bagian daging sapi untuk bbq

Mengenal Bagian Daging Sapi

Tidak semua potongan daging sapi punya tekstur yang empuk. Sementara dalam teknik memasak barbeque atau bakar, proses masaknya cukup dengan waktu yang sebentar namun dengan panas api tinggi.

Selain itu dengan memilih potongan daging sapi yang pas, bisa dipastikan juga daging ini bisa menyerap bumbu dengan baik. Untuk itu berikut rekomendasi bagian daging sapi untuk BBQ terbaik dan enak Sedulur coba!

1. Kobe wagyu beef

bagian daging sapi untuk bbq
Unsplash/Moreau Tokyo

Meski daging sapi Kobe bukanlah potongan daging sapi yang spesifik, tapi daging sapi ini memiliki kualitas yang dianggap paling tinggi di dunia. Jenis steak ini biasanya disediakan untuk acara-acara khusus karena harganya yang mahal. Untuk dapat dianggap sebagai daging sapi wagyu kelas Kobe yang asli, diperlukan sertifikasi yang ekstensif.

Daging sapi Kobe yang asli harus berasal dari Kobe, Jepang. Marbling, kelembutan, rasa, dan kualitasnya terkenal di seluruh dunia. Tapi berhati-hatilah agar jangan sampai membuat hidangan daging sapi yang lezat ini rusak karena dimasak terlalu lama.

2. Rib eye atau iga

Jenis potongan daging rib eye memiliki tekstur juicy dan recommended banget buat Sedulur pilih saat barbeque. Bagian daging sapi yang memiliki kandungan lemak tinggi ini akan memberikan Sedulur rasa lezat saat menikmatinya. Untuk mengolah potongan rib eye,

Sedulur perlu melakukan proses grilling selama 10 hingga 12 menit untuk ketebalan daging 2,5 sentimeter dan 12 hingga 15 menit untuk ketebalan 3,8 sentimeter. Iga sapi bakar punya aroma yang wangi dan sedap, apalagi bila dioleskan dengan bumbu atau saus grill.

Sedulur bisa coba memanggang dengan tingkat kematangan medium rare untuk merasakan olahan rib eye yang nikmat.

3. Tenderloin

Bagian tengah badan, tepatnya berada di bagian tulang belakang, bahu, dan tulang panggung, Sedulur bisa mendapatkan jenis potongan tenderloin atau daging sapi has dalam.

Teksturnya jauh lebih empuk sehingga jenis potongan satu ini jadi pilihan favorit bagi penggemar daging empuk yang minim lemak. Bagian tenderloin juga dikenal dengan sebutan fillet mignon atau lulur.

Jadi, bila punya budget lebih, Sedulur bisa membeli potongan daging tenderloin. Jenis daging grill ini merupakan daging di pinggang bagian dalam sapi yang jarang digunakan untuk bergerak.

Meski sangat empuk, tenderloin punya kandungan lemak yang lebih rendah. Untuk memanggangnya Sedulur perlu waktu 45-60 menit untuk membuatnya matang sempurna. Setelah grilling, Sedulur bisa menyantapnya 10 menit kemudian untuk menikmati cita rasa yang sempurna.

4. Sirloin 

Sirloin atau daging has luar termasuk salah satu jenis potongan daging sapi paling populer. Tak hanya karena harganya terjangkau, tapi juga memiliki serat daging yang halus dengan tekstur cukup keras.

Diambil dari bagian bawah iga hingga ke bagian luar dari daging has dalam. Kalau Sedulur mau dagingnya lebih lembut, terlebih dulu marinasi dengan garam kering selama 1 hari atau bisa juga rendam dengan nanas selama 1 jam.

5. Top sirloin

Ada juga daging top sirloin, atau bagian atas sirloin yang bisa Sedulur jadikan opsi. Bagian daging sapi untuk BBQ ini punya harga lebih murah, tapi rasanya juga tak kalah sedap. Potongan daging top sirloin membentang dari punggung bawah ke tulang pinggul sapi. 

Cara mengolah top sirloin yaitu memanggang hingga kematangan medium rare agar teksturnya tetap empuk dan lembut. Potongan daging ini punya kandungan lemak yang rendah dan tidak bertulang. Cocok untuk Sedulur jadikan daging saat pesta BBQ!

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Saus Blackpepper yang Enak dan Terjangkau