Ayam goreng crispy

Ayam goreng crispy ala restoran memang memiliki tempat yang cukup spesial bagi para pecinta kuliner. Hal ini tidak lepas dari gurih dan renyahnya tepung ayam berbeda jauh dengan ayam goreng biasa.

Bahkan, setelah menyantap ayam goreng crispy, kita terkadang ingin rasanya membuat sendiri di rumah. Bagi Sedulur yang ingin mencoba membuat ayam goreng crispy ala restoran cepat saji. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

BACA JUGA: Manfaat & Bahaya Bunga Telang yang Harus Diwaspadai!

Rahasia renyah ayam crispy restoran

cara membuat ayam goreng crispy
Unsplash

Mengutip dari laman Stuff, rahasia kerenyahan tepung pada ayam goreng restoran tidak lepas dari teknik membumbui ayam yang sempurna dan merata. Teknik ini sangat detail dan spesifik, khususnya pada bagian melapisi tepung pada ayam goreng dan lama penggorengannya

-->

Seperti dijelaskan oleh salah seorang pegawai KFC di Inggris bernama Jo. Dia mengungkapkan teknik tersebut dalam acara Secrets of the Fast Food Giants. Acara tersebut merupakan serial dokumenter yang membedah teknik-teknik rahasia para koki dalam membuat ayam goreng tepung dari balik layar restoran cepat saji di dunia.

Dalam wawancara spesial tersebut, terdapat bagian dimana ayam yang akan dimasak dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian dan dilumuri lapisan tepung.

Untuk mendapatkan lapisan tepung yang tepat, diperlukan ketepatan dalam membalik dan melihat. Semua ayam yang masuk ke dalam wadah tepung akan dibolak-balik dan dilapisi tepung hingga 10 kali, kemudian ditekan-tekan sebanyak tujuh kali untuk mendapatkan lapisan tepung yang sempurna.

Kemudian, ayam yang telah dilumuri tepung dimasak selama 15 menit.  Untuk detail teknik dan tips memasak ayam goreng crispy, Sedulur bisa ikuti langkah berikut ini.

BACA JUGA: 5 Teknik Menggoreng Yang Bikin Makanan Matang Sempurna

1. Buat adonan tepung yang tepat

Teknik ayam goreng kfc
SEA Asia

Untuk bisa membuat ayam goreng crispy ala restoran yang enak, Sedulur harus memperhatikan bahan campuran pada tepung. Misalnya, dalam proses pelapisan ayam, Sedulur bisa mengkombinasikan tepung terigu, sagu, dan tepung beras.

Rumus perbandingan yang bisa Sedulur gunakan adalah 4:1:1, yang berarti ada 4 takaran tepung terigu, 1 takaran tepung sagu, dan 1 takaran tepung beras.

Melihat banyaknya jenis tepung, pasti Sedulur mengira bahwa untuk membuat ayam ini pasti mahal. Namun, ternyata tidak lho Sedulur, harga-harga tepung di atas cukup murah dan bisa dibeli secara online dan offline.

Jika Sedulur tertarik untuk membeli bahan ini secara online, bisa mencoba download Aplikasi Super karena banyak jenis tepung yang dijual dari terigu sampai tepung beras. Tak hanya itu, Sedulur juga bisa mendapatkan banyak promo dan fasilitas gratis ongkir lho. Menarik banget bukan? Jadi buran coba belanja di Aplikasi Super ya.

Selain komposisi tepung, Sedulur juga tidak boleh sembarangan mencampur tepung tersebut dengan air atau telur. Karena untuk menciptakan kerenyahan yang maksimal, tepung harus dicampur dengan air es.

2. Pijat ayam saat ditepungi

Ayam tepung
Good News From Southeast Asia

Jika Sedulur berpikir kunci kerenyahan ayam goreng crispy ala restoran hanya pada bagian tepungnya saja, maka itu adalah kesalahan besar. Agar tepung bisa meresap dan menyatu dengan ayam, perlu dilakukan pijatan kecil pada ayam saat proses pelapisan.

Dilansir dari Taste of Home, proses ini tak hanya membuat adonan tepung menempel dengan mantap di ayam, tapi juga membuat ayam menjadi lebih lembut saat selesai dimasak.

Sedulur cukup mencubit-cubit daging ayam yang sudah diberi tepung kering menggunakan jari. Setelah itu, ayam yang sudah tertutupi dengan tepung juga bisa diremas lembut agar memiliki tekstur tepung yang menarik.

BACA JUGA: Perbedaan Junk Food dan Fast Food, Jangan Salah Lagi!

3. Perhatikan waktu mendiamkan ayam

Adonan tepung crispy
Rock Recipes

Setelah proses pemberian tepung pada ayam, Sedulur harus mendiamkan dalam jangka waktu tertentu lho. Proses ini biasa dikenal dengan nama resting. Selama proses ini, jangan diamkan ayam terlalu lama yak arena bisa membuat tepung meresap air yang dikeluarkan oleh daging.

Jadi setelah proses penepungan selesai, Sedulur bisa mendiamkan ayam selama kurang lebih 5 menit sebelum digoreng.

4. Gunakan teknik deep fry

cara membuat ayam goreng crispy
Kitchen Stories

Langkah selanjutnya agar Sedulur bisa membuat ayam goreng crispy ala restoran yang renyah adalah pada saat penggorengannya. Dimana Sedulur harus menggunakan teknik deep fry dengan minyak banyak.

Teknik ini membuat ayam akan tergoreng secara menyeluruh sehingga semua bagian ayam menjadi matang sempur. Teknik deep fry juga membuat tepung dari ayam menjadi lebih krispi dan tidak keras. Proses penggorengan sendiri harus dilakukan dengan minyak yang benar-benar panas. Kalau tidak, adonan ayam yang digoreng akan sangat berminyak.

5. Jangan aduk minyak saat proses penggorengan

cara membuat ayam goreng crispy
Pexels

Terakhir tips yang mungkin cukup sepele tapi harus Sedulur perhatikan. Karena menggoreng ayam tepung itu tidak boleh diaduk terlalu sering. Sedulur harus mendiamkan ayam selama proses penggorengan agar tepung yang sudah dibentuk tidak pecah dan rusak.

Ayam goreng crispy memang jadi salah satu makanan yang banyak disukai. Tak hanya karena teksturnya yang renyah, ayam goreng crispy juga memberikan sensasi lain saat mengkonsumsi ayam.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba membuat sendiri ayam goreng crispy ala restoran, bisa coba tips di atas ya. Selamat mencoba!