Bagi orang Indonesia, tidak ada bagian tubuh ayam yang tidak dapat dimakan. Bahkan kepalanya juga menjadi favorit bagi banyak orang. Sensasi menggigit kulit dan daging yang menempel di tulang kepala memiliki kenikmatan tersendiri, bukan? Kendati demikian, banyak yang belum tahu cara membersihkan kepala ayam yang benar.

Selain itu, ternyata tidak sedikit juga yang kesulitan untuk membuat olahan yang enak dari kepala ayam. Jika Sedulur mengalaminya tidak usah khawatir, berikut ini beberapa cara membersihkan kepala ayam dan juga cara yang tepat untuk mengolahnya.

BACA JUGA: 8 Cara Membersihkan Udang Agar Tetap Segar & Nggak Bau!

1. Pastikan kepala segar

Unsplash/Ben Moreland

Jangan lupa untuk memilih kepala ayam yang masih segar, tidak berbau amis yang berlebih, tidak berlendir, dan juga warnanya terlihat cerah.

2. Bersihkan bulu

Mungkin masih ada sisa-sisa bulu yang barangkali yang menempel di bagian kepala dan leher. Sedulur harus membersihkannya dengan benar.

3. Keluarkan lendir

Berikutnya tekan bagian bawah kepala ayam dengan ibu jari agar lendir di dalamnya keluar. Kemudian bilas di bawah air mengalir beberapa kali.

4. Buang paruh ayam

Pexels/Rdne Stock Project

Bagi yang tidak suka dengan bagian paruh ayam, Sedulur dapat memotongnya menggunakan pisau dan membuangnya.

BACA JUGA: Resep Daging Bumbu Merah yang Mudah dan Lezat

5. Pisahkan kepala dan leher

Sedulur juga dapat memisahkan bagian leher dengan kepala ayam. Caranya dengan memotong tepat di pangkal leher menggunakan pisau tajam.

6. Buang bagian telinga

Berikutnya buang bagian telinga ayam yang berlubang. Bersihkan dengan lidi, agar sisa kotoran yang ada di dalamnya bisa dikeluarkan.

7. Cuci bersih

Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan, Sedulur bisa mencucinya dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.

8. Lumuri dengan jeruk nipis

Pexels/Lukas

 

Agar bau amisnya bisa hilang, Sedulur dapat melumuri kepala ayam dengan air perasan jeruk nipis. Jangan lupa untuk meratakannya.

BACA JUGA: 5 Cara Membersihkan Usus Ayam Dengan Benar, Bebas Amis!

9. Ungkep ayam

Agar terasa nikmat, ungkep dulu kepala ayam dengan bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, ketumbar, kemiri, serta garam.

10. Pastikan bumbu merasuk

Ungkep kepala ayam sampai airnya surut. Hal ini menandakan bahwa bumbu telah meresap dengan sempurna.

11. Simpan dalam freezer

Jika ingin menjadikannya sebagai stok lauk, Sedulur dapat memasukkan kepala ayam ungkep ini ke dalam wadah kedap udara, kemudian simpan di dalam freezer.

12. Rendam dalam air es

Pexels/Pixabay

Jika Sedulur ingin membuat kepala ayam krispi, bisa merendamnya dulu di dalam air es yang sudah ditambahkan garam dan bawang putih selama kurang lebih 30 menit.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kepala ayam dan juga tips mengolah kepala ayam yang wajib Sedulur praktikkan, untuk mendapatkan citarasa yang sempurna. Sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Selamat mencoba kreasi olahan kepala ayam, ya!