Tips Masak Cumi Agar Empuk

Cumi menjadi salah satu hidangan laut yang banyak disukai. Jika tidak benar dalam mengolah dan memasaknya, maka daging cumi bisa alot. Untuk itu, Sedulur perlu mengetahui tips masak cumi agar empuk dengan trik berikut ini.

Membuat daging cumi yang empuk sebenarnya cukup mudah. Sedulur tidak perlu memasaknya terlalu lama. Alih-alih empuk, daging cumi bisa menjadi alot dan sulit untuk dikunyah. Apabila Sedulur ingin mengetahui lebih dalam soal memasak bahan bahari laut satu ini, simak tips masak cumi agar empuk di bawah ini!

BACA JUGA: Mudah! Ini 8 Cara Merebus Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

1. Gunakan cumi segar

BBC

Tips memasak cumi agar tidak alot yang terakhir adalah dengan memastikan cumi yang Sedulur gunakan masih segar dan berkualitas. Tentunya kesegaran dari bahan masakan menjadi tips paling mendasar untuk bisa dapatkan cita rasa terbaik.

-->

Untuk bisa mendapatkan cumi dengan kesegaran dan kualitas yang terbaik, Sedulur tak perlu bingung karena bahan laut ini selalu tersedia setiap saat di pasar maupun tempat pelelangan ikan.

2. Perhatikan ukuran cumi

Tips Masak Cumi Agar Empuk
Fishmonger

Kalau mau memasak dengan metode api kecil dan durasi lama, potong cumi-cumi sekitar 12 sentimeter kurang dari takaran yang kamu inginkan. Sementara, biasanya berat cumi-cumi kira-kira 285 gram adalah potongan yang lebih mudah empuk.

3. Rebus cumi selama 1 menit

Tips Masak Cumi Agar Empuk
Fishmonger

Kalau ingin marinasi cumi-cumi, kamu bisa melakukan blanching. Rebus cumi-cumi bersih dalam air mendidih selama tidak lebih dari satu menit. Kemudian, langsung masukkan ke dalam air es agar proses masak cumi-cumi berhenti. Baru, marinasi atau rendam cumi-cumi dalam bumbu favorit kamu. Membuat masakan berkuah, masukkan cumi-cumi beberapa menit sebelum diangkat. Setelah itu, sajikan segera. Tips masak cumi agar empuk ini cukup efektif lho.

4. Atur durasi memasak

Epicurious

Salah satu kunci dari cara memasak cumi agar tidak alot adalah durasi Sedulur dalam memasak cumi. Cumi merupakan seafood yang tidak perlu dimasak dalam durasi yang lama. Terlalu lama memasak cumi justru bisa membuat tekstur cumi menjadi alot. Secara umum, tips memasak cumi agar tidak alot adalah dengan memasak cumi selama sekitar 2-3 menit saja.

5. Jika digoreng cukup 3 menit

Tips Masak Cumi Agar Empuk
Kitchn

Durasi menggoreng cumi-cumi juga tidak perlu terlalu lama. Pertama, pastikan minyak goreng sudah panas.  Lanjutkan goreng cumi-cumi secara berkala, usahakan dalam satu wajan tidak terlalu penuh. Goreng 2-3 menit, atau maksimal 5 menit. Kalau sudah coklat keemasan, segera angkat.

6. Bakar cumi selama 2 menit

Tips Masak Cumi Agar Empuk
Epicurious

Cara masak cumi-cumi yang terbilang simpel adalah dibakar. Caranya, bersihkan cumi-cumi. Biarkan bentuknya tetap seperti tabung, tidak dipotong. Bumbui dengan garam atau merica, bisa juga saus andalan kamu. Kemudian, panggang di atas wajan teflon maupun panggangan arang selama 2-3 menit.

7. Marinasi daging cumi

The Spruce Eats

Tips memasak cumi agar tidak alot selanjutnya adalah dengan marinasi cumi dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis terlebih dahulu sebelum dimasak. Air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis umumnya digunakan untuk memarinasi seafood agar aroma amis cumi menghilang.

Namun, ternyata hal ini juga menjadi salah satu cara memasak cumi agar tidak alot. Hal ini dikarenakan asam dari perasan jeruk lemon atau jeruk nipis mampu memecah tekstur alot dan kenyal dari cumi.

Untuk itu, sebelum memasak cumi, lumuri terlebih dahulu cumi dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis selama 20-30 menit. Selain air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, buah kiwi juga bisa digunakan sebagai penggantinya.

Demikian tadi tips masak cumi agar empuk yang bisa Sedulur lakukan. Semoga tips dan trik di atas bisa membantu untuk menciptakan makanan yang lezat di rumah ya!

Jangan lupa untuk selalu belanja kebutuhan pokok, bumbu dapur, dan keperluan rumah tangga lainnya di Aplikasi Super. Cukup download lewat PlayStore, Sedulur sudah bisa merasakan pengalaman belanja yang modern, mudah, dan murah. Jadi buruan pakai Aplikasi Super sekarang juga!