cara membersihkan kompor gas

Kompor gas kotor dan berkerak merupakan masalah yang umum terjadi, bahkan mungkin juga sedang dialami oleh Sedulur saat ini. Biasanya, noda dan kerak yang menempel pada kompor berasal dari cipratan minyak maupun bahan makanan lain ketika sedang memasak. Jika tidak kunjung dibersihkan, kotoran tersebut akan berubah menjadi kerak yang sulit untuk dibersihkan. Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara membersihkan kompor gas.

Spesial untuk Sedulur yang mengalami masalah serupa, pada artikel kali ini sudah dirangkum beberapa cara ampuh membersihkan kompor gas yang bisa dicoba di rumah. Selain itu juga akan dipaparkan tips membersihkan sekaligus merawat kompor gas agar awet dan apinya tetap biru meski sudah lama digunakan. Yuk, langsung disimak informasinya berikut ini!

BACA JUGA: Tips Menata Dapur Agar Terlihat Rapi, Bersih dan Lebih Luas

6 cara membersihkan kompor gas

cara membersihkan kompor gas
iStock

Terdapat berbagai cara yang bisa dicoba untuk membersihkan kompor gas dari noda dan kerak. Mulai dari menggunakan cairan khusus untuk membersihkan kompor dan area dapur hingga memanfaatkan aneka bahan yang tersedia di rumah, seperti lemon, garam, soda kue, dan cuka. Untuk lebih jelasnya, berikut 6 cara membersihkan kompor gas yang bisa Sedulur coba di rumah.

-->

1. Menggunakan cairan pembersih kompor

cara membersihkan kompor gas
iStock

Cara membersihkan kompor gas yang pertama adalah menggunakan cairan pembersih kompor. Sesuai namanya, cairan ini merupakan produk pembersih yang diformulasikan untuk membersihkan kompor maupun area dapur. Cairan ini biasanya memiliki kandungan berupa bahan-bahan yang dapat mengangkat noda atau kotoran yang berasal dari cipratan minyak maupun bahan makanan yang umum dijumpai di area dapur.

Sekadar tips, pilih cairan pembersih kompor yang memiliki kandungan lemon. Sebab, lemon memiliki kandungan asam yang bisa melarutkan minyak dan noda menumpuk di kompor. Sehingga proses pembersihan akan menjadi lebih mudah dilakukan.

2. Menggunakan lemon dan garam

cara membersihkan kompor gas
iStock

Cara berikutnya, Sedulur bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Misalnya adalah kulit lemon dan garam. Kedua bahan ini apabila disatukan bisa menjadi seperti amplas yang dapat mengangkat noda membandel. Agar tidak bingung, berikut langkah-langkah cara memanfaatkan kulit lemon dan garam untuk membersihkan kompor gas.

  • Pertama, siapkan kulit lemon dan garam secukupnya.
  • Kemudian taburkan garam pada kulit lemon secara merata.
  • Gunakan kulit lemon yang sudah ditaburi garam untuk menggosok bagian kompor yang berkerak, seperti menggunakan amplas untuk dinding.
  • Bilas kompor yang sudah dibersihkan dengan air agar sisa-sisa kerak yang menempel dapat hilang sepenuhnya.

Selain kulitnya, air perasan lemon juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada kompor. Caranya cukup mudah, yakni peras lemon dan sisihkan airnya. Kemudian semprot atau oleskan pada bagian kompor yang kotor dan tunggu selama beberapa menit. Terakhir, seka atau gosok menggunakan kain dengan agak menekan agar kotoran terangkat.

3. Menggunakan soda kue

iStock

Selanjutnya, Sedulur yang tidak memiliki cairan pembersih ataupun lemon di rumah bisa memanfaatkan soda kue. Sekadar diketahui, soda kue merupakan bahan yang juga umum disebut dengan nama natrium bikarbonat atau soda bikarbonat. Oleh karenanya soda juga dikenal sebagai senyawa kimia berupa garam yang terdiri atas kation natrium dan anion bikarbonat.

Soda kue digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue. Selain itu, soda kue juga biasa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk untuk membersihkan kotoran yang membandel dan sulit dibersihkan. Seperti kerak pada kompor gas.

Cara menggunakan soda kue untuk membersihkan kompor juga cukup sederhana, lho. Sedulur cukup mencampurkan bubuk soda kue dengan air hingga teksturnya menyerupai pasta.

Kemudian, oleskan pasta soda kue tadi ke atas kotoran yang susah dibersihkan. Selanjutnya sikat bagian tersebut menggunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan sehingga kotoran dapat terangkat.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

4. Menggunakan cuka

iStock

Cara selanjutnya adalah menggunakan cuka makan. Cairan yang memiliki bau menyengat ini memiliki sifat asam yang efektif untuk membersihkan noda termasuk yang sulit dibersihkan sekalipun. Berikut cara memanfaatkan cuka untuk membersihkan kompor gas.

  • Pertama, siapkan cuka dan air sebanyak 1 liter.
  • Tuang beberapa tetes cuka ke dalam air. Lalu pindahkan air cuka ke dalam botol spray.
  • Semprotkan air cuka ke bagian kompor dengan noda yang sulit dibersihkan.
  • Tunggu selama 15-30 menit agar cairan cuka dapat bereaksi.
  • Setelah kotoran mulai terlihat meluruh, Sedulur bisa menyikat kotoran tersebut sehingga terangkat sempurna.
  • Penggunaan cuka di sini dapat membantu proses pengangkatan kerak menjadi lebih mudah. Sehingga Sedulur tidak perlu menyikat secara kuat yang malah bisa merusak permukaan kompor.

5. Menggunakan campuran soda kue dan cuka

iStock

Cara berikutnya yang bisa Sedulur coba untuk membersihkan kompor gas adalah menggunakan campuran soda kue dan cuka. Kombinasi kedua bahan ini bisa dipilih untuk mengatasi kotoran atau kerak yang sangat sulit dibersihkan, bahkan setelah menggunakan cara-cara di atas.

  • Pertama, taburkan soda kue di atas kerak atau kotoran kompor yang sulit dibersihkan.
  • Selanjutnya, teteskan cuka makan di atas taburan soda kue tadi.
  • Ratakan soda kue dan cuka makan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai.
  • Sikat secara perlahan agar kerak terangkat secara sempurna.
  • Terakhir, bilas kompor dengan air bersih atau lap menggunakan lap basah.

6. Menggunakan cuka apel

iStock

Selain cuka makan atau cuka yang biasa digunakan sebagai campuran masakan, Sedulur juga bisa memanfaatkan cuka apel untuk mengatasi noda dan kerak di kompor. Cuka apel sendiri merupakan bahan yang selama ini lebih populer digunakan untuk kecantikan maupun kesehatan. Tak sedikit orang yang memanfaatkan cuka apel sebagai toner wajah, terutama untuk mengatasi masalah wajah berminyak hingga jerawat. Selain itu ada pula yang mengonsumsi cuka apel secara rutin untuk menjaga kesehatan.

Sementara, berikut cara membersihkan kompor gas menggunakan cuka apel yang bisa Sedulur coba di rumah.

  • Pertama, tuang cuka apel ke dalam wadah.
  • Kemudian oleskan cuka apel ke bagian kompor yang berkerak.
  • Tunggu beberapa menit, lalu gosok menggunakan sikat gigi bekas hingga noda terangkat.
  • Bilas kompor dengan air bersih.

BACA JUGA: Tips & Cara Menyimpan Tempe di Kulkas Agar Tahan Lama!

Tips membersihkan dan merawat kompor gas

cara membersihkan kompor gas
iStock

Selain mengikuti lima cara membersihkan kompor gas di atas, tak ada salahnya Sedulur menyimak beberapa tips membersihkan sekaligus merawat kompor gas agar awet dan apinya tetap biru meskipun sudah lama digunakan.

  • Bersihkan kompor secara rutin agar tidak ada noda yang membandel hingga sulit untuk dibersihkan. Sedulur bisa membersihkan permukaan kompor dan bagian tungku setiap selesai memasak.
  • Sebelum membersihkan, sebaiknya pisahkan bagian-bagian kompor agar lebih mudah dibersihkan. Misalnya melepas bagian tungku.
  • Untuk membersihkan kerak yang menempel di bagian tungku, Sedulur bisa merendamnya selama beberapa menit dengan air sabun.
  • Perhatikan buku panduan dari kompor yang Sedulur gunakan. Hal ini untuk menghindari kesalahan pemilihan bahan pembersih karena terdapat kompor yang tidak boleh dibersihkan dengan bahan tertentu.
  • Pilih alat pembersih, seperti kain dan sikat yang sesuai. Bahan yang terlalu kasar mungkin lebih efektif untuk membersihkan noda, namun boleh jadi malah menyebabkan terjadinya goresan di permukaan kompor. 
  • Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi tangan dari bahan pembersih. Cairan pembersih kompor maupun bahan-bahan seperti cuka dan soda kue bisa menyebabkan iritasi jika terkena tangan, terlebih apabila Sedulur memiliki kulit yang sensitif. Oleh karenanya, penting untuk menggunakan sarung tangan pelindung saat membersihkan kompor dengan bahan-bahan tersebut.

Itu dia 6 cara membersihkan kompor gas dari noda dan kerak. Di samping itu juga telah dipaparkan beberapa tips membersihkan dan merawat kompor gas agar kondisi tetap baik meski sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Selain menjaga kebersihan kompor dan dapur, Sedulur juga perlu melengkapi kebutuhan bahan memasak agar agenda masak di rumah makin menyenangkan. Kabar baiknya, kini Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan memasak dan bumbu dapur dengan harga murah di Aplikasi Super.

Tidak hanya murah, belanja di Aplikasi Super juga sangat mudah karena Sedulur cukup memesan lewat aplikasi dan barang belanjaan akan langsung dikirim sampai depan rumah. Praktis bukan? Oleh karena itu, yuk, langsung unduh Aplikasi Super dan buktikan sendiri berbagai keuntungannya!