cara ganti password instagram

Jika Sedulur memiliki akun media sosial, pasti sudah paham jika password harus dibuat seaman mungkin agar tidak mudah ditebak. Hal ini tentu akan meminimalisir terjadinya akun media sosial yang dibajak dan dimanfaatkan untuk kegiatan penipuan atau kriminal. Salah satu akun media sosial yang rawan diretas adalah Instagram. Oleh karena itu, Sedulur harus memahami cara ganti password Instagram.

Mengganti password secara berkala tentu memberikan tingkat keamanan yang sedikit lebih tinggi dibandingkan memakai password yang sama untuk jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, yuk cari tahu cara mengganti kata kunci untuk akun Instagram Sedulur.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Tulisan Unik di WhastApp Mudah & Terlengkap

Cara ganti password Instagram di HP

cara ganti password Instagram
Unsplash

Penggunaan HP untuk mengakses sosial media sudah menjadi hal yang lumrah. Segala aktivitasmu di sosial media, lebih banyak dilakukan melalui ponsel. Namun meski terasa mudah karena ponsel selalu dalam genggaman, jangan sampai terlena untuk tidak secara berkala mengganti kata kunci.

Ini adalah cara mengganti kata kunci Instagram lewat ponsel yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Buka bagian profile
  2. Klik logo 3 garis di bagian pojok kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Pilih Security
  5. Pilih password
  6. Isi bagian Current password, New Password, dan New Password again
  7. Lalu save

Cara ganti password akun Instagram lewat PC

cara ganti password Instagram
Unsplash
  1. Akses Instagram di alamat website www.instagram.com
  2. Masukkan username dan password
  3. Setelah masuk ke homepage, klik foto profile di bagian pojok kanan atas, klik setting
  4. Di bar sebelah kanan, pilih menu Change Password
  5. Isi kolom Old Password, New Password, dan Confirm New Password
  6. Klik save change atau change password

BACA JUGA: Cara Mudah Menyadap WA Tanpa Brandcode 2022, Dijamin Berhasil!

Cara ganti password Instagram yang lupa

Unsplash

Saat Instagram sudah terpasang di ponsel, Sedulur memang tak perlu lagi untuk berkali-kali login jika ingin membuka Instagram. Sayangnya, cara ini seringkali membuat Sedulur lupa jika akun Sedulur di HP tak sengaja ter-logout atau keluar. Lalu ketika akan login kembali, Sedulur lupa dan tidak bisa ganti password instagram.

Tak perlu panik, ada cara ganti password instagram tapi lupa password lama. Yuk mari disimak!

  1. Pada halaman login, klik Forgot Password?
  2. Masukkan username akun Instagram
  3. Instagram akan memberi pilihan untuk mengirim Login Link ke email atau no HP yang terdaftar. Jika ingin cara ganti password instagram lewat email, maka pilih email
  4. Buka email, masuk ke Inbox, cari email baru dari Instagram
  5. Muncul dua pilihan Log in as “username” atau Reset your password
  6. Pilih reset your password bagi Sedulur yang lupa kata kunci lama
  7. Lalu Sedulur akan diminta untuk memasukkan Password baru sebanyak 2 kali
  8. Password Instagram akan otomatis reset ulang, dan Sedulur bisa login dengan kata kunci baru

Cara ini tentu sangat ampuh bagi Sedulu yang lupa cara ganti password Instagram tapi lupa password lama. Jadi tak perlu panik, apalagi takut kehilangan akun Instagram milik Sedulur.

Tips membuat password Instagram

Unsplash

Membuat kata kunci sebuah akun terkadang bukan hal mudah bagi sebagian orang. Di antara Sedulur, pasti ada yang kebingungan untuk membuat kata kunci yang aman dan tidak mudah teretas. Namun, ada sedikit tips untuk Sedulur yang saat ini kebingungan membuat atau berniat password.

BACA JUGA: Ini 8 Cara Mematikan Laptop Error yang Benar & Aman, Simpel!

Hindari password yang mudah tertebak

Banyak orang yang kebiasaan menggunakan nama dan tanggal lahir menjadi kata kunci. Hal ini tentu tidak disarankan dan sebaiknya dihindari. Sebab informasi mengenai nama dan tanggal lahir sangat mudah dicari. Sehingga bisa saja dimanfaatkan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab untuk meretas akun Sedulur.

Buat padunan angka dan huruf

Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang memiliki padunan angka dan huruf. Namun pastikan Sedulur mencari padunan angka dan kata yang sama sekali tidak berhubungan dengan Sedulur. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jangan membuat kata kunci dari tanggal lahir dan nama Sedulur. Sebagai tips, Sedulur bisa menggunakan padunan kata dari nama idola, hewan peliharaan, atau nama benda di sekitar Sedulur, lalu dikombinasikan dengan angka unik menurut Sedulur.

Masukkan karakter khusus atau unik

Password akan makin sulit ditebak jika Sedulur memasukkan sejumlah karakter unik. Seperti misalnya tanda bintang, buka tutup kurung, spasi, underscore, spasi, dan lain-lain. Atau Sedulur bisa mengganti simbol @ untuk mengganti huruf A.

Nah itu tadi sejumlah cara ganti password Instagram yang ternyata sangat mudah untuk diikuti. Jadi sekarang ketika Sedulur lupa kata kunci, tak perlu khawatir tidak bisa ganti password Instagram. Karena dengan cara yang dijabarkan di atas, biasanya akan langsung berhasil.