Lulur bedda lotong merupakan racikan khas tradisional dari Bugis untuk menjaga kecantikan tubuh. Setiap daerah dan kebudayaan di Indonesia memiliki cara sendiri untuk menjaga kecantikan tubuh, termasuk suku Bugis di Sulawesi Selatan. Terutama masyarakat Pinrang yang masih menggunakan bedda lotong sebagai ramuan untuk kecantikan.

Lulur ini sudah terkenal sejak dari zaman dahulu untuk mengatasi kecantikan wanita-wanita Bugis. Namun, apa sebenarnya bedda lotong tersebut? Bagaimana sejarah asal mula pemakaian lulur ini di kalangan wanita Bugis? Yuk, kita simak ulasannya terkait bedda lotong dalam artikel kali ini!

BACA JUGA: Pengertian Moisturizer Beserta Manfaat dan Tips Memilihnya

Apa itu Lulur Bedda Lotong?

lulur bedda lotong
Pinterest

Lulur bedda lotong merupakan lulur tradisional yang digunakan oleh perempuan Bugis yang telah dilakukan dalam waktu yang lama. Sejak zaman dahulu, bedda lotong hanya digunakan oleh kaum bangsawan, namun saat ini penggunaan bedda lotong sudah boleh digunakan oleh siapapun.

-->

Lulur yang asli dan palsu dapat dilihat dari penggunaan bahannya, karena biasanya bedda lotong menggunakan bahan ketan hitam asli sebagai bahan utama. Oleh karena itu, namanya disebut dengan bedda lotong, karena penggunaan ketan hitam sebagai bahan utamanya.

Banyak yang bertanya apakah lulur ini bisa memutihkan kulit? Jawabannya tentu saja bisa! Karena hal ini telah dilakukan oleh masyarakat suku Bugis sejak lama dan telah terbukti khasiatnya. Lantas, seperti apa cara membuat bedda lotong agar bisa digunakan? Simak beberapa informasi singkat berikut ini.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik Beserta Harganya

Bahan untuk Membuat Bedda Lotong

lulur bedda lotong
GridHype

Sedulur bisa membuat sendiri lulur bedda lotong asli dengan menggunakan bahan-bahan yang sama yang digunakan oleh masyarakat bugis. Untuk membuat lulur ini, Sedulur membutuhkan bahan lulur bedda lotong yaitu:

  • Beras ketan hitam.
  • Asam Jawa.
  • Daun pandan (iris kecil-kecil).
  • Temulawak (parut).
  • Wajan, dipakai untuk menyangrai.

Setelah bahan terkumpul, Sedulur bisa lanjut membuatnya. Langkah dan cara membuatnya di bawah ini wajib Sedulur ikuti terutama Sedulur yang baru pertama kali membuatnya. Yuk, mari langsung kita simak ulasannya!

BACA JUGA: Jangan Sampai Lewat! Ini 8 Urutan Skincare Pria

Cara Membuat dan Menggunakan Bedda Lotong

KlikDokter

Cara membuat lulur ini sangat mudah, berikut ini langkah yang bisa Sedulur lakukan untuk membuatnya.

  • Sangrai beras ketan dengan irisan daun pandan sampai hangus dan merata.
  • Setelah itu angkat beras yang sudah disangrai hingga hangus dan simpan di wadah.
  • Biarkan dingin terlebih dahulu.
  • Setelah dingin campurkan parutan temulawak, dan asam jawa ke dalam beras tersebut.
  • Beri air secukupnya sambil diremas-remas.
  • Simpan di wadah lalu biarkan semalamam dan lulur bedak lotong siap digunakan.

Setelah bedda lotong siap digunakan, lantas bagaimana cara pakai lulur bedda lotong itu sendiri? Berikut cara perempuan bugis dalam menggunakan bedda lotong.

  • Oleskan pada seluruh kulit tubuh dan wajah secara merata.
  • Tunggu sampai mengering, kemudian bilas dengan bersih tidak perlu menggunakan sabun.
  • Tunggu dan rasakan hasil pemakaian pertama.
  • Jika menginginkan hasil yang maksimal, lulur bedda lotong dapat digunakan setiap hari secara rutin.

Semoga tips dan cara memakai lulur yang benar di atas bisa Sedulur aplikasikan di rumah untuk mendapatkan kecantikan kulit yang paripurna. Menggunakan bahan alami memiliki cara ampuh untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang lebih baik lagi.

BACA JUGA: Penyebab Jerawat di Pipi Kanan dan Cara Mengatasinya

Manfaat Bedda Lotong

Good News From Indonesia

Lulur bedda lotong dipercaya berkhasiat dapat memberikan kecantikan dan kesehatan pada kulit. Perempuan suku Bugis menggunakan bedda lotong telah sejak lama, akar tradisinya dimulai pada masa kerajaan di daerah Sulawesi Selatan. Pada masa itu hanya kalangan bangsawan yang boleh menggunakan lulur tradisional ini.

Hal tersebut disebabkan manfaat lulur bedda lotong yang dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, memutihkan kulit wajah dan tubuh, mengencangkan kulit wajah dan tubuh, serta dapat mengecilkan pori-pori kulit dan membuat kulit wajah menjadi bersih dan cerah. Ini pula yang menjadi kepercayaan bedda lotong yang sangat berkhasiat.

Sekian penjelasan terkait lulur bedda lotong yang telah dijelaskan di atas. Semoga penjelasan di atas bisa menjadi cara alternatif untuk Sedulur gunakan agar bisa mendapatkan kesehatan dan kecantikan kulit bersih, sebagaimana para perempuan suku Bugis yang memiliki kulit bersih dan mulus akibat menggunakan rahasia kencantikan satu ini.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.