bagian daging sapi untuk bbq

BACA JUGA: Cek, Ini 5 Tingkat Kematangan Steak yang Harus Kamu Tahu

11. Saikoro

bagian daging sapi untuk bbq
Unsplash/Owen Bruce

Kalau Sedulur sering berkunjung ke restoran BBQ Jepang, pasti pernah menikmati jenis potongan daging satu ini. Saikoro merupakan bagian dari potongan tenderloin, tapi dipotong menjadi bentuk dadu.

Jenis daging ini jadi pilihan favorit untuk barbeque. Jangan lupa menggunakan saus Yakiniku khas Jepang saat mengolahnya. Bila Sedulur mengadakan acara BBQ di rumah atau indoor, potongan daging saikoro cocok untuk jadi pilihanmu.

12. Chuck flap

Kalau Sedulur punya budget terbatas untuk barbeque, mungkin bisa memilih potongan daging chuck flap atau daging rusuk sapi. Diambil di sekitar iga, jenis ini memang cenderung harganya lebih murah. Saat mengolahnya, Sedulur perlu mengoleskan saus barbeku dengan ditambahkan sedikit garam dan lada supaya lebih enak. 

Chuck flap juga termasuk potongan daging tenderloin yang biasa kita temukan di restoran Jepang. Jenis daging sapi ini mengandung campuran marbling dan kandungan lemak yang juicy dan kaya rasa. Biasanya, chuck flap dipotong tipis untuk membuat steak panggang dan daging grill. Daging ini juga cocok untuk diolah dengan teknik memasak braising.

13. Short plate atau sliced beef

Jenis daging grill BBQ yang cocok untuk pesta adalah short plate, yaitu potongan daging di otot sapi bagian perut. Short plate atau samcan depan lebih dikenal dengan sebutan sliced beef. Daging berbentuk irisan tipis ini biasa dipakai sebagai daging panggang di restoran AYCE.

Cara mengolahnya juga mudah karena potongannya tipis dan mudah matang. Sedulur bisa menggunakan kompor grill portable atau menggunakan grill pan untuk memanggang daging. Tinggal tambahkan sayuran pelengkap grilling, rasanya pasti mirip restoran Korea!

14. Shank

Bagian selanjutnya dari daging sapi yang cocok untuk hidangan BBQ adalah shank. Jenis daging ini dimulai dari bagian betis sapi. Ciri dagingnya memiliki otot yang cukup banyak. Jadi untuk memasaknya membutuhkan waktu lebih lama agar empuk.

Selain digunakan untuk daging barbeque, shank juga banyak digunakan untuk membuat hidangan lainnya seperti soto, bakso urat, dan sup.

15. Tetelan

Daging tetelan meski terbilang kecil namun cocok untuk hidangan barbeque juga lho. Jenis daging ini berupa potongan-potongan kecil yang bisa dipadupadankan dengan daging lainnya ketika proses barbeque.

Tetelan merupakan sisa daging yang melekat di tulang, yang memiliki campuran daging, urat, lemak, dan lainnya yang telah dikupas dari tulang dan dipotong-potong. Biasanya daging ini kerap digunakan untuk bakso, sup, ataupun rawon.

Itulah tadi beberapa jenis bagian daging sapi untuk BBQ yang empuk dan lezat untuk Sedulur coba. Perlu diketahui barbeque berbeda dengan proses grill atau bakar. Butuh waktu lama untuk proses marinasi dan memasak daging agar empuk dalam barbeque.

Jika Sedulur menggunakan daging kualitas premium untuk barbeque, misalnya seperti wagyu justru akan membuat daging jadi sia-sia. Daging kualitas premium tersebut, hanya cocok untuk proses bakar dengan waktu yang sangat sebentar.

Oia, Sedulur juga tidak perlu khawatir karena bahan-bahan untuk melakukan BBQ seperti saus, bumbu bubuk, hingga garam bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp. Selamat mencoba!