berapa lama merebus telur puyuh

Telur puyuh merupakan telur dari burung puyuh yang banyak dipilih untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Sama halnya dengan telur ayam, telur puyuh juga harus diolah secara tepat agar matang sempurna dan kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak. Salah satu trik mengolah telur puyuh adalah memperhatikan berapa lama merebus telur puyuh.

Nah, agar Sedulur tidak bingung, berikut sudah dirangkum cara merebus telur puyuh secara tepat yang bisa dicoba di rumah. Simak artikel di bawah sampai habis, ya!

BACA JUGA: Resep dan Cara Memasak Beras Merah yang Pulen nan Lezat!

Mengenal Kandungan Nutrisi Telur Puyuh dan Manfaatnya

Recipes

Sebelum mencari tahu cara merebus telur puyuh agar matang sempurna, Sedulur perlu mengetahui kandungan nutrisi bahan makanan satu ini. Dihimpun dari berbagai sumber, telur puyuh yang memiliki ukuran lebih kecil dari telur ayam ini ternyata kaya akan zat gizi.

-->

Disebutkan bahwa setiap butir telur puyuh mengandung nutrisi, di antaranya adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, magnesium, natrium, dan kalium. Dengan berbagai zat gizi tersebut, telur puyuh memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat telur puyuh untuk kesehatan yang perlu Sedulur ketahui.

  • Sebagai sumber energi untuk beraktivitas.
  • Membantu menjaga stamina tubuh.
  • Sebagai antioksidan.
  • Membantu memelihara kesehatan kulit.
  • Menguatkan massa otot.
  • Mendukung sistem imun tubuh.
  • Menjaga kesehatan jantung.

BACA JUGA: 7 Cara Memasak Kacang Merah agar Empuk dan Tidak Beracun

Berapa Lama Merebus Telur Puyuh Agar Matang Sempurna?

berapa lama merebus telur puyuh
FOOD

Merebus telur, tak terkecuali telur puyuh, kerap menjadi tantangan tersendiri. Sebab, kita tidak bisa melihat secara langsung tingkat kematangan telur yang sedang direbus. Oleh karena itu, lama waktu merebus menjadi hal yang penting diperhatikan untuk mendapatkan tingkat kematangan yang pas.

Mengingat ukurannya yang kecil, Sedulur tidak membutuhkan waktu yang lama untuk merebus telur puyuh, yakni hanya sekitar 2-4 menit saja. Berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, Sedulur dapat memasukkan air dan telur puyuh ke dalam panci.
  • Kemudian, letakkan panci di atas kompor dan rebus telur puyuh dengan api besar selama kurang lebih 3-4 menit.
  • Setelah itu kecilkan api, lalu biarkan selama 2 menit baru kemudian matikan api.
  • Tutup panci dan biarkan selama 5-10 menit atau sampai airnya menjadi hangat.

BACA JUGA: 7 Cara dan Tips Masak Cumi agar Empuk dan Tidak Alot

Cara Merebus Telur Puyuh

berapa lama merebus telur puyuh
Rabbitry

Untuk memudahkan Sedulur dalam mengolah telur puyuh di rumah, berikut ada tujuh cara atau tips merebus telur puyuh agar matang secara sempurna. Tips berikut ini juga bisa menjadi cara alternatif agar Sedulur mendapatkan hasil rebusan telur puyuh yang mudah dikupas.

1. Rebus air sesuai banyak telur puyuh

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus air dengan takaran sesuai banyak telur puyuh yang akan direbus. Hal ini dimaksudkan agar semua telur puyuh yang direbus nantinya dapat terendam air. Dengan demikian, telur akan matang secara merata.

Sedulur bisa menyiapkan panci besar yang dapat memuat semua telur yang akan dimasak. Kemudian masukkan air sampai setengah atau 3-4 panci. Takaran tersebut disesuaikan dengan besar panci dan jumlah telur agar saat proses perebusan, air tidak tumpah karena mendidih ataupun ketika dimasukkan telur.

2. Masukkan telur puyuh ke air yang hampir mendidih

Rebus air selama beberapa saat atau sampai hampir mendidih. Kemudian, masukkan telur puyuh secara perlahan agar tidak pecah. Selanjutnya, rebus telur puyuh selama 2-4 menit sesuai tips yang sudah disampaikan sebelumnya. Jangan lupa, pastikan semua bagian telur terendam di dalam air.

3. Rebus telur puyuh dengan api besar

Saat merebus telur puyuh, Sedulur dianjurkan untuk mengatur api menjadi besar selama 2-4 menit. Setelah air mulai mendidih kembali, kecilkan api dan biarkan selama 2 menit sebelum mematikan api.

4. Aduk telur saat merebus

Tips berikutnya yang dapat dicoba agar telur puyuh matang secara sempurna dan mudah dikupas adalah mengaduk telur selama proses perebusan. Selain memastikan telur matang secara merata, cara ini juga efektif membuat bagian kuning telur puyuh berada di tengah.

Dengan begitu, nantinya telur menjadi mudah dikupas karena tidak ada bagian kuning yang berada di pinggir.

5. Matikan api dan biarkan sampai airnya menjadi hangat

Setelah proses perebusan selesai, Sedulur dapat mematikan api. Akan tetapi, jangan buru-buru membuang air rebusan apalagi mengupas telur, ya. Sebaliknya, biarkan telur beserta air rebusannya tetap di dalam panci dengan keadaan tertutup.

Dengan begitu, proses pemanasan tetap berjalan namun suhu air akan berangsur menurun. Adapun Sedulur dapat membiarkannya selama kurang lebih 10-15 menit atau sampai airnya menjadi hangat. Selanjutnya, buka tutup panci.

6. Tiriskan telur puyuh

Langkah berikutnya adalah meniriskan telur puyuh. Sedulur cukup mengeluarkan telur puyuh dari air rebusan dan memindahkannya ke wadah lain. Hal ini membantu menurunkan suhu telur sehingga proses memasak juga akan terhenti.

Sekadar tips agar telur tidak saling terbentur saat dikeluarkan, Sedulur bisa mengeluarkan telur satu per satu menggunakan penjepit. Kemudian pindahkan telur ke wadah lain yang kering.

7. Masukkan telur puyuh ke air es

Tips terakhir yang bisa Sedulur coba agar telur puyuh mudah dikupas adalah merendamnya di air es. Caranya, setelah telur puyuh ditiriskan, segera pindahkan ke dalam wadah yang sudah diisi dengan air es, lalu diamkan selama beberapa saat.

Adapun Sedulur juga bisa mengetukkan telur puyuh hingga cangkangnya retak setelah direndam di dalam air selama beberapa detik. Kemudian, masukkan kembali telur puyuh ke dalam air es. Trik satu ini bertujuan untuk memudahkan telur dikupas karena tekstur telur akan menjadi lebih padat.

Trivia: Efek Samping Telur Puyuh

berapa lama merebus telur puyuh
Pants Down Aprons

Sebelumnya sudah disinggung mengenai kandungan nutrisi pada telur puyuh dan manfaatnya bagi tubuh. Di samping berbagai manfaat baik dari mengonsumsi telur puyuh, Sedulur juga perlu mengetahui efek sampingnya. Pasalnya, telur puyuh juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Konsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi apalagi dalam jumlah banyak dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh, termasuk gangguan pada otak, jantung, dan pembuluh darah. Untuk itu, pastikan Sedulur tidak mengonsumsi telur puyuh secara berlebihan, ya.

Itu dia beberapa tips atau cara merebus telur agar matang secara sempurna sekaligus mudah dikupas. Setelah telur puyuh matang, Sedulur bisa mengolahnya menjadi berbagai masakan sesuai selera. Sedulur juga sudah tidak perlu bingung berapa lama merebus telur puyuh lagi. Selamat mencoba!