cara menghilangkan bau amis udang

Bagi para pecinta seafood, udang merupakan salah satu bahan makanan yang sangat disukai. Boga bahari satu ini memang memiliki rasa gurih dan kaya akan nutrisi yang penting bagi tubuh. Namun, untuk sebagian orang, mengolah udang memang jadi hal yang menyebalkan. Apalagi jika tidak benar, maka akan sulit untuk menghilangkan bau amis udang.

Agar Sedulur bisa masak dengan efektif dan makanan tidak berbau amis. Ada beberapa tips dan trik cara membersihkan udang yang bisa Sedulur coba di rumah nih. Selain membuat bau amis hilang dengan mudah, rasa udang akan tetap segar lebih nikmat saat dimasak. Penasaran bagaimana cara mengurangi bau amis pada udang yang dimaksud? Yuk, langsung saja simak tips dan triknya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Ampuh Membersihkan Kompor Gas Dari Noda dan Kerak

Cara membersihkan udang

Terdapat beberapsa cara dan tahapan membersihkan udang yang benar, agar dapat secara efektif mengurangi bau amis yang pekat pada udang. Cara dan tips di bawah ini dapat Sedulur terapkan pada jenis udang galah atau udang besar.

-->

Perbedaannya terletak pada ukuran dari udang itu sendiri, tidak mempengaruhi cara dan tahapan membersihkan udang untuk mengurangi bau amis udang. Berikut ini langkah-langkah yang dimaksud:

1. Bersihkan udang dengan air dingin

menghilangkan bau amis udang
IDN Times

Langkah pertama yaitu dengan memasukkan udang ke dalam wadah dan lalu cuci bersih udang dengan air dingin. Sedulur bisa terus membersihkan udang hingga bau amisnya hilang. Pastikan hingga bau amis pada udang menghilang.

Namun saat proses membersihkan udang Sedulur menemukan uang berlendir dengan bau amis yang mencolok, bisa jadi udang yang Sedulur beli sudah tidak segar lagi.

2.  Cabut kepala udang

Pexels

Tahap kedua yaitu dengan mencabut kepada udang. Proses ini sebenarnya sesuai selera Sedulur. Bagi Sedulur yang menyukai kepala udang, tentu tidak perlu dicabut. Namun bagi yang tidak menyukai kepala udang, bagian ini bisa dicabut dengan menarik atau memutar kepada udang hingga terlepas.

Jika proses mencabut kepala udang cukup sulit, Sedulur bisa menggunakan pisau atau gunting untuk mencabut kepala udang.

3. Lepaskan kaki udang

menghilangkan bau amis udang
Detik

Selain kepala, Sedulur juga bisa melepaskan bagian kaki udang. Bagian ini juga opsional tergantung selera Sedulur. Jika Sedulur khawatir kaki udang yang tajam akan melukai mulut, terutama saat disantap anak-anak, Sedulur bisa melepaskan bagian kaki ini

Caranya cukup mudah, Sedulur bisa memegang kaki udang dengan kuat, lalu tarik menuju ekor hingga terlepas. Selain itu, Sedulur juga bisa melepaskan kaki udang satu persatu.

4. Lepas kulit udang

Berita99

Bagian kulit udang juga seringkali dilepas karena teksturnya yang keras dan sulit dikunyah. Bagi Sedulur yang ingin menyantap udang dengan tekstur yang lembut dan kenyal, tentu bagian kulit wajib untuk dilepas sebelum olah. Seringkali bau amis menempel pekat pada bagian kulit udang.

Langkah ini dilakukan setelah Sedulur mencabut kepala dan kaki udang karena kulit udang dapat dengan mudah untuk dikupas. Untuk mengupasnya, Sedulur bisa menggunakan jari kuku atau pisau kecil. Selain itu, Sedulur juga bisa memotong kulit udang yang melengkung dengan pisau.

5. Cabut ekor udang

menghilangkan bau amis udang
Pexels

Bagian-bagian tubuh udang yang dibersihkan sebenarnya cukup opsional. Untuk beberapa orang, pasti senang untuk menyantap udang dengan ekornya karena memberikan tekstur yang renyah dan kriuk. Namun, apabila ingin mencabutnya, Sedulur bisa menariknya hingga lepas menggunakan jari atau pisau kecil.

Ekor udang juga seringkali dicabut karena khawatir dengan teksturnya yang keras dan tajam bagi mulut anak-anak.

6. Buang kotoran udang

Tribunnews

ara membersihkan udang agar tidak bau amis selanjutnya dengan membuang kotorannya di tengah punggungnya. Sedulur bisa membersihkan kotoran udang dengan membelah bagian punggungnya secara perlahan.

Hindari memotong terlalu dalam yang bisa membuatnya terbelah menjadi dua. Kotoran udang berbentuk seperti benang yang panjang dan berpasir. Tarik dengan tangan secara perlahan dari ujung kepala hingga ke bawah. Sedulur bisa menggunakan jarum atau tusuk gigi untuk menarik kotoran udang agar tekstur udang tidak rusak.

7. Lumuri dengan perasan jeruk dan garam

Detik

Bahan makanan seafood cenderung memiliki bau amis yang kuat. Maka dari itu, setelah dibersihkan Sedulur wajib melumuri dengan perasan jeruk dan garam agar bau amis hilang dengan sempurna. Caranya, cukup remas-remas udang yang sudah dibersihkan, lalu beri air perasan jeruk dan garam. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas hingga bersih.

BACA JUGA: 5 Cara Membersihkan Noda Peralatan Stainless Steel di Dapur

8. Siram dengan susu segar

Kumparan

Selain menggunakan perasan jeruk dan garam, alternatif lain untuk mengurangi bau amis pada udang yaitu dengan memberikan susu segar. Bahkan bau amis pada udang bisa menghilang. Caranya letakkan udang di dalam mangkok.

Biarkan saja menumpuk lalu siramkan susu hingga menutupi permukaan udang. Tutuplah dengan menggunakan plastik lalu masukkan ke dalam kulkas. Kemudian tunggu hingga 10-15 menit, selanjutnya Sedulur bisa cuci udang hingga bersih.

Pastikan Sedulur merendam udang tidak terlalu lama, jangan lebih dari 15 menit. Air susu dapat merusak protein pada udang dan kandungan lainnya

Nah itulah tips dan cara mengurangi bau amis udang agar Sedulur bisa mengolah udang dengan sempurna tanpa mengeluarkan bau amis sedikit pun. Setelah udang benar-benar segar dan bau amisnya hilang, Sedulur bisa mengolah udang menjadi berbagai makanan yang Sedulur inginkan.

Jangan lupa siapkan aneka bahan dan bumbu pendukung untuk mengolah udang. Sedulur bisa beli bahan-bahan yang dibutuhkan di Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super dijamin memudahkan Sedulur dan tentu saja menguntungkan.

Sedulur bisa membuktikannya langsung dengan belanja kebutuhan harian di Aplikasi Super sekarang juga. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, Sedulur bisa download terlebih dahulu di PlayStore, ya!