Ada banyak menu yang dapat dibuat dengan bahan kacang merah. Mulai dari masakan pendamping nasi hingga aneka hidangan manis dan minuman segar. Namun, sudahkah Sedulur mengetahui bagaimana cara memasak kacang merah yang benar?

Seperti jenis kacang lainnya, kacang merah harus diolah secara tepat untuk mendapatkan tekstur yang pas. Tak hanya itu, pengolahan yang benar juga dapat menghilangkan racun alami dari kacang merah.

Ingin tahu bagaimana cara memasak kacang merah agar empuk dan tidak beracun? Yuk, simak rangkuman informasinya berikut ini.

BACA JUGA: 10 Tips Mulai Usaha Kue Kacang Modal Oven, Dijamin Laris!

Mengenal Manfaat Kacang Merah

cara memasak kacang merah
Rafles Medical

Sebelum mencari tahu cara tepat untuk memasak kacang merah, tak ada salahnya Sedulur mengenal manfaatnya bagi kesehatan terlebih dahulu. Kacang merah sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, serat, vitamin B, protein, serta mineral.

Sementara itu, berikut ini beberapa manfaat kacang merah lainnya bagi kesehatan tubuh.

  • Membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.
  • Mengontrol kadar gula dalam darah.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Mencegah pertumbuhan sel kanker.

BACA JUGA: Resep Sup Kacang Merah, Hidangan Bergizi Untuk Buka Puasa

Cara Memasak Kacang Merah

cara memasak kacang merah
The Basque Wife

Untuk mendapatkan berbagai manfaat seperti yang sudah dipaparkan di atas, Sedulur dapat mengolah kacang merah menjadi beraneka masakan atau hidangan. Nah, agar masakan yang dibuat semakin lezat, Sedulur perlu memperhatikan cara memasak kacang merah yang tepat.

Dengan demikian, masakan yang dihasilkan pun makin lezat dan teksturnya juga pas. Selain itu, cara pengolahan kacang merah yang tepat juga dapat menghilangkan racun alami yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut cara memasak kacang merah yang benar yang bisa Sedulur coba di rumah.

1. Pilih kacang merah yang segar dan berkualitas

Tips yang pertama dimulai ketika Sedulur membeli kacang merah yang akan dimasak. Dihimpun dari berbagai sumber, kacang merah berukuran kecil cenderung memiliki rasa manis dan tekstur renyah saat dimasak. Sementara, kacang berukuran besar biasanya memiliki rasa hambar dan tidak segar.

Selain ukurannya, Sedulur juga perlu memperhatikan tampilan kacang merah yang akan dibeli. Pastikan kacang untuk memilih kacang merah segar yang memiliki ciri, di antaranya permukaan licin, tidak banyak kotoran yang menempel, tidak bertunas, tidak ada kerutan, serta tidak berwarna merah kehitaman. 

2. Rendam kacang merah

Kacang merah yang sudah dibeli kemudian harus dicuci dengan air mengalir hingga tidak ada lendir dan permukaannya menjadi kesat. Untuk memastikan kacang benar-benar bersih, Sedulur juga bisa merendamnya terlebih dahulu.

Sedulur dapat merendam kacang merah selama 1-2 jam atau hingga semalaman untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel ketika dimasak. Proses perendaman ini juga disebut dapat menjadi cara efektif untuk menghilangkan racun alami yang terkandung di dalamnya.

Selanjutnya, buang air rendaman dan bilas kacang merah menggunakan air mengalir. Tiriskan kacang hingga kering sebelum dimasak.

3. Rebus dengan air yang banyak

Berikutnya, Sedulur perlu merebus kacang merah dengan air yang banyak. Dengan kata lain, kacang harus dalam keadaan terendam selama proses perebusan.

Perlu diperhatikan, perebusan kacang merah tidak sekadar bertujuan untuk membuat teksturnya menjadi empuk. Sebab, merebus kacang merah juga sekaligus dapat menghilangkan racun alami yang terkandung dalam kacang tersebut.

Oleh karena itu, Sedulur dianjurkan untuk membuang air rebusan dan meniriskan kacang merah setelah matang.

4. Masak kacang merah dengan suhu tinggi

Maangchi

Untuk mendapatkan tekstur kacang yang empuk, Sedulur juga perlu memperhatikan suhu atau besar api ketika perebusan.

Adapun suhu minimum yang dianjurkan untuk merebus kacang merah adalah 100 derajat Celcius selama 10-30 menit. Perebusan dengan suhu tinggi ini juga berguna untuk menghilangkan racun di dalamnya.

5. Aduk kacang saat dimasak

Sementara itu, agar kacang merah matang merata, Sedulur dapat mengaduknya secara berkala selama proses perebusan. Biasanya, tekstur kacang yang berada di bagian bawah panci cenderung menjadi keras hingga dapat menempel di dasar panci.

Hal ini tentu dapat mengurangi cita rasa kacang ketika diolah menjadi hidangan ataupun minuman. Untuk itu pastikan Sedulur mengaduknya agar kacang merah matang secara merata.

6. Gunakan panci presto

Untuk mempercepat proses memasak, Sedulur dapat memanfaatkan pressure cooker atau panci presto. Sesuai namanya, alat tersebut akan memberikan tekanan saat proses memasak sehingga kacang merah menjadi lebih cepat empuk.

Adapun cara memasak kacang merah dengan panci presto juga hampir sama dengan merebusnya menggunakan panci biasa. Yaitu, pastikan kacang dalam kondisi terendam saat dimasak.

7. Hangatkan kacang merah kalengan sebelum disajikan

cara memasak kacang merah
Camellia

Selain kacang merah kering dan kacang merah segar, tersedia juga kacang merah yang dikemas dalam kaleng. Biasanya kacang merah dalam kaleng sudah diolah dan dapat langsung dikonsumsi. Meski begitu, ada baiknya Sedulur menghangatkan kacang merah kalengan terlebih dahulu sebelum menghidangkannya.

Itu dia beberapa cara memasak kacang merah agar empuk dan tidak beracun. Setelah mengikuti berbagai tips di atas, Sedulur dapat mengolah kacang merah menjadi beraneka hidangan sesuai selera. Sementara itu, resep hidangan dari kacang merah akan dibahas pada artikel lainnya, ya!