bagian daging sapi untuk bbq

6. Striploin 

Unsplash/Kyle Mackie

Bagian striploin atau top loin diambil dari potongan daging yang menyelimuti bagian tenderloin. Sedulur bisa menyebut jenis ini dengan sebutan New York Cut, Kansas City Steak, Shell Steak, ataupun Delmonico.

Memiliki kandungan lemak yang sedikit lebih banyak dari potongan tenderloin, sirloin tetap lezat dinikmati. Potongan ini memiliki tekstur empuk dan tetap juicy.

7. Brisket

Meski lebih sering ditemukan pada olahan masakan berkuah, jenis potongan daging brisket bisa jadi pilihan yang tepat untuk barbeque. Bagian daging yang dikenal dengan nama sandung lamur ini diambil dari bagian bawah sekitar ketiak sapi.

Meski awalnya memiliki tekstur sedikit keras, tapi kalau Sedulur bisa mengakali cara mengolahnya, brisket juga enak buat jadi menu barbeque. Supaya empuk, marinasi daging dengan nanas dalam waktu beberapa menit.

Tipsnya adalah merendam daging brisket dalam air selama lebih dari 7 jam, kemudian marinasi dengan bumbu dalam waktu lebih lama.

8. New York strip

Bila suka dengan tekstur daging yang lembut dan juicy, Sedulur bisa memilih New York Strip sebagai pilihan daging grilling. Potongan daging ini diambil dari short loin (pinggang sapi bagian tengah belakang) tanpa tulang.

Cara mengolah New York Strip sangatlah simple, Sedulur hanya perlu menambahkan bumbu sederhana seperti garam atau lada saat memanggang. Sedulur juga bisa menambahkan mentega atau margarin untuk memberikan cita rasa gurih ketika selesai grilling.

9. T-Bone

Serupa dengan namanya, tekstur potongan daging sapi ini memiliki tulang seperti berbentuk huruf T yang masih menempel pada bagian tengahnya. Bagian T-bone diambil dari bagian bawah daging has sampai ke bagian bawah punggung. Memiliki tekstur yang empuk, T-bone juga masuk dalam deretan pilihan favorit saat barbeque. Kalau Sedulur sedang diet, bisa lebih memilih jenis potongan ini.

Sekilas, daging T-Bone terlihat mirip dengan Porterhouse. Kandungan lemak T-Bone lebih rendah, tapi tak kalah juicy dengan potongan daging lainnya. T-Bone termasuk bagian daging sapi premium, cukup Sedulur olah dengan bumbu sederhana untuk menikmati cita rasa daging yang lezat.

10. Porterhouse

Jenis daging ini sebenarnya diambil dari potongan T-bone, tapi dipotong secara horizontal. Cara potong ini membuat bagian porterhouse memiliki lapisan tenderloin yang lebih banyak dibanding bagian T-bone. Memiliki tekstur daging yang lumayan empuk, Sedulur cukup memanggangnya dalam waktu sekitar 10 hingga 13 menit saja.