cara memakai lulur

Lulur menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak dipilih para wanita Indonesia untuk mendapatkan kulit yang lebih segar dan sehat. Lulur dapat dibuat dengan mudah dari bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, bengkoang, dan beras. Meskipun dari bahan berbeda, cara memakai lulur secara umum sama.

Selain lulur alami yang dibuat sendiri, Sedulur juga bisa menggunakan produk lulur dalam kemasan. Selain lebih praktis, bahan-bahan yang digunakan bisa jadi lebih kompleks dan tingkat higienitasnya juga lebih tinggi. Namun, semuanya kembali lagi dengan selera masing-masing. Asalkan cara memakainya benar, hasil yang didapatkan tentu juga akan optimal.

Sebenarnya, bagaimana cara memakai lulur yang benar agar mendapatkan hasil optimal? Berikut langkah-langkah atau tata cara yang bisa Sedulur simak dengan baik.

BACA JUGA: Lulur Bedda Lotong, Rahasia Kecantikan Alami Wanita Bugis

1. Mandi dengan sabun antiseptik

cara memakai lulur
iStock

Langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan untuk mendapatkan hasil lulur yang optimal adalah mandi menggunakan sabun antiseptik. Mandi perlu dilakukan untuk membersihkan kulit dari debu, kuman, dan kotoran yang masih menempel. Selain itu, mandi sebelum berlulur juga sangat disarankan karena setelah menggunakan lulur, kulit sebaiknya tidak terkena sabun lagi. 

Sedulur bisa mandi dengan air hangat untuk membuat kulit lebih tenang dan lembap. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa melancarkan sirkulasi darah serta mempercepat penyerapan skincare pada kulit. Namun, mandi dalam langkah ini bersifat opsional, terlebih jika Sedulur memang berniat tidak mandi setelahnya. 

2. Bilas kulit dengan air hangat

Apabila mandi dengan sabun antiseptik dirasa terlalu memberatkan, Sedulur bisa menggantinya dengan cara membilas kulit dengan air hangat. Namun, pastikan bilasan sudah mengenai seluruh bagian yang akan diolesi lulur. Hal ini untuk membuat kulit tetap terjaga kelembapannya.  

BACA JUGA: Doa Menghilangkan Jerawat Beserta Cara & Tips Mengatasinya

3. Gunakan body oil

cara memakai lulur
iStock

Selanjutnya, Sedulur bisa menggunakan body oil ke area yang akan diolesi lulur. Antara minyak kelapa atau minyak zaitun, semua tergantung pada selera masing-masing. Penggunaan minyak ini bertujuan untuk mempermudah pengangkatan sel kulit mati pada saat berlulur. Body oil juga akan membuat pijatan ringan saat berlulur menjadi semakin rileks. 

4. Gosokkan lulur dengan lembut

Berikutnya, ambil dan taruh sedikit lulur di tangan, lalu gosokkan lulur dengan lembut ke kulit. Ratakan lulur ke seluruh area kulit yang diinginkan. Pijat dan gosokkan dengan lembut tanpa perlu tekanan yang kuat, hal ini karena pijatan atau gosokan yang terlalu keras dapat membuat kulit terluka.

Setelah lulur rata, diamkan selama 15 menit atau sampai lulur mengering. Biarkan kandungan lulur menyerap ke dalam lapisan kulit teratas untuk mengangkat sel kulit mati. Sambil menunggu kering, Sedulur bisa mendengarkan musik atau membaca buku.

BACA JUGA: 10 Fungsi Tawas untuk Kecantikan dan Kesehatan

5. Coba gerakan melingkar 

cara memakai lulur
iStock

Setelah lulur mengering, gosokkan lulur dengan lembut ke kulit dengan gerakan melingkar kecil. Tujuan gerakan ini tentu saja untuk membuat sel kulit mati terangkat. Gerakan memutar juga membuat kulit tetap rileks tanpa tekanan yang terlalu kuat.

6. Gosok kulit selama 30 detik

Sedulur bisa memvariasikan gerakan berlulur, dari gerakan melingkar hingga gerakan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Gosok kulit selama 30 detik pada satu bagian sebelum berpindah ke bagian lainnya. Tujuannya agar pengangkatan sel kulit mati pada setiap bagian bisa lebih maksimal.

BACA JUGA: Pilihan Outfit ke Pantai yang Fashionable dan Tips Memilihnya

7. Bilas dengan air hangat

cara memakai lulur
iStock

Setelah dirasa cukup, Sedulur dapat mengakhiri proses berlulur. Langkah terakhir yang harus Sedulur lakukan adalah membilas seluruh bagian yang dilulur dengan air hangat. Sambil membilas, Sedulur dapat menggosok pelan bagian yang dilulur untuk menggugurkan sisa-sisa lulur yang masih menempel pada kulit.

Selanjutnya, Sedulur bisa mengoleskan hand body lotion atau krim pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga. Saat proses terakhir ini, hal penting yang harus Sedulur ingat adalah jangan membilas kulit menggunakan sabun atau mandi menggunakan sabun antiseptik. Oleh karena itu, urutan terbaik saat berlulur adalah mandi terlebih dahulu. 

Itulah urutan cara memakai lulur yang benar. Dengan pemakaian yang benar, hasil yang bisa Sedulur dapatkan tentunya akan optimal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur sekalian. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.