beda oven dan microwave

Banyak orang yang beranggapan jika oven dan mircowave merupakan alat yang sama. Meski keduanya sama-sama alat untuk memanggang atau membakar bahan masakan, tapi ada perbedaan besar pada dua alat tersebut. Perlu Sedulur ketahui beda oven dan microwave yang paling utama ada pada fungsi.  Nah, agar Sedulur tidak bingung ketika akan membeli oven atau microwave, berikut penjelasan tentang beda oven dan microwave yang perlu Sedulur pahami!

BACA JUGA : 10 Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian Paling Ampuh!

Perbedaan oven dan microwave 

Berikut perbedaan oven dan microwave yang perlu Sedulur pahami. 

1. Cara kerja 

beda oven dan microwave
iStock

Perbedaan pertama antara oven dan micorwave yang paling mendasar ada pada cara kerjanya. Seperti namanya, microwave memanfaatkan tenaga dari gelombang mikro elektromagnetik. Dimana gelombang tersebut akan saling bertabrakan dan menghasilkan panas yang digunakan untuk memasak makanan. Jika dilihat secara sepintas, cara kerja mocrowave cukup sederhana sehingga panas yang dihasilkan tidak akan terlalu tinggi.

-->

Sedangkan, oven akan menyampaikan suhu panas dan meratakan ke bagiannya secara menyeluruh. Sehingga tingkatan level panasnya bisa jauh lebih tinggi dari microwave. Proses penciptaan panas oven juga lebih fleksibel, yaitu bisa dari tenaga listrik maupun gas.

Dari cara kerja keduanya, dapat disimpulkan bahwa microwave hanya akan memberikan suhu panas saja sehingga bermanfaat untuk memanaskan makanan. Sementara untuk oven dapat juga digunakan untuk membuat makanan mentah menjadi matang atau hanya sekadar memanaskan makanan saja.

2. Makanan yang dihasilkan 

beda oven dan microwave
iStock

Cara kerja yang berbeda tentu akan menghasilkan makanan yang berbeda pula. Microwave yang berfungsi memanaskan akan menghasilkan makanan yang termasuknya hanya pada kategori suhu ‘hangat’ saja. Untuk contoh, misalnya Sedulur ingin memasak pop corn dengan microwave, maka ada kemungkinan hasil makanan yang tercipta kurang mengembang. Contoh lainnya misal memasak pizza, maka hasilnya akan kering. Hal ini karena microwave akan mengurangi kadar air serta kelembaban makanan yang dimasak.

Berbeda dengan oven, hasil makanan yang dihasilkan bisa memiliki tingkat kematangan yang sempurna. Bahkan, Sedulur harus menggunakan pelindung untuk mengambil masakan yang diambil dari dalam oven. Untuk kerupuk pun hasilnya akan lebih renyah dan matang sempurna. Begitu juga ketika memasak daging atau bahan mentah lainnya.

Meski sekarang sudah ada perkembangan teknologi sehingga hadir microwave oven, namun tetap fungsinya tidak  bisa menyamai oven original. Jadi Sedulur harus tahu terlebih dahulu perbedaannya sebelum memutuskan untuk membeli alat elektronik rumah tangga yang mana.

3. Waktu pemanasan 

beda oven dan microwave
iStock

Beda oven dan microwave yang selanjutnya yaitu terletak pada waktu pemanasan. Untuk waktu sebenarnya dikembalikan pada jenis makanannya. Akan tetapi apabila dibandingkan dari suhu panasnya, tentu microwave menjadi lebih unggul dibandingkan oven. Microwave memiliki suhu lebih tinggi daripada oven hingga 50 derajat celcius. Maka dari itu, waktu pemanasan menggunakan microwave akan lebih singkat daripada menggunakan oven. Sedulur mungkin dapat menggunakan microwave saat terburu-buru, dengan catatan Sedulur sudah mengetahui konsekuensi makanan yang akan dihasilkan. 

4. Penggunaan daya listrik

iStock

Oven dan microwave tentu memiliki perbedaan pada penggunaan listriknya. Oven mempunyai penggunaan daya listrik lebih rendah, namun perlu dipertimbangkan juga bahwa barang dapur elektronik satu ini membutuhkan waktu lama untuk mematangkan makanan. Sedangkan untuk pemakaian daya listrik microwave pada dasarnya memang lebih besar, namun waktu yang dibutuhkan juga lebih cepat. Ini yang bisa membuat penggunaan microwave menjadi lebih hemat daya listrik

BACA JUGA : 12 Inspirasi & Tips Bikin Model Atap Dapur Paling Praktis, Bebas Sumpek!

5. Variasi ukuran 

iStock

Microwave memiliki bentuk ukuran ysng lebih kecil dibandingkan dengan oven. Biasanya barang elektronik ini hanya memiliki kapasitas kecil dengan ukuran maksimal 30 liter. Hal ini tentunya menyesuaikan dengan fungsinya yang hanya dapat digunakan untuk menghangatkan saja. Sedangkan oven memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari ukuran yang sama 30 liter hingga besar. Kapasitasnya memang cukup besar karena biasanya lebih banyak digunakan untuk industri roti dan kue. Jadi Sedulur tidak perlu heran jika harganya menjadi lebih mahal. 

6. Wadah yang dimasukkan 

iStock

Perlu Sedulur ketahui jika terdapat beberapa aturan khusus mengenai wadah yang boleh dan tidak boleh dimasukan ke dalam oven dan juga microwave. Untuk oven, semua bahan plastik tidak bisa dimasukkan untuk memasak makanan. Sedulur dapat menggunakan loyang, atau keramik anti pecah. Berbeda dengan microwave, Sedulur masih bisa memasukkan wadah plastik asal terdapat lisensi bisa dimasukkan ke dalamnya. Bahan dari kaca atau keramik juga masih aman jika digunakan untuk suhu tidak terlalu tinggi. 

7. Jenis barang

iStock

Beda oven dan micriwave yang selanjutnya terletak pada jenis barangnya. Oven memiliki jenis lebih beragam mulai dari oven manual, listrik, memakai gas LPG, konvensional dan yang lainnya. Sedangkan microwave terdapat grill microwavekonvensional dan menggunakan listrik.  Sedulur juga bisa membeli sesuai dengan kebutuhan saja, tentu setiap jenis ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Perhatikan spesifikasi barang sebelum memutuskan untuk membelinya ya Sedulur.

8. Harga

iStock

Harga oven dan microwave juga cukup berbeda. Umunya oven dibanderol mulai dengan kisaran harga Rp300 ribuan. Sedangkan untuk microwave, Sedulur dapat membelinya mulai dari Rp800 ribuan.

BACA JUGA : 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

Tips merawat oven dan microwave

 

beda oven dan microwave
iStock

Setelah mengetahui perbedaan oven dan microwave, berikut beberpa tips merawat oven dan microwave agar waet yang dapat Sedulur praktikkan. 

  • Pastikan oven atau microwave dalam keadaan dingin sebelum dibersihkan.
  • Untuk menghindari penumpukan kotoran, lap oven dan microwave setelah dipakai.
  • Hindari menyemprotkan cairan desinfektan langsung ke permukaan oven atau microwave.
  • Simpan oven dan microwave di tempat yang aman.
  • Atur timer oven sesuai kebutuhan.
  • Jangan pernah tinggalkan oven dan microwave dalam keadaan menyala.

Demikianlah penjelasan tentang beda oven microwave yang perlu Sedulur ketahui. Pastikan Sedulur membelinya sesuai dengan kebutuhan ya! Nah, jika sudah membeli oven maupun microwave, biasanya Sedulur akan senang untuk mencoba berkreasi membuat makanan.  

Sedulur dapat membeli berbagai kebutuhan dapur di Aplikasi Super. Mulai dari beras, tepung, minyak goreng hingga margarin. Produknya dijamin lengkap dan harganya juga terjangkau. Yuk langsung kulakan dan belanja di Aplikasi Super! Ada banyak promo menarik dan gratis ongkir setiap hari lho. Jangan sampai ketinggalan ya!