Mengusir hewan pengerat tersebut memang merupakan tugas khusus yang perlu dipikirkan. Berbagai cara telah dilakukan namun tikus masih saja bersarang di rumah.

Jika berabagai cara sudah Sedulur lakukan, apakah Sedulur pernah mengusir tikus dengan aroma atau bebauan? Apakah Sedulur tahu aroma atau bau yang tidak disukai tikus? Jika belum, Sedulur wajib mencoba cara mengusir tikus dengan bebauan karena cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Berikut ini terdapat beberapa daftar aroma atau bau yang tidak disukai tikus. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Racun Tikus Paling Ampuh dan Harga Termurah

1. Kapur barus

bau yang tidak disukai tikus
Kompas

Bau yang tidak disukai tikus yang pertama adalah kapur barus. Hal tersebut disebabkan kapur barus mengandung bau naftalena kimia yang bisa sangat dibenci oleh tikus. Namun penggunaan kapur barus harus hati-hati, karena jika berlebihan akan membahayakan manusia.

-->

Kapur barus juga dapat menghasilkan gas beracun yang dapat membuat mual, muntah, sakit kepala dan gangguan pernafasan. Jangan sampai tikus terusir dan Sedulur mengalami sakit atau gejala yang disebutkan di atas.

2. Minyak peppermint

Kompas

Bau yang tidak disukai tikus dan curut yang dapat membuatnya terusir yaitu minyak peppermint. Bagi kita sebagai pemilik rumah, minyak ini tentu dapat membuat aroma rumah menjadi harum dan memberikan efek relaksasi sehingga bisa nyaman berada di rumah.

Berbeda dengan tikus yang akan terganggu mencium aroma minyak peppermint. Indra penciuman tikus yang sensitif, akan terganggun dengan aroma minyak peppermint yang memiliki konsentrasi tinggi. Karena konsentrasinya yang tinggi, minyak ini juga bisa dengan mudah menguap oleh udara.

3. Kayu putih

bau yang tidak disukai tikus
Detik

Aroma yang tidak disukai tikus selanjutnya yaitu kayu putih. Bagi kita, kayu putih sangat bermanfaat untuk memberikan kehangatan tubuh. Karena indera penciuman tikus yang sensitif, tikus dan curut akan sangat terganggu dan tidak nyaman.

Caranya sangat mudah, Sedulur tinggal mencampur minyak kayu putih dengan air, lalu semprotkan ke setiap bagian rumah yang diduga menjadi sarang tikus. Biasanya tikus seringkali bersarang di dapur karena banyak makanan yang terdapat di dapur.

4. Batang serai

Fimela

Batang serai atau sereh juga ampuh untuk mengusir tikus dan curut, hal tersebut disebabkan oleh aroma yang dikeluarkan oleh batang serai. Dalam batang serai mengandung citronella yang kuat, hal tersebut membuat tikus sangat tidak nyaman.

Sedulur bisa memanfaatkan aroma batang serai ini untuk mengusir tikus. Bukan hanya mengusir tikus, batang serai juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Jadi setiap masalah yang ada di rumah bisa Sedulur hilangkan.

5. Kulit telur

bau yang tidak disukai tikus
Magiclean

Kulit telur juga merupakan aroma atau bau yang tidak disukai tikus. Mulai dari saat ini, Sedulur harus mulai hati-hati saat menggoreng telur. Jangan langsung membuat kulit telur. Simpan dan jemur, lalu hancurkan dan tumbuk hingga halus.

Selanjutnya, Sedulur tinggal menaburkan tumbukan kulit telur kering ke setiap sudut rumah, terutama ke bagian yang diduga tempat tikus berdiam.

6. Kulit jengkol

Kompas

Tikus juga sangat tidak menyukai aroma dari jengkol. Aroma atau bau yang tidak disukai tikus ini dapat merusak indera penciuman tikus yang sensitif. Seperti yang Sedulur ketahui, bahwa aroma jengkol sangat kuat dan menyengat.

Bagi sebagian Sedulur mungkin ada yang menyukai rasa dan aroma jengkol, ada juga juga yang tidak menyukainya. Nah, dalam kasus ini, tikus sangat tidak menyukai aroma jengkol. Bahkan tikus akan kabur dan tidak ingin mendekat jika mencium aroma jengkol.

Bagian yang paling menyengat dari jengkol adalah kulit jengkol. Sedulur hanya perlu menghancurkan kulit jengkol, dengan cara diblender, lalu membuatnya menjadi cairan dalam wadah dan semprotkan ke beberapa bagian rumah Sedulur yang sering dikunjungi oleh tikus.

7. Bubuk cabai

bau yang tidak disukai tikus
JawaPos

Bubuk cabai menghasilkan aroma dan bau yang tidak disukai tikus. Sedulur bisa menggunakan bubuk cabai dengan air dan detergen, lalu semprotkan ke area rumah yang diduga tempat tikus bersarang. Tidak dalam waktu lama, dijamin tikus akan lari dan terusir dari sarangnya.

8. Baking soda

Everyday Health

Sedulur juga bisa menggunakan baking soda sebagai cara mengusir tikus di rumah. Bukan hanya mengusir tikus, baking soda juga bisa digunakan untuk membuhuh tikus. Cara mengusir tikus di rumah menggunakan baking soda sangat mudah.

Sedulur hanya perlu mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai oleh tikus.  Ketika baking soda masuk dalam perut tikus, baking soda akan beraksi dan membuat tikus mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya.

Secara refleks, tikus akan pergi ke ruangan terbuka dan akhirnya akan mati karena menahan gas yang ada dalam tubuhnya. Baking soda juga bisa berfungsi sebagai racun tikus.

9. Daun mint

bau yang tidak disukai tikus
Kompas

Bau yang tidak disukai tikus selanjutnya adalah daun mint. Tidak berbeda jauh dengan minyak peppermint, dalam daun mint terdapat aroma yang membuat indra penciuman tikus terganggu dan menghindarinya.

Cara yang bisa Sedulur lakukan sangat mudah, Sedulur hanya perlu menghancurkan daun mint dan menambahkan sedikit campuran air.Lalu simpan daun mint dengan campuran air ke dalam botol semprotan. Lalu semprot air daun mint ke sarang tempat tikus bersarang. Hal ini sangat ampuh untuk mengusir tikus.

10. Kantong teh celup

Tribunnews

Kantong teh celup bekas bisa juga Sedulur manfaat untuk mengusir tikus dan curut di rumah. Terutama kantong teh celup yang masih basah atau lembab. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan peppermint yang terdapat dalam kantung teh bekas yang sangat dibenci tikus karena dapat mengganggu penciuman tikus itu sendiri.

Masih dipengaruhi oleh kandungan pappermint yang terdapat pada kantung teh bekas. Namun, ketika teh bekas kering dan aroma pappermint menguap, kantung teh tidak dapat digunakan lagi untuk mengusir tikus.

11. Buah mengkudu

bau yang tidak disukai tikus
Alodokter

Rasa pahit yang dihasilkan oleh buah satu ini dapat menjadi senjata ampuh dan aman untuk mengusir tikus di rumah. Caranya dengan menumbuk hingga halus dan larutkan dalam air. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke daerah-daerah yang sering dilalui tikus.

Dengan mencium bau pahitnya, tikus akan sendirinya pergi menjauhi tempat-tempat tersebut. Aroma atau bau yang tidak disukai tikus ini dihasilkan karena aroma pahit yang terdapat dalam buah mengkudu.

12. Daun salam

Kompas

Daun salam juga memiliki aroma atau bau yang tidak disukai tikus. Aroma dari daun salam dalam membuat indera penciuman tikus terganggu. Sedulur hanya perlu penyebarkan daun salam ke setiap area yang dilewati tikus atau ke tempat yang diduga sebagai sarang tikus.

Bukan hanya mengusir, daun salam merupakan bahan pembasmi tikus. Tikus terkenal sebagai hewan hama yang memakan segala hal. Ketika melihat daun salam, tikus akan segera memakannya dan hal tersebut dapat menyebabkan tikus mati. Secara perlahan, tikus pun akan pergi dari rumah Sedulur.

13. Biji Cengkeh

bau yang tidak disukai tikus
Detik

Biji cengkeh selain sebagai rempah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, juga karena aroma cengkah yang tidak disukai oleh tikus. Sedulur hanya perlu menabur beberapa cengkeh yang telah kering di beberapa sudut rumah Sedulur yang sering dilewati oleh tikus.

Jika kita perhatikan, tikus seringkali mengacak-acak makanan yang kita miliki. Kita pun sering memancing tikus dengan makanan tertentu dan menjebaknya. Namun, kadang cara ini tidak efektif, karena kadang kita lupa bahwa terdapat beberapa makanan yang dijauhi tikus karena mengandung aroma-aroma yang dia tidak sukai.

14. Bawang putih

Alodokter

Bawang putih adalah aroma atau bau yang tidak disukai tikus dan curut. Hal tersebut disebabkan karena bawang putih mengandung allicin yang merupakan molekul yang dapat memberikan aroma khas dan tidak disukai oleh tikus dan curut.

Alicin adalah mekanisme pertahanan yang berkembang dalam bawang putih untuk mencegah hewan-hewan memakannya. Dalam bawang putih juga mengandung senyawa yang terdapat belerang di dalamnya.

15. Bubuk kopi

bau yang tidak disukai tikus
Otten Coffee

Aroma terakhir yang tidak disukai tikus adalah aroma kopi. Bubuk kopi yang diseduh dengan air panas menghasilkan rasa pahit dan aroma yang kuat. Ampas bekas kopi bisa Sedulur masukkan dalam plastik atau wadah terbuka dan disimpan di sekitar jalur tikus lalu lalang.

Bukan hanya ampuh mengusir tikus dan curut, ampas bubuk kopi juga sangat ampuh sebagai pupuk kompos sehingga bisa membuat tanaman yang terdapat di halaman rumah Sedulur subur.

BACA JUGA: 14 Cara Mengusir Tikus Dirumah Tanpa Racun & Bau Busuk

Tips mencegah tikus bersarang di rumah

Archify

Terdapat beberapa hal yang perlu Sedulur lakukan sebagai tips untuk mencegah tikus masuk dan bersarang di rumah. Jadi, setelah tikus berhasil diusir, Sedulur tidak perlu ketakutan tikus masuk ke dalam rumah lagi.

Tips ini juga bisa diterapkan agar rumah Sedulur aman dari hama bernama tikus dan curut. Yuk, langsung saja kita simak tipsnya di bawah ini:

1. Tutup lubang yang ada di dinding

Tikus curut datang dari luar rumah. Periksa kembali ada lubang atau retakan di dinding yang bisa menjadi akses masuk tikus curut. Jika ada, segera tutup. Ingat bahwa curut berukuran kecil bisa memaksa menerobos lubang kecil sekalipun. Maka pastikan setiap lubang tertutup, ya!

2. Tutup tempat pembuangan sampah

Kosongkan tempat sampah dalam rumah setiap hari dan pastikan bak sampah di luar juga ditutup rapat. Karena bisa jadi tempat sampah menjadi sarang tikus. Di tempat sampah akan banyak sisa makanan yang menjadi makanan utama tikus.

3. Jaga kebersihan rumah setiap hari

Jika Sedulur menerapkan berbagai cara mengusir tikus dari rumah namun jika tidak membersihkan rumah secara teratur, hal tersebut sama saja dengan sia-sia. Pastikan setiap bagian rumah bersih agar tikus tidak nyaman dan tidak betah berada di rumah Sedulur.

4. Manfaatkan aroma yang dibenci tikus di atas

Daftar bau yang tidak disukai tikus di atas bisa Sedulur manfaatkan untuk membuat tikus kabur dan terusir di rumah. Sedulur juga bisa menggunakan bahan-bahan dengan aroma yang tidak disukai tikus dan disimpan di tempat yang seringkali didatangi tikus di dalam rumah.

5. Hindari bagian rumah yang bisa jadi sarang tikus

Sudut-sudut tersembunyi dan celah di antara furnitur dan dinding merupakan tempat favorit tikus curut. Sisakan jarak minimal 10 cm antara furnitur dan dinding serta pastikan semua lemari tertutup rapat dan tidak berlubang.

6. Pelihara hewan predator tikus

Tips terakhir yaitu dengan memelihara hewan yang menjadi predator tikus, seperti kucing atau anjing. Karena hal ini dinilai paling natural sekaligus efektif karena itulah yang terjadi di dunia binatang. Terkadang bau binatang predator tikus ini saja sudah cukup untuk membuat tikus kabur dari rumah.

Itulah beberapa aroma atau bau yang tidak disukai tikus disertai dengan cara menggunakannya. Dijamin tikus dan curut akan langsung minggat dari rumah Sedulur. Namun, Sedulur juga harus selalu hati-hati menyimpan stok makanan agar tidak menjadi makanan bagi tikus atau curut.

Salah satu cara agar stok kebutuhan rumah tangga tidak diserang tikus adalah membeli makanan dan sembako dengan kemasan. Untuk menjamin kualitas setiap stok makanan dan sembako di rumah. Sedulur bisa membelinya langsung lewat Aplikasi Super.

Tersedia banyak sekali barang sembako dan kebutuhan dapur dengan kualitas terbaik. Tak hanya soal kualitas saja, Sedulur juga bisa berhemat karena banyak barang yang dijual memiliki harga terjangkau dengan banyak promo menarik seperti cashback dan gratis ongkir. Jadi buruan download dan gunakan Aplikasi Super mulai saat ini ya, Sedulur!