Cara belajar efektif menjadi salah satu topik yang kembali dicari netizen akhir-akhir ini. Pasalnya, bulan Agustus 2022 ini adalah bulan pertama dimulainya tahun ajaran baru 2022/2023. Banyak siswa yang sudah kembali beraktivitas di sekolah. Terlebih lagi, kegiatan belajar mengajar telah dapat dilakukan secara tatap muka.

Tidak hanya di sekolah, kegiatan belajar juga tentunya dilakukan di rumah. Kita perlu mengasah kembali kemampuan otak kita dalam menerima berbagai informasi di sekolah dengan mengulanginya ketika di rumah. Alhasil, setiap materi pelajaran akan melekat di otak kita untuk jangka waktu yang lebih lama.

Nah, di situlah terkadang yang menjadi tricky. Tidak setiap orang tahu bagaimana cara belajar efektif dan efisien, serta cocok untuk dirinya sendiri. Alhasil, proses belajar mandiri di rumah tersebut menjadi sia-sia dan tidak membuahkan manfaat yang maksimal.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya Sedulur mencari tahu bagaimana cara belajar yang efektif. Dalam artikel ini sudah disajikan 10 tips cara belajar yang dapat Sedulur coba. Cara-cara tersebut termasuk mencari tahu tujuan belajar, membuat suasana belajar yang nyaman, membuat ringkasan dan singkatan, serta menyadari bahwa belajar adalah kebutuhan.

-->

Untuk cara-cara lebih lengkapnya, langsung simak informasi tentang cara belajar efektif dan efisien agar belajar jadi lebih menyenangkan berikut ini!

BACA JUGA: Cara Menghitung Average Margin Beserta Rumus & Contohnya

1. Tetapkan tujuan untuk apa Sedulur belajar

cara belajar efektif
Depositphotos

Cara belajar efektif di rumah yang dapat Sedulur coba adalah dengan mencari tahu tujuan untuk apa Sedulur belajar. Tujuan dapat memotivasi kita dalam proses belajar. Contohnya ketika Sedulur ingin belajar agar dapat memasuki universitas favorit. 

Tujuan belajar tersebut tentunya juga akan membuat Sedulur sadar bahwa akan terdapat banyak tantangan untuk menggapainya. Dari situ, semangat Sedulur untuk selalu belajar rutin akan semakin membara.

2. Atur jadwal belajar rutin

Cara yang kedua adalah dengan mengatur jadwal belajar rutin. Belajar adalah sebuah proses. Proses harus dilakukan secara rutin agar dapat memberikan hasil maksimal. Apabila tidak dilakukan secara rutin, Sedulur harus memulai proses belajar dari nol. Tidak ada keberlanjutan dari setiap sesi belajar satu ke sesi belajar selanjutnya.

BACA JUGA: 8 Aturan & Cara Memakai Jas yang Pria Harus Tahu!

3. Buat suasana belajar yang nyaman

cara belajar efektif
Depositphotos

Ketiga, cara belajar efektif menurut psikologi yang bisa Sedulur terapkan adalah membuat suasana belajar yang nyaman. Cara ini terkesan sederhana namun memiliki efek yang cukup signifikan. Kegiatan belajar membutuhkan level fokus yang tinggi untuk mencerna berbagai informasi. 

Untuk menjaga fokus tersebut, suasana belajar haruslah nyaman dan mendukung keadaan fisik serta mental kita. Dengan begitu, kita dapat memproses berbagai informasi pada saat kegiatan belajar dengan optimal.

4. Selalu membuat ringkasan dari hasil belajar

Cara belajar efektif sebelum ujian adalah dengan selalu membuat ringkasan dari hasil belajar. Sebagai manusia, terkadang kita tidak bisa selalu mengingat semua hal dengan sempurna. Begitu pula dengan kegiatan belajar ini. Tidak semua materi akan senantiasa melekat di otak kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, buatlah ringkasan kecil dari hasil belajar. Dengan membaca ringkasan, kita bisa mengingat apa-apa saja yang telah kita pelajari tanpa perlu mengulang keseluruhan materi.

BACA JUGA: 10 Cara Melancarkan BAB yang Ampuh, Alami Tanpa Obat

5. Buat singkatan atau akronim yang mudah diingat

cara belajar efektif
Depositphotos

Apakah Sedulur sering lupa materi-materi yang sudah dipelajari? Mungkin mengingat kalimat-kalimat panjang dalam materi tersebut agak sedikit susah, namun jika dibuat singkatan-singkatan unik akan sedikit mempermudah Sedulur. 

Singkatan-singkatan unik dapat memicu otak kita untuk mengaitkannya dengan informasi tertentu. Contohnya adalah asas pemilihan umum yang harus dilakukan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Asas-asas tersebut dapat disingkat dengan “LuBeRJurDil”.

6. Kuncinya adalah memahami, bukan menghafal

Contoh belajar efektif yang tepat adalah dengan memahami materi pelajaran, bukan sekedar menghafalnya. Salah satu trik yang sering keliru ketika orang-orang belajar adalah menghafal materi pelajaran.

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, otak manusia tidak bisa dengan sempurna mengingat berbagai macam hal. Menghafal materi pelajaran hanya akan bertahan dalam jangka waktu pendek saja. Oleh karena itu, Sedulur perlu memahami setiap konsep dari tiap-tiap materi agar tidak cepat lupa.

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Titik-Titik Pada Daftar Isi Secara Otomatis

7. Jangan malu bertanya

Everypixel

Proses belajar tentunya akan menemui berbagai rintangan. Jangan pernah sungkan untuk bertanya tentang sesuatu ketika menemui kesulitan. Inti dari belajar adalah untuk mencari tahu hal-hal yang belum kita pahami. Karena itu, tidak ada salahnya Sedulur untuk terus-terusan bertanya agar mendapatkan informasi baru yang belum pernah kita terima sebelumnya.  

8. Pantang menyerah

Salah satu cara belajar efektif menurut Islam dan agama lainnya adalah untuk selalu memiliki mindset pantang menyerah. Tuhan Yang Maha Kuasa menyukai hambanya yang tidak pernah putus asa. 

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Tuhan tidak akan pernah memberikan kesulitan atau rintangan lebih daripada yang bisa kita atasi. Maka dari itu, pantang menyerah adalah kunci untuk meraih tujuan akhir dari proses belajar ini. 

BACA JUGA: 9 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Handphone, Agar Lancar

9. Bijak mengatur waktu

Depositphotos

Mengatur waktu dengan bijak juga menjadi salah satu cara belajar efektif yang perlu Sedulur terapkan. Tidak ada gunanya apabila Sedulur selalu belajar di luar jadwal, belajar tengah malam, atau meninggalkan kegiatan belajar karena terlalu asyik bermain HP.

Dengan manajemen waktu yang baik, Sedulur akan memiliki rutinitas yang teratur, termasuk kegiatan belajar. Belajar yang teratur selanjutnya memberikan manfaat yang maksimal.

10. Sadari bahwa belajar adalah sebuah kebutuhan

Salah satu mindset yang perlu diterapkan di benak kita adalah menyadari bahwa kegiatan belajar ini merupakan suatu kebutuhan. Manusia butuh belajar untuk berkembang. Belajar apa saja, tidak harus terpaku pada materi-materi dari sekolah. Ketika kita sadar bahwa ia merupakan kebutuhan, tidak ada rasa terpaksa yang muncul ketika hendak belajar. Dengan begitu, perasaan hati kita menjadi lebih lega dan diri menjadi lebih siap untuk menerima berbagai materi pelajaran. 

Nah Sedulur, itu dia ulasan singkat mengenai 10 cara belajar efektif yang dapat Sedulur terapkan. Beberapa cara tersebut adalah menetapkan tujuan belajar, atur jadwal ruti, membuat suasana belajar yang nyaman, membuat ringkasan dan singkatan dari materi pelajaran, pantang menyerah, manajemen waktu yang baik, dan lain sebagainya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.