cara membersihkan casing hp

Punya masalah dengan casing HP berwarna putih yang memudar, kotor, dan berdebu? Jangan pernah dianggap remeh. Pasalnya, casing yang kotor dan pudar warnanya meninggalkan gawai kurang terawat dan tidak enak dipandang. Bahkan case kotor akibat debu dan terkena percikan air bisa menyebabkan kerusakan serius di perangkat kamu.

Faktor lain yang bisa jadi penyebab warna menguning salah satunya adalah usia yang sudah tua. Selain itu, peletakkan HP di tempat kotor bisa membuat materialnya mudah kotor. Material silikon yang kerap dijadikan sebagai bahan utama softcase paling rentan kotor dan menguning bila sudah terlalu lama dipakai.  

Supaya pengalaman tak mengenakan ini bisa dicegah, mulailah untuk rutin membersihkan setiap casing HP milikmu selepas bepergian maupun setelah melakukan aktivitas. Di bawah ini adalah  cara membersihkan casing HP yang baik dan benar. Ikuti langkah-langkah cerdas berikut, yuk!

BACA JUGA: Cara Ganti Password Instagram yang Aman di HP atau PC

-->

1. Pasta gigi

cara membersihkan casing hp dengan odol
liputan6

Cara membersihkan casing HP dengan odol adalah trik yang bisa kamu jajal. Terkesan aneh dan unik, faktanya cara ini sangat ampuh untuk membersihkan case yang mulai menguning. Kamu bisa memakai odol jenis apa saja karena hampir semua pasta gigi punya manfaat yang sama.

Perlu diketahui, banyak orang menyebutnya benda ini cukup efektif untuk membersihkan noda kuning membandel di area case HP. Warnanya bisa kembali bersih seperti sedia kala. Tidak cuma membersihkan noda kuning membandel, odol berfungsi juga dalam menghilangkan bekas tinta di case.

Cara membersihkan casing HP dengan odol terbilang sangat mudah. Cukup oleskan pasta gigi di area case yang menguning kemudian sikat secara perlahan. Usai membersihkan, langkah selanjutnya adalah basuh case dengan air mengalir dan keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Perlu diingat, teknik ini sangat ampuh sebagai cara membersihkan casing HP yang menguning yang bahannya terbuat dari silikon maupun hardcase. Cara ini sangat mudah dan sederhana ‘kan, Sedulur.

2. Minyak kayu putih

cara membersihkan casing hp dengan minyak kayu putih
kompas

Selain odol, kamu bisa memakai minyak kayu putih untuk membersihkan casing HP supaya kembali bersih dan mengkilap. Selama ini, kita tahu bila minyak kayu putih berguna dalam menghangatkan badan, mengobati keseleo, hingga masuk angin. Ternyata, barang berbau menyengat ini bisa digunakan dalam membersihkan case HP yang kotor akibat debu, warna menguning, dan lain sebagainya.

Cara membersihkan casing HP dengan minyak kayu putih dianggap lebih simpel dan mudah. Sebab, minyak kayu putih bisa didapatkan dengan mudah di mana saja dan tidak merusak casing HP. Minyak ini dianggap efektif dalam membersihkan casing HP dari noda bekas stiker, sisa makanan, atapun bekan double tape.

Namun perlu diingat bahwa minyak kayu putih tidak dapat mengembalikan softcase HP yang telah menguning. Meski demikian, cara ini masih tetap ampuh dalam membersihkan case  dari noda bekas tempelan stiker hingga double tape. Tak ada salahnya untuk  dicoba, nih.   

3. Sabun cuci

cara membersihkan casing hp karet bening yang menguning
popmama

Jika menggunakan minyak kayu putih dan pasta gigi dianggap kurang ampuh, cara membersihkan casing HP yang menguning bisa memakai sabun cuci. Sabun cuci sudah cukup umum dipakai membersihkan berbagai benda rumah tangga seperti piring, pakaian, sepatu dan lain sebagainya.

Sabun cuci yang dipakai pun beragam. Bisa dalam bentuk deterjen hingga sabun cuci piring.  Setelah memilih sabun cuci yang hendak dipakai, langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah teknik membersihkannya.

Cara membersihkan casing HP memakai sabun cuci pun sangat mudah. Sedulur tinggal mencuci softcase memakai sedikit sabun dan kemudian bilas dengan air mengalir. Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan pengeringan softcase dengan memakai kain microfiber. Usap dengan hati-hati dan keringkan sebelum case bisa digunakan kembali.

4. Baking soda

Baking soda
orami

Punya baking soda di dapur dan jarang dipakai untuk membuat kue? Bahan ini bisa dipakai untuk membersihkan casing HP yang menguning. Soda kue selama ini memang dikenal dapat mengembangkan adonan roti dan kue. Mengandung bahan kimia, benda ini juga bisa digunakan untuk membersihkan softcase HP.  

Cara membersihkan casing HP karet bening yang menguning memakai baking soda sangat mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencampur air dengan bubuk soda kue secukupnya di dalam wadah. Kemudian, gosok softcase dengan pasta tersebut sampai kotoran menghilang.

Nila semua proses telah dilakukan dengan baik, step berikutnya adalah tinggal membilas memakai air dan mengeringkan softcase HP. Sangat mudah dan praktis ‘kan caranya? Selamat mencoba di rumah!

BACA JUGA: 11 Cara Menghilangkan Jamur di HP Paling Mudah & Praktis

5. Alkohol

cara membersihkan casing hp berwarna
galerimedika

Selanjutnya, ada alkohol yang bisa dipakai untuk membersihkan softcase HP yang menguning. Mengandung senyawa kimia yang hampir sama dengan baking soda, hanya saja baking soda aman dipakai dalam membuat adonan roti. Sementara alkohol kurang aman untuk dikonsumsi bagi tubuh karena sifatnya yang keras.

Bicara mengenai fungsi alkohol dalam membersihkan casing HP yang menguning ternyata sangat efektif. Alkohol dipercaya bisa mengembalikan warna softcase  HP yang menguning bisa kembali terlihat menjadi baru. Tidak hanya itu, alkohol mampu membersihkan case dari kuman dan kotoran yang menempel.

Penasaran seperti apa cara membersihkan casing HP yang menguning memakai alkohol? Langkahnya sangat mudah. Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu menuangkan alkohol ke kapas bersih yang telah disiapkan. Gosokkan pada permukaan case secara perlahan supaya warna yang diharapkan bisa sesuai dengan yang diinginkan.

6. Handsanitizer

cara membersihkan casing hp berwarna putih
tokopedia

Mungkin banyak orang menganggap handsanitizer berguna untuk membersihkan tangan dari kotoran dan virus. Terlebih sampai sekarang virus banyak menyebar melalui tangan dan bisa menimbulkan penyakit serius seperti batuk, pilek, hingga COVID-19 yang sedang merebak akhir-akhir ini.  Sebenarnya, keberadaan barang ini sangat penting bagi case HP kamu.

Handsanitizer dipercaya dapat dijadikan pembersih softcase HP yang mulai menguning. Sebab, benda ini dibuat dengan racikan campuran bahan kimia yang cukup ampuh menghilangkan noda membandel.

Lantas seperti apa cara membersihkan casing HP yang menguning memakai handsanitizer? Kamu  tinggal menggosokkan cairan ini di permukaan tisu maupun kain bersih yang telah disiapkan. Bila sudah dituangkan ke area tisu dan kain tersebut, selanjutnya kamu tinggal bersihkan area softcase HP yang menguning. Usahakan untuk dilakukan perlahan dan hati-hati supaya mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain softcase HP menjadi bersih dan mengilap, penggunaan handsanitizer sebagai penghilang noda membandel di casing HP bisa meninggalkan aroma wangi yang segar. Keutungan yang didapatkan pun beragam. Di satu sisi, case HP menjadi bersih sekaligus memiliki aroma yang harum dan tidak menyengat.

Cara sederhana ini bisa diterapkan di mana saja, bahkan di rumah sekalipun. Kamu tak lagi khawatir dengan munculnya warna kuning di casing HP karena benda ini bisa membantu menghilangkan dan memudarkan noda membandel yang selama ini berdiam di case milikmu.

7. Pemutih

cara membersihkan casing hp yang menguning
sindonews

Bila ingin softcase HP terlihat putih dan mengilap, kamu juga dapat menggunakan pemutih pakaian. Benda ini dikenal sangat ampuh dalam menghilangkan noda membandel seperti noda kuning, pucat, dan goresan bekas tinta bolpoin.

Ingat, pemutih pakaian hanya dipakai pada permukaan casing HP yang berwarna bening. Sebab jika dipakai pada casing HP berwarna, takutnya warna dan motif di case menjadi luntur dan memudar. Lalu, bagaiaman cara membersihkan casing HP yang menguning memakai pemutih pakaian? Ikuti langkah di bawah ini.

Cara menggunakannya adalah dengan campur sedikit pemutih ke wadah dan selanjutnya campur menggunakan air hangat. Bila sudah diaduk, masukkan casing HP ke wadah tersebut selama beberapa menit saja, lalu bilas dan keringkan.

Ada hal yang perlu diingat bila memakai pemutih pakaian dalam membersihkan noda membandel di casing HP. Sebab, pemutih pakaian adalah cairan yang berbahaya. Jadi jangan lupa memakai sarung tangan, celemek, hingga masker wajah supaya cairan pemutih tak menyentuh kulit sensitifmu.

8. Penghapus

Penghapus
mybest

Selanjutnya cara membersihkan casing HP adalah bisa menggunakan penghapus. Penghapus kita tahu kerap digunakan anak sekolah saat menjalani aktivitas belajar. Selain berfungsi  menghapus tulisan pada kertas, penghapus mampu membersihkan noda membandel di area softcase HP.

Lantas, seperti apa cara membersihkan casing HP yang menguning memakai penghapus? Jawabannya sangat sederahan. Kamu tinggal menghapus noda pada case menggunakan penghapus. Gosok-gosokan pada area softcase HP baru kemudian bersihkan memakai kain basah atau tisu basah. Terakhir, kamu hanya perlu mengeringkan di bawah terik matahari pagi, supaya hasilnya sesuai yang diinginkan.

Melihat fungsi pengapus yang beragam, kamu bisa nih memakai penghapus untuk membersihkan case HP yang mulai menguning. Pakailah penghapus saat casing HP terlihat menguning. Usahakan dilakukan rutin agar case kamu terjaga kebersihannya dan nyaman dipakai ataupun enak dipandang.

BACA JUGA: Aplikasi Cek Nama Kita di HP Orang Lain Seperti di Layangan Putus

9. Borax

borax
alodokter

Langkah berikutnya cara membersihkan casing HP berwarna adalah menggunakan borax. Borax adalah bahan yang digunakan dalam menjernihkan air. Siapa sangka, ternyata bahan ini ampuh membersihkan noda membandel di case HP kamu. Seperti case HP yang menguning, casing penuh debu hingga kotoran kecil juga bisa dibersihkan agar warna yang menguning dapat kembali putih dan bersih.

Cara menggunakan borak untuk keperluan membersihkan casing HP yang menguning sangat mudah. Tinggal campur cairan pencuci piring dan air ke dalam wadah bersih. Kemudian, tambahkan borax ke dalamnya. Selanjutnya, aduk campuran di atas sampai larut lalu rendam casing selama beberapa saat. Bila ditemukan bagian yang kotor, cara membersihkan casing HP yang menghitam ialah dengan menggosok bagian tersebut dengan sikat gigi berbulu halus.

Jika noda membandel di casing HP telah hilang, langkah berikutnya adalah bilas memakai air bersih dan keringkan memakai kain lembut. Cara ini sangat bermanfaat dalam mencegh timbulnya kembali goresan di casing HP. Tak ada salahnya untuk mulai praktikan di rumah nih, Sedulur.

10. Sabun cair

cara membersihkan casing hp karet bening yang menguning
klikdokter

Langkah terakhir yang bisa dipakai dalam membersihkan softcase HP menguning adalah menggunakan sabun cair. Sabun cair yang kerap dipakai untuk keperluan membersihkan tubuh, mencuci pakaian, piring hingga kebutuhan lain yang bergantung dengan kandungannya ini sejatinya bisa membersihkan softcase HP. Langkah ini bisa digunakan bila case kotor karena goresan tinta atau jenis noda lainnya.

Untuk kamu yang memilih cara ini dalam membersihkan softcase HP, maka perlu siapkan peralatan di bawah ini. Langkah pertama adalah masukkan air hangat ke dalam wadah. Lalu campurkan beberapa tetes sabun cair ke dalam wadah yang telah berisi air hangat. Kemudian, aduk memakai sikat gigi. Langkah berikutnya adalah dengan melepas casing HP dan gosok perlahan memakai sikat gigi yang telah dicelupkan ke dalam larutan sabun cair.

Apabila dirasa cukup bersih, kemudian bisa tinggal dikeringkan memakai kain lembut dan softcase HP bisa kembali putih dan bersih bak seperti baru. Sangat mudah dan praktis ‘kan caranya? Kamu bisa menggunakan segala hal yang ada di sekitarmu dalam membersihkan softcase HP tanpa perlu ribet membeli bahan khusus membersihkan noda membandel. Jika semua cara di atas masih tidak mempan, mungkin ini pertanda bila kamu diharuskan untuk membeli case yang baru.

Setelah mengetahui tips dan trik membersihkan softcase HP, berikutnya adalah apa saja penyebab pasti munculnya noda kuning membandel ini. Siapa tahu kamu bisa mengurangi kemungkinan dan mencegah warna kuning memenuhi permukaan case gawai kesayanganmu.

Penyebab softcase menguning

Menyoal penyebab, ada setidaknya tiga fakto yang membuat softcase HP mudah menguning. Selain kotoran, faktor usia, dan salah dalam meletakkan, ternyata masalah sinar ultraviolet juga bisa menjadi salah satu pemicunya. Penasaran dengan ulasan detailnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Sinar ultraviolet. Penyebab pertama softcase HP menguning adalah karena pancaran sinar ultraviolet atau UV. Pantulan sinar UV yang mengenai permukaan casing dapat merusak dan mengubah warnanya. Kondisi ini akan semakin parah jika terjadi dalam waktu lama dan terus menerus.

2. Keringat tangan. Selain sinar UV, faktor peenyebab softcase HP menguning adalah tangan yang berkeringat. Tidak bisa dibantah jika HP adalah perangkat teknologi yang kerap dibawa ke mana dan kapan saja. Fungsinya tak hanya dipakai berkomunikasi, namun kerap pula digunakan keperluan bermain game. Jadi tidak heran jika perangkat ini lebih sering bersentuhan dengan tangan dan keringatnya bisa membuat case jadi kotor dan memudar.

3. Meletakkan softcase di area kotor. Faktor penyebab terakhir mengapa softcase HP menguning adalah karena sembarangan ketika meletakkan. Jika area permukaan tempat meletakkan HP kotor, hal ini bisa menimbulkan masalah baru pada gawai kamu. Salah satunya softcase menjadi menguning dan kurang nyaman dipandang.

Demikian ulasan mengenai cara membersihkan casing HP yang menguning dan beberapa penyebab utama yang bisa membuat casing berubah warna. Terapkan dan praktikkan kebiasaan baru yang bisa mencegah hal ini membuat case terkesan tak terawat. Selamat mencobanya di rumah, ya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.