cara membersihkan kloset duduk

Ada berbagai cara membersihkan kloset duduk agar kembali kinclong dan tampak seperti baru lagi. Sedulur bisa menggunakan bahan-bahan alami, bahan kimia, hingga bahan makanan atau minuman kemasan. Meskipun terkesan mudah dilakukan, namun dibutuhkan niat yang kuat untuk melakukannya.

Sebenarnya, membersihkan toilet termasuk kloset duduk harus dilakukan secara teratur. Bila tidak, siap-siap saja kerak membandel akan muncul dan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Kerak yang muncul juga memberikan warna kuning yang seringkali membuat nafsu untuk membuang hajat menghilang.

Nah, melansir dari berbagai sumber, inilah beberapa cara mudah membersihkan kerak di kloset duduk yang bisa Sedulur coba di rumah.

BACA JUGA: Peralatan Dapur yang Wajib Dibersihkan Secara Rutin

1. Pakai Kaporit 

cara membersihkan kloset duduk
NU Online

Cara pertama yang bisa Sedulur coba adalah menggunakan kaporit. Bahan utama yang biasa digunakan untuk menjernihkan air pada kolam renang ini juga bisa dijadikan agen pembersih kerak di kloset duduk, lho!

Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan menyiram kloset dengan air panas dan menaburinya dengan bubuk kaporit. Taburkan sesuai area yang berkerak dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, ambil sikat dan gosok seluruh bagian kloset duduk lalu siram kembali dengan air hingga bersih. 

2. Gunakan Minuman Soda 

Klik Dokter

Selain digunakan sebagai penghilang dahaga, minuman bersoda juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak pada kloset duduk. Efektivitas minuman bersoda dalam membersihkan kerak ini sudah banyak dibuktikan, sehingga tidak ada salahnya bila Sedulur ingin mencobanya sendiri di rumah. Apalagi, cara membersihkannya juga mudah.

Cukup dengan menuangkan satu botol minuman bersoda ke atas permukaan kloset, lalu diamkan hingga satu jam. Setelah soda menyerap sempurna, gosok kloset dengan sikat dan siram kembali dengan air bersih. Agar hasilnya semakin kinclong, gunakan sikat dengan bulu yang kuat. 

3. Siram Air Lemon 

cara membersihkan kloset duduk
iStock

Selain menggunakan minuman soda, cara membersihkan kerak kloset duduk juga bisa menggunakan perasan air lemon. Buah yang memiliki rasa masam ini mengandung asam sitrat yang dapat mengangkat noda membandel dan mendesinfeksi permukaan kloset yang sedang dibersihkan.

Caranya sangat mudah, yakni dengan memotong satu buah lemon menjadi dua bagian dan memeraskan airnya ke dalam sebuah mangkuk. Setelah terkumpul, air lemon siap disiramkan di area kloset dengan tambahan sedikit garam di atasnya. Setelah beberapa jam, gosok kloset dan siram lagi dengan air hingga bersih. 

4. Gunakan Pemutih Pakaian 

Kompas

Berikutnya adalah menggunakan cairan pemutih pakaian. Cara ini terbukti ampuh karena cairan pemutih pakaian memiliki kandungan zat klorin yang mampu melunturkan kerak di kloset. Cukup dengan memasukkannya dalam botol spray, Sedulur bisa langsung menyemprotkannya ke area kloset duduk yang berkerak.

Bila kerak masih belum hilang dalam satu kali semprot, Sedulur bisa mengulanginya kembali sampai benar-benar kinclong. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan cairan pemutih ini tidak boleh dicampurkan dengan bahan lain, karena dapat membentuk gas berbahaya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Dapurmu

5. Pakai Cuka Putih dan Baking Soda

cara membersihkan kloset duduk
iStock

Cara membersihkan kerak kloset duduk berikutnya bisa Sedulur coba dengan mencampurkan cuka putih dengan baking soda. Cuka merupakan cairan yang terbuat dari bahan alami dan mengandung asam untuk menghilangkan adanya endapan kalsium. 

Cara menggunakannya juga mudah, yakni dengan menuangkannya di area kloset dan diamkan semalaman. Setelah pagi datang, taburkan baking soda pada bagian atasnya, lalu gosok menggunakan sikat dan bilas dengan air hingga kinclong.  

6. Pakai Cairan Pembersih Kerak 

iStock

Cara lain yang tentunya ampuh adalah menggunakan cairan pembersih kerak. Cairan pembersih ini didesain khusus untuk memiliki kemampuan membersihkan noda membandel, sehingga hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Cukup dengan menyemprotkan cairan ke area kloset dan mendiamkannya selama 10 menit, Sedulur sudah bisa langsung mengelapnya dengan kain bersih dan menyiramnya kembali dengan air.  

7. Menggunakan sitrun atau asam sitrat

cara membersihkan kloset duduk
iStock

Sitrun atau asam sitrat merupakan bahan kimia yang mampu membersihkan kerak pada kloset. Bahan ini memiliki cara kerja seperti lemon dan cuka dalam membersihkan noda, serta mampu membersihkan rumah dari jamur, bakteri, dan mikroba lainnya. 

Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan satu sendok makan sitrun dengan sebotol air dan menuangkannya di permukaan kloset. Setelah 15 hingga 20 menit, sikat sebentar dan siram dengan air hingga bersih.  

8. Tea tree oil

iStock

Tak hanya digunakan untuk merawat tubuh, tea tree oil juga bisa menjadi agen pembersih kloset duduk yang ampuh. Kandungan bahan aktif pada minyak ini juga mampu menghilangkan bau tidak sedap yang ada di dalam toilet. 

Cukup mencampurkannya dengan setengah gelas baking soda dan segelas air, cairan pembersih dari tea tree oil ini siap diaplikasikan ke area kloset. Jangan lupa menyiramnya lagi dengan air hingga bersih, ya!

BACA JUGA: Rekomendasi Wajib Peralatan Rumah Tangga Untuk Pasangan Baru!

9. Belimbing wuluh

cara membersihkan kloset duduk
iStock

Buah belimbing wuluh ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan kerak kloset duduk hingga kinclong. Buah ini akan membersihkan bagian-bagian yang memiliki noda kuning dan membuatnya bersih kembali. Hanya dengan menggosokkan irisan belimbing wuluh pada area kloset, mendiamkannya hingga kering, dan membilasnya dengan air, kloset akan menjadi bersih dan kinclong lagi.  

10. Menggunakan larutan asam klorida

iStock

Cara berikutnya adalah menggunakan larutan asam klorida. Bahan kimia ini memiliki sifat korosif, sehingga harus sangat berhati-hati saat menggunakannya. Agar semakin aman, gunakan sarung tangan lengkap dan buka semua jendela atau pintu di kamar mandi. 

Setelah siap, semprotkan cairan  asam klorida pada area kloset yang berkerak membandel. Selain disemprotkan langsung, Sedulur juga bisa mengoleskan cairan ini dengan spons dan menunggunya selama 10 menit. Sebelum disiram dengan air hingga kinclong, jangan lupa menyikat area kloset secara merata, ya! 

11. Boraks

cara membersihkan kloset duduk
iStock

Boraks merupakan bahan kimia yang biasanya digunakan dalam industri pembuatan kerupuk dalam jumlah yang tepat. Selain untuk membuat makanan, ternyata boraks juga bisa menjadi agen pembersih yang mampu mengatasi noda toilet membandel. Dengan menggunakan pasta boraks, kloset duduk dijamin akan kembali bersih.

Cara membuat pastanya juga mudah, yakni dengan mencampurkan ½ cangkir boraks dan cuka secukupnya, lalu aduk merata sampai membentuk pasta kental. Setelah itu, oleskan secara merata pada area kloset dan tunggu hingga pasta mengeras selama 15 hingga 20 menit. Selanjutnya, gosok dengan sikat nilon berbulu kaku dan lakukan penyiraman dengan air bersih untuk membilasnya. 

Bila membuat pasta terlalu rumit, Sedulur juga bisa langsung menaburkan bubuk boraks pada area noda. Setelah seluruh area tertutup bubuk, gosok menggunakan sikat toilet dan diamkan sekitar 30 menit. Bila sudah, sirang dengan air seperti cara membilas pada umumnya.  

12. Cermai

iStock

Cara terakhir untuk membersihkan kerak kloset duduk adalah menggunakan cermai, buah dengan tingkat keasaman yang cukup tinggi. Buah yang biasa diolah menjadi manisan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan noda membandel dengan cara menyiramkan cairan cermai yang sudah diblender halus dan disaring.

Agar hasilnya maksimal, Sedulur bisa menyiramnya bersamaan dengan air panas agar saripati cermai bisa bereaksi sempurna. Setelah itu, gosok dengan sikat dan bilas dengan menggunakan air hingga bersih. 

Demikianlah cara membersihkan kerak kloset duduk sampai kinclong yang bisa Sedulur coba di rumah. Agar noda tidak semakin membandel, Sedulur bisa melakukan pembersihan secara teratur setiap minggunya. Selain membersihkan toilet, Sedulur juga perlu menyediakan kebutuhan rumah tangga lainnya agar aktivitas semakin mudah.

Mulai dari sabun mandi, sabun cuci, hingga sabun untuk mengepel lantai harus sedulur sediakan. Bahkan jika memungkinkan, menyetok barang-barang tersebut juga bisa dilakukan. Nah, agar stok barang kebutuhan rumah tangga tersebut makin murah, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super.

Semakin banyak barang yang Sedulur beli, maka Sedulur bisa membayar senilai harga grosir. Tentunya semakin murah, bukan? Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon, cashback, dan gratis ongkir tanpa minimal pembelian setiap transaksi di Aplikasi Super. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di PlayStore!