Kopi ternyata tak hanya bisa dikonsumsi sebagai minuman pengusir kantuk dan lelah. Biji beraroma harum ini ternyata punya banyak manfaat kecantikan saat disulap jadi masker wajah. Ada banyak kombinasi masker yang bisa dibuat dari biji kopi.

Tanpa basa-basi lagi, ini beberapa cara membuat masker kopi untuk wajah yang pasti mudah, murah, dan ampuh atasi masalah kulitmu. Silakan sesuaikan dengan kebutuhan Sedulur masing-masing. 

BACA JUGA: Masker Oatmeal Bikin Glowing? Ini Fakta & Cara Membuatnya!

Khasiat kopi untuk wajah dan kulit 

Sebelum ke cara membuat masker kopi, ada baiknya kita berkenalan dengan beberapa manfaat kopi. Tujuannya supaya Sedulur makin mantap menggunakan bahan organik ini untuk skincare.  

-->
  • Kafein pada kopi bisa mengurangi tekstur yang tidak rata pada kulit, termasuk selulit. Ini karena kafein mampu melancarkan peredaran darah dan nantinya bisa menyamarkan selulit. 
  • Meredakan stres karena kandungan antioksidannya. Apalagi aromanya menenangkan dan tentunya tak bikin pusing saat harus didiamkan dulu beberapa saat di wajah sebelum dibilas. 
  • Antioksidan juga bisa membantu menyamarkan noda hitam di wajah, keriput halus, dan warna merah di wajah. 
  • Antibakteri yang baik untuk meredakan masalah jerawat. 
  • Menyamarkan lingkaran hitam di sekitar mata. Masih karena kafeinnya yang bisa melancarkan peredaran darah dan akan membuat bagian bawah mata jauh lebih segar dan terang. 
  • Meredakan kemerahan dan iritasi karena paparan sinar matahari. Sedulur pasti pernah lupa menggunakan tabir surya dan harus merasakan kulit terbakar. Olesan masker kopi bisa meredakannya. 

1. Eksfoliasi mingguan dengan masker kopi 

cara membuat masker kopi
instagram.com/skindewi

Untuk kebutuhan eksfoliasi atau mild peeling, Sedulur bisa memanfaatkan biji kopi yang digerus kasar. Campur dengan sedikit air dan balurkan pada wajah.Jadilah cara membuat masker kopi tanpa campuran yang sangat mudah dan murah. Jika sayang dengan kopi, silakan pakai kopi yang hampir kadaluarsa saja, Sedulur.

2. Masker kopi dan gula untuk scrub wajah

cara membuat masker kopi
instagram.com/ruharoma

Sedulur bisa menambahkan gula pasir untuk membuat scrub yang bisa membantu mengelupas kulit mati. Masker dari kopi dan gula serta air ini ampuh pula membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan minyak yang mengeras. Balurkan pelan-pelan, jangan sampai malah melukai wajahmu. Bila dirasa terlalu kasar, silakan tambah kadar airnya agar buliran kopi dan gulanya lebih halus dan lembut. 

3. Mengatasi jerawat 

unsplash.com

Untuk mengatasi jerawat Sedulur bisa menyontek resep masker kopi berikut ini. Bahannya hanya bubuk kopi, madu, dan susu. Kombinasi ketiganya bisa melembutkan kulit dan meredakan inflamasi. Ini karena asam lemak pada susu dipadu dengan madu memiliki agen anti mikroba yang cocok untuk mengatasi jerawat. Serta kopi yang kaya antioksidan. 

4. Kopi dan alpukat untuk anti inflamasi dan melembabkan 

instagram.com/jirinaturals

takut wajah jadi kering karena terkena biji kopi yang kasar. Padu dengan alpukat yang kaya lemak tak jenuh. Sama dengan susu, alpukat bisa melembutkan kulit. Kombinasinya baik untuk meredakan peradangan akibat jerawat.  

BACA JUGA: Ini Dia 10 Manfaat Masker Beras Untuk Kulit Wajah Sehat Alami

5. Mengencangkan wajah dan menjaga kelembabannya 

cara membuat masker kopi
instagram.com/sandrapants23

Sedulur juga bisa menggunakan campuran kopi, bubuk kunyit, dan yogurt untuk membuat masker wajah. Gunakan perbandingan 1:1 untuk kopi dan yogurt. Sementara bubuk kunyit, cukup sejumput saja. Aduk rata dan oles merata pada wajah yang sudah dicuci bersih dan dikeringkan. Pijat-pijat beberapa menit dan diamkan sambil menyesap minuman dan nonton serial. Baru bilas kemudian. 

6. Kopi dan minyak kelapa atau minyak zaitun 

unsplash.com

Jika ingin tahu cara membuat masker kopi tanpa madu, Sedulur tinggal menggantinya saja dengan minyak kelapa virgin yang biasanya berbentuk seperti lotion. Minyak kelapa virgin adalah agen pemulihan luka dan peradangan, serta memiliki sifat anti bakteri. Bila disatukan dengan kopi akan menghasilkan masker yang membantu mengembalikan barier kulit. Namun, masker kopi ini tidak disarankan untuk pemilik wajah rawan jerawat dan berminyak sebab minyak kelapa dikenal bisa menyumbat pori. 

7. Clay face mask dicampur kopi untuk menambah khasiatnya 

cara membuat masker kopi
instagram.com/holistic.and.hopeful

Sudah punya clay face mask di rumah? Coba tambahkan bubuk kopi asli dan aduk rata dengan perbandingan yang sama besar. Tambahkan air sedikit agar konsistensinya nyaman dioles di wajah. Ini akan menambah khasiat dari clay face yang dikenal bisa mengangkat kotoran dan minyak berlebih. Kopi yang bersifat asam bisa mengimbangi clay face sehingga tidak merusak barier kulit. Langsung dicoba saja. 

BACA JUGA:  12 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berseri dan Sehat

8. Masker kopi dan tepung beras untuk mencerahkan wajah

unsplash.com

Sudah lama beras dipercaya memiliki manfaat kecantikan yang signifikan. Bahkan beberapa produk perawatan kulit menggunakan ekstrak beras dalam komposisinya. Masker dari kopi ini cocok buat kamu yang mulai melihat perbedaan antara warna kulit wajah dengan leher. Biasanya karena kamu malas pakai tabir surya. Resepnya hanyalah tepung beras, bubuk kopi, dan air secukupnya. Untuk dapat khasiat lebih, air biasa bisa diganti air mawar. 

Cara membuat masker kopi dan air mawar pun tidak sesusah yang dibayangkan. Sedulur bisa menggunakan air mawar kemasan atau merebus kelopak bunga mawar di dalam air bersih sampai mendidih. Biarkan sampai dingin dalam keadaan tertutup sebelum dipakai. 

9. Kopi dan lidah buaya yang membantumu rileks 

unsplash.com

Lidah buaya mengandung salicylic acid yang bisa meredakan jerawat yang sedang meradang. Ini ditambah kopi yang bisa membantu memulihkan kulit yang kusam karena radikal bebas. Sedulur cukup menyediakan daging lidah buaya asli yang dipotong beberapa sentimeter saja, kemudian blender bersama bubuk kopi sampai tercampur rata. Tinggal oles pada wajah secara merata dan biarkan meresap selama beberapa menit sebelum dibilas. 

10. Kopi dan bubuk kayu manis untuk wajah yang segar dan bersinar 

cara membuat masker kopi
unsplash.com

Selain bisa mencerahkan wajah lewat fungsi eksfoliasinya, masker dari kopi dan bubuk kayu manis juga memberikan efek segar serta bersinar di wajahmu yang mulai kusam. Untuk pelarutnya minyak bisa dipakai, baik minyak zaitun atau minyak kelapa. Ingat minyak tidak disarankan untuk pemilik kulit acne prone. Sedulur yang memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat bisa gunakan air atau madu saja sebagai pelarutnya. Yogurt juga diperbolehkan. 

Sepuluh cara membuat masker wajah dari kopi di atas mudah dipraktikan, kok. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahannya di pasar, supermarket, bahkan Aplikasi Super. Kalau belum punya, pasang saja sekarang dan segera belanja kebutuhanmu di sana. Murah, mudah, cepat sudah pasti.