aplikasi kamera terbaik

Aplikasi kamera terbaik menjadi populer beberapa tahun belakangan seiring dengan masifnya penggunaan media sosial. Seperti yang Sedulur ketahui, berbagai platform media sosial telah menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling berkomunikasi hingga berbagi konten dalam bentuk foto maupun video. Hal ini akhirnya mendorong para pengguna untuk dapat mengambil foto terbaik dan kemudian dibagikan di akun mereka masing-masing.

Dalam hal ini, aplikasi kamera terbaik yang bisa diakses melalui smartphone dianggap sebagai jalan keluar dari permasalahan tersebut. Sebab, mereka cukup menggunakan aplikasi tersebut untuk dapat memperoleh hasil foto yang ciamik tanpa harus memiliki kamera profesional. Belum lagi ada sejumlah aplikasi yang memiliki fitur berupa filter dan stiker yang membuat hasil foto semakin menarik sekaligus trendy.

Berikut ini rangkuman 22 aplikasi kamera terbaik untuk ponsel berbasis Android dan iOS yang bikin fotomu jadi makin ciamik. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: 12 Aplikasi Karaoke untuk PC Terbaik, Bisa Nyanyi di Rumah!

-->

1. Camera FV-5, aplikasi kamera terbaik dengan fitur mirip DSLR

aplikasi kamera terbaik
Camera FV-5

Camera FV-5 merupakan aplikasi kamera terbaik yang banyak direkomendasikan. Bukan tanpa alasan, aplikasi ini memiliki sejumlah fitur, misalnya kontrol manual yang akan memberikan pengalaman membidik objek seperti menggunakan kamera profesional DSLR. Melalui aplikasi ini, Sedulur bisa mengatur exposure, ISO, light metering, mode program, white balance, hingga shutter speed.

Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah Sedulur dapat menyimpan gambar hasil bidikan dalam berbagai format seperti PNG, JPG, dan RAW. Dengan demikian, Sedulur bisa memperoleh hasil jepretan layaknya foto profesional hanya dari smartphone.

2. Google Camera

Aplikasi kamera terbaik selanjutnya yang juga banyak direkomendasikan adalah Google Camera. Aplikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi, Google ini memiliki fitur yang lengkap. Misalnya adalah HDR+ dengan kendali eksposur ganda, Night Sight yang dapat menampilkan warna secara detail dalam kondisi minim cahaya, hingga Super Res Zoom yang mendukung pengambilan gambar secara jernih dan tajam.

Tak hanya memiliki fitur yang mendukung pengambilan gambar profesional, Google Camera juga dilengkapi fitur AR Sticker untuk mengambil foto dengan stiker lucu nan atraktif. Sayangnya, tidak semua ponsel cukup kompatibel untuk menjalankan aplikasi ini.

3. Adobe Lightroom

aplikasi kamera terbaik
Adobe Support

Sedulur mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Adobe Lightroom dikenal sebagai aplikasi untuk menyunting atau editing foto yang cukup populer. Ternyata selain bisa digunakan untuk mengedit foto, aplikasi ini juga bisa menghasilkan foto yang bagus. Sebab, ada beragam fitur yang akan mendukung pengambilan gambar sehingga Sedulur bisa memperoleh hasil bidikan layaknya menggunakan kamera profesional.

Misalnya adalah fitur kontrol manual serta foto RAW. Tak hanya itu, ada pula beragam filter dan efek yang bisa Sedulur gunakan untuk mempercantik foto yang diambil.

4. HedgeCam 2: Advanced Camera

Aplikasi kamera terbaik lain yang punya fitur layaknya kamera profesional adalah HedgeCam 2: Advanced Camera atau lebih dikenal dengan nama HedgeCam 2. Beberapa fitur yang ditawarkan, di antaranya adalah white balance, ISO, dan pengaturan exposure. Selain itu, Sedulur juga bisa mengatur efek warna serta memanfaatkan mode HDR dan DRO yang membuat hasil bidikan kamera menjadi lebih baik.

BACA JUGA: 10 Aplikasi Penghasil Diamond ML yang Terbaru dan Gratis!

5. ProCapture

Google Play

Rekomendasi aplikasi kamera selanjutnya adalah ProCapture. Sesuai namanya, aplikasi ini diklaim bisa mendukung kegiatan fotografi layaknya menggunakan kamera profesional. Hal ini tentu menarik terlebih untuk Sedulur yang hobi traveling karena tidak perlu repot membawa kamera berukuran besar.

Selain itu, ada beragam fitur yang dimiliki kamera ini untuk mendukung hasil bidikan yang menakjubkan. Di antaranya adalah fitur wide shot mode dan mode panorama. Jika masih kurang puas dengan hasil foto, Sedulur bisa langsung melakukan editing di aplikasi yang sama. Sehingga Sedulur bisa menghemat ruang penyimpanan di smartphone karena tidak perlu memasang banyak aplikasi untuk mengambil gambar dan editing.

6. VSCO Cam, aplikasi kamera terbaik sekaligus bisa edit gambar

Sedulur yang merupakan pengguna aktif media sosial tentu tidak asing dengan VSCO Cam. Aplikasi ini sempat viral beberapa tahun lalu berkat beragam fitur yang ada di dalamnya. VSCO sendiri banyak digunakan oleh penggemar street photography dan para content creator. Hal ini dikarenakan adanya beragam tool seperti pengaturan tone foto yang membuat hasil jepretan semakin ciamik. Selain itu, aplikasi ini juga terkenal dengan efek vintage yang khas.

7. Open Camera

Google Play

Sedulur yang mencari aplikasi kamera dengan size ringan bisa mencoba Open Camera. Sebab, aplikasi satu ini tidak memakan banyak memori RAM maupun memori internal sehingga tidak akan memberatkan smartphone Sedulur.

Meski begitu, fitur yang ditawarkan Open Camera tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, ada beragam fitur ataupun tool yang bisa mendukung kegiatan fotografi menjadi lebih mudah namun tetap menghasilkan bidikan gambar yang spektakuler. Beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini adalah auto stabilize, color effects, scene mode, ISO, kontrol jarak jauh, dan noise reduction saat merekam video.

8. Polarr

Rekomendasi aplikasi kamera terbaik yang selanjutnya adalah Polarr. Sama seperti beberapa aplikasi lain yang telah disebutkan sebelumnya, Polarr sebenarnya merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk keperluan editing foto. Namun, Polarr juga dilengkapi dengan fitur kamera yang dapat menghasilkan foto menakjubkan.

Sebagai aplikasi untuk menyunting foto, Polarr memiliki beragam fitur seperti exposure, contrast, color balance, dan fitur lain yang bisa digunakan untuk akurasi warna foto. Oleh karenanya, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung aktivitas fotografi Sedulur dengan hanya bermodalkan smartphone Android.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Aplikasi VPN Gratis Terbaik, Pakai Saat Darurat

9. Camera MX

99

Camera MX merupakan aplikasi kamera terbaik yang banyak direkomendasikan. Aplikasi keluaran MAGIX ini disebut telah diunduh dan dipasang sebanyak lebih dari 10 juta kali. Lantas, seperti apa keunggulan aplikasi kamera satu ini?

Camera MX hadir dengan berbagai macam fitur yang mendukung pengambilan gambar yang memukau. Misalnya fitur auto focus, auto optimization, dan HDR yang bisa menghasilkan gambar berkualitas meski di kondisi minim cahaya. Di samping itu, aplikasi ini juga diklaim bisa menangkap gambar secara cepat dengan adanya fitur mode speed burst. Fitur ini memungkinkan Sedulur untuk mengambil 50 gambar dalam hitungan detik.

10. Bacon Camera

Aplikasi kamera terbaik berikutnya adalah Bacon Camera. Mulanya, aplikasi ini hanya ditujukan untuk smartphone OnePlus One. Namun kemudian dikembangkan sehingga bisa dioperasikan pada smartphone Android lainnya.

Seperti halnya aplikasi kamera yang lain, Bacon Camera juga dilengkapi dengan sejumlah fitur. Di antaranya ialah pengaturan ISO, white balance, dan fokus.

11. Camera Zoom FX, aplikasi kamera terbaik dengan fitur speed burst

Google Play

Camera Zoom FX merupakan aplikasi kamera dengan fitur unggulan speed burst yang bisa memotret hingga 50 gambar dalam satu detik. Mode ini sangat berguna jika Sedulur ingin mengambil gambar aksi tanpa perlu takut akan terlewat satu gerakan.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga didukung beragam fitur lain yang biasa ditemukan pada kamera DSLR, seperti format RAW, ISO, hingga exposure dan pengaturan jarak fokus.

12. Cymera

Aplikasi kamera terpopuler yang patut Sedulur coba berikutnya adalah Cymera. Aplikasi dari SK Communications ini hadir dengan beragam filter, efek, serta stiker yang membuat hasil jepretan menjadi lebih ciamik dan menarik. Tak berhenti sampai di situ, ada pula sejumlah tool yang bisa digunakan untuk menyunting hasil bidikan.

BACA JUGA: 14 HP Gaming 1 Jutaan Terbaik & Terbaru 2022

13. Night Camera, aplikasi kamera terbaik untuk kondisi minim cahaya

aplikasi kamera terbaik
Ting Blog

Kondisi minim cahaya kerap menjadi tantangan tersendiri bagi seorang fotografer. Kabar baiknya, Sedulur bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan aplikasi kamera bernama Night Camera. Sesuai namanya, aplikasi ini didesain untuk mendukung pengambilan gambar di tempat dengan pencahayaan rendah. Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah hasil foto yang diperoleh akan terlihat jelas dengan resolusi penuh dan tanpa blur. 

14. Camera iPhone 11

Smartphone berbasis iOS yakni iPhone telah lama dikenal dengan kualitas kamera yang mumpuni. Sayangnya, harga iPhone terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan kebanyakan smartphone Android. Menariknya, ada aplikasi kamera terbaik yang bisa memberikan pengalaman mengambil foto seperti menggunakan iPhone.

Adalah Camera iPhone 11, aplikasi kamera yang didesain untuk menghasilkan foto seperti menggunakan iPhone. Aplikasi ini diklaim bisa menghasilkan foto berkualitas meski diambil dalam kondisi low light dan backlight. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menampilkan antarmuka kamera ala iPhone 11.

15. Kuji Cam

Ginny Pix Apps

Sedulur yang menyukai foto bergaya vintage harus mencoba aplikasi kamera satu ini. Kuji Cam merupakan aplikasi kamera dari Ginny Pix yang dikenal dengan ciri khas berupa hasil foto dengan efek vintage, terutama dari segi tone atau warna. Tak hanya itu, masih ada sejumlah filter dan efek lain yang bisa diaplikasikan untuk membuat hasil foto makin ciamik.

16. Footej Camera

Footej Camera merupakan salah satu aplikasi kamera terbaik dengan lebih dari 5 juta kali unduhan. Aplikasi ini menghadirkan pengalaman memotret seperti menggunakan kamera profesional. Meski begitu, tampilan antarmuka aplikasi ini terbilang cukup sederhana sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru.

BACA JUGA: 90 Contoh Bio IG Keren Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris

Aplikasi kamera terbaik untuk selfie dengan beragam filter

Selain aplikasi kamera untuk mengambil gambar layaknya kamera profesional, ada pula aplikasi yang punya fitur unggulan berupa beragam filter lucu. Deretan aplikasi berikut ini terutama banyak digemari untuk mengambil gambar selfie atau swafoto. Di antaranya adalah SNOW, B612, dan platform media sosial Snapchat. Berikut daftar aplikasi kamera terbaik untuk selfie selengkapnya.

1. SNOW

aplikasi kamera terbaik
Google Play

Rekomendasi yang pertama adalah SNOW. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur menarik seperti filter real make up, make up natural, serta berbagai stiker yang membuat hasil selfie semakin keren. Sedulur juga bisa menyunting hasil selfie sehingga foto menjadi kian menakjubkan.

2. Snapchat

Snapchat sebenarnya merupakan platform media sosial, seperti Instagram ataupun Twitter. Namun aplikasi ini memiliki keunikan berupa adanya beragam filter yang bisa digunakan untuk mengambil gambar selfie menjadi lebih menarik. Sedulur bisa langsung membagikan hasil selfie pada akun Snapchat yang dimiliki ataupun mengunduhnya terlebih dahulu dan kemudian membagikannya ke platform lain.

3. B612

App Store – Apple

B612 merupakan aplikasi kamera terbaik untuk selfie yang memiliki banyak peminat. Selain bisa memiliki filter untuk membuat tampilan wajah menjadi flawless, aplikasi ini juga punya beraneka ragam filter dan stiker trendy. Tak heran, banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto lucu bersama teman atau kerabat.

4. BeautyPlus

Sesuai namanya, BeautyPlus merupakan aplikasi kamera dengan fitur unggulan berupa efek cantik dan skin editor. Dengan menggunakan aplikasi ini untuk selfie, Sedulur bisa memperoleh hasil bidikan dengan kulit yang lebih mulus.

5. Camera 360

Google Play

Aplikasi kamera terbaik untuk selfie Camera 360 juga memiliki fitur andalan berupa efek atau filter yang bisa mempercantik tampilan wajah. Hal ini dikarenakan efek tersebut membuat kulit terlihat flawless. Seperti diketahui, kulit mulus masih menjadi dambaan banyak orang sehingga aplikasi ini dianggap sebagai solusi instan. 

6. Candy Camera

Candy Camera merupakan salah satu aplikasi kamera terbaik yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta kali. Aplikasi ini terutama banyak digemari untuk melakukan selfie atau swafoto. Sebab, Candy Camera memiliki beragam filter untuk mempercantik wajah dan aneka tool yang bisa digunakan untuk melakukan editing pada foto.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaik 2022 Beserta Harganya

Tips foto dengan kamera HP

The School of Photography

Selain menggunakan aplikasi kamera, ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan saat mengambil gambar atau berfoto menggunakan kamera HP. Dengan begitu, Sedulur dapat memperoleh hasil bidikan yang tak kalah memukau dengan foto yang diambil dengan kamera profesional. Berikut beberapa tips foto dengan kamera HP yang dapat Sedulur simak.

  • Perhatikan pencahayaan di sekitar objek

Pencahayaan menjadi hal yang penting diperhatikan ketika mengambil gambar. Sebab, kondisi pencahayaan akan menentukan hasil foto yang diperoleh, terutama terkait ketajaman warna dari objek yang difoto.

  • Perhatikan angle

Angle atau sudut pengambilan gambar juga dapat memberikan dampak cukup signifikan pada hasil foto yang diperoleh. Secara umum, dikenal tiga jenis angle dalam pengambilan gambar. Yaitu low angle atau mengambil foto dengan posisi kamera lebih rendah dari objek, high angle atau mengambil foto dengan posisi kamera lebih tinggi, dan eye angle atau mengambil foto dengan posisi kamera sejajar dengan objek.

  • Manfaatkan gridline

Umumnya kamera HP dilengkapi dengan gridline atau garis bantu berupa garis vertikal dan horizontal. Garis-garis tersebut dapat membantu Sedulur menentukan posisi objek agar tidak miring dan foto yang dihasilkan menjadi lebih bagus. Sedulur tak perlu khawatir, karena gridline tidak akan muncul pada hasil foto.

Itu dia 22 rekomendasi aplikasi kamera terbaik untuk ponsel Android dan iOS yang bisa Sedulur coba. Deretan aplikasi di atas bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin mendapatkan hasil jepretan dari ponsel layaknya menggunakan kamera profesional.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.