cara benerin baju melar

Baju melar merupakan masalah yang jamak dialami masyarakat. Masalah ini umumnya terjadi setelah mencuci pakaian, baik secara manual menggunakan tangan maupun menggunakan mesin cuci beserta alat pengeringnya. Masalah baju melar sendiri disebabkan oleh adanya bahan pakaian atau jenis serat tertentu yang memiliki karakter mudah melar, misalnya baju yang terbuat dari bahan katun ataupun rajutan. Jika sudah demikian, Sedulur tentu perlu mengetahui cara benerin baju melar.

Selain mencari tahu cara benerin baju melar, tak ada salahnya Sedulur juga menyimak cara atau tips mencegah baju menjadi melar. Nah, berikut ini, sudah dirangkum informasi mengenai cara membenarkan baju melar agar kembali bagus yang dijamin ampuh serta tips mencuci agar baju tidak menjadi melar. Yuk, langsung disimak informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 10 Tips Bisnis Toko Sembako Agar Laris dengan Modal Kecil

Penyebab baju melar

cara benerin baju melar
Sonora

Telah disinggung sebelumnya, masalah baju melar merupakan masalah yang banyak dialami masyarakat. Biasanya masalah ini muncul setelah mencuci pakaian. Dilansir Kompas.com, ilmuwan dan ahli kebersihan Clorox, Mary Gagliardi mengatakan bahwa cara terbaik untuk menjaga pakaian tetap dalam kondisi baik dan bersih adalah dengan mengikuti petunjuk pada label perawatan yang terdapat pada pakaian.

-->

Saran untuk memperhatikan cara mencuci pakaian sendiri sebenarnya bermuara pada persoalan bahwa setiap bahan pakaian atau jenis serat memiliki karakter masing-masing. Masih mengutip dari pernyataan Mary Gagliardi, jenis serat disebut sebagai penyebab utama pakaian menjadi melar. Dijelaskan, kain alami seperti katun dan linen cenderung mudah melar dari sifat penyerapan kelembapannya.

Di samping itu, baju rajut atau knitwear juga masuk dalam daftar jenis pakaian yang mudah melar. Pakaian yang banyak digemari karena memiliki material yang nyaman digunakan sekaligus bisa menghangatkan tubuh ini memang memerlukan perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Mulai dari cara mencuci hingga penyimpanannya di lemari.

BACA JUGA: Tips Menyimpan Bahan Makanan Agar Awet

Cara benerin baju melar

cara benerin baju melar
Kompas

Bagi Sedulur yang memiliki pakaian dengan material yang mudah melar, seperti baju katun dan rajut, penting untuk mengetahui cara merawat pakaian-pakaian tersebut sehingga dapat tetap dalam kondisi baik meski sudah lama digunakan. Namun apabila pakaian milik Sedulur sudah terlanjur melar, tak ada salahnya Sedulur mencoba tips cara mengatasi baju melar berikut ini.

  • Pertama, isi ember, wastafel, atau bak mandi dengan air hangat dan sampo bayi. Sedulur juga bisa menggunakan kondisioner rambut atau sabun cuci yang memiliki formula lembut.
  • Kemudian, rendam pakaian yang melar dalam campuran tersebut selama 30 menit.
  • Lalu keluarkan pakaian dari air dan peras secara perlahan dan lembut. Sebab, apabila Sedulur memerasnya terlalu keras, bahan pakaian akan semakin mudah rusak. Setelah pakaian diperas, Sedulur tidak perlu membilasnya.
  • Selanjutnya, letakkan pakaian di atas handuk datar atau handuk yang sudah direntangkan. Gulung pakaian dan handuk tersebut lalu remas secara lembut sehingga pakaian menjadi lembap dan tidak basah.
  • Berikutnya, buka gulungan dan letakkan pakaian pada handuk kering lainnya. Pastikan pakaian dalam kondisi direntangkan.
  • Terakhir, biarkan pakaian mengering dengan sendirinya.

BACA JUGA: Tips Cara Masak Coto Makassar Kuah Kental Yang Lezat dan Gurih!

Cara benerin baju melar lainnya

Liputan 6

Selain tips di atas, masih ada beberapa cara benerin baju melar lainnya yang bisa Sedulur coba. Mulai dari mencucinya dengan air dingin hingga menggunakan bantuan mesin pengering pakaian. Berikut informasi selengkapnya.

1. Mencuci dengan air dingin

cara benerin baju melar
Freepik

Tips yang pertama yaitu mencuci baju dengan air dingin. Cara ini dimaksudkan untuk mengurangi risiko baju menjadi semakin melar apabila dicuci dengan air panas. Suhu dingin pada air juga diharapkan dapat membantu serat-serat yang telah melar dapat kembali rapat.

2. Menyimpan baju di dalam pendingin

Freepik

Di samping mencucinya dengan air dingin, Sedulur juga dapat menyimpan baju yang sudah dicuci di dalam mesin pendingin alias freezer. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama, cuci baju dengan air dingin.
  • Kemudian peras baju dan angin-anginkan sebentar sehingga tidak ada air yang menetes dari baju.
  • Masukkan baju ke dalam plastik atau laundry bag.
  • Simpan baju di dalam freezer selama beberapa jam.

3. Cara benerin baju melar dengan mesin pengering baju

Indeks News

Mesin pengering yang berfungsi untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci juga dapat digunakan untuk mengatasi baju melar. Sedulur bisa menggunakan mode pengering panas atau mengatur mesin pada suhu tinggi.

Adapun sebelum baju dimasukkan ke dalam mesin, pastikan baju dalam keadaan agak basah. Sedulur bisa menyemprotnya dengan air terlebih dahulu. Kemudian masukkan ke dalam mesin dan atur proses pengeringan selama 10 hingga 15 menit. Nantinya, baju Sedulur akan menyusut dan kembali ke ukuran semula.

4. Merendam baju dalam air panas

CNN Indonesia

Selain menggunakan mesin pengering bersuhu tinggi, Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat serupa menggunakan air panas. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, Sedulur perlu merebus air hingga mendidih.
  • Kemudian, matikan kompor dan masukkan baju yang melar ke dalam air yang sudah mendidih tadi.
  • Rendam baju selama 5 hingga 10 menit, lalu angkat dan peras secara perlahan.
  • Untuk mengeringkannya, cukup bentangkan baju di atas handuk atau lap di permukaan datar dan biarkan baju menjadi kering dengan sendirinya.

5. Perbaiki bagian baju yang melar

Tribunnews

Masalah baju melar seringkali hanya terjadi pada bagian tertentu, misalnya pada bagian ujung lengan atau garis leher. Nah, untuk mengatasinya, Sedulur bisa melakukan vermak atau perbaikan pada bagian tersebut. Misalnya dengan mengecilkan dan kemudian menjahitnya, maupun menambahkan patch atau emblem untuk menutup bagian yang rusak.

6. Simpan baju dengan cara dilipat

iStock

Tips terakhir untuk mengatasi baju yang melar adalah merawatnya sehingga tidak semakin melar. Salah satunya ialah dengan menyimpannya dengan cara dilipat. Sebab, menggantung pakaian dapat menyebabkan berat pakaian terpusat ke bagian bawah. Dengan begitu, serat pada bagian atas akan tertarik ke bawah.

Di samping menyimpan baju dengan cara dilipat, cara merawat pakaian yang sudah melar lainnya adalah dengan tidak menyetrikanya terlalu sering. Sebab, panas dari setrika baju ditambah metode penggosokan yang tidak tepat juga bisa merusak serat pakaian sehingga membuatnya semakin melar.

BACA JUGA: Usaha Laundry: Tips, Jenis, Modal, Kelebihan & Kekurangan

Tips mencuci baju agar tidak melar

Popbela

Sebagai tambahan, berikut ini Super juga telah merangkum tips mencuci pakaian agar tidak mudah melar. Tips ini bisa Sedulur terapkan untuk merawat pakaian yang belum rusak sehingga kondisinya dapat tetap terjaga.

  • Perhatikan petunjuk pada label. Biasanya, pakaian yang dijual dijual di toko dilengkapi dengan label petunjuk mengenai cara mencucinya. Petunjuk ini bukan dibuat secara sembarangan, lho, Sedulur. Melainkan sudah disesuaikan dengan jenis bahan pakaian.
  • Hindari mencuci pakaian dalam jumlah besar. Tips ini dimaksudkan untuk menghindari risiko baju terlilit satu sama lain. Sebab, kondisi tersebut bisa membuat serat baju tertarik karena terlilit dan sulit dilepaskan.
  • Mengeringkan pakaian dengan cara diangin-anginkan. Cara mengeringkan pakaian dengan dijemur atau diangin-anginkan dinilai lebih baik daripada menggunakan pengering pakaian bersuhu tinggi. Namun jika Sedulur tidak memiliki ruang untuk menjemur pakaian, Sedulur bisa mengatur mesin pengering pada suhu rendah.

Demikian tadi tips cara benerin baju melar. Selain itu juga telah Super paparkan tips mencuci agar baju tidak mudah rusak atau melar. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.