Tahukah Sedulur tentang apa saja makanan terpedas di dunia? Sedulur yang sangat doyan menantang lidah dengan makanan pedas, pastinya sudah akrab dengan berbagai olahan sambal khas Nusantara yang cocok dijadikan teman santapan sehari-hari. Nasi dan lauk pun semakin nikmat jika ditambah dengan sambal-sambal tersebut.

Akan tetapi, tidak hanya Indonesia saja loh, yang memiliki olahan makanan super pedas tersebut. Kira-kira negara mana lagi yang mempunyai makanan terpedas di dunia? Temukan jawabannya di bawah ini!

BACA JUGA: Baru Mulai Usaha? Ini Bisnis Makanan Untuk Pemula yang Bisa Dicoba!

Makanan terpedas di dunia, apa saja?

Berikut adalah daftar 10 makanan terpedas di dunia dari berbagai negara, mulai dari kimchi jjigae dari Korea Selatan hingga tom yum dari Thailand.

-->

1. Korea Selatan: Kimchi Jjigae

makanan terpedas di dunia
Cheap and Cheerful Cooking

Makanan terpedas yang pertama datang dari Korea Selatan. Selain sering dikenal dengan budaya K-pop, Negeri Ginseng tersebut ternyata sangat kaya akan berbagai hidangan yang sangat menggugah selera. Terlebih lagi karena masyarakat Korea Selatan gemar mengolah masakan dengan bermacam-macam bumbu rempah dan juga memasaknya dalam jumlah banyak.

Apabila Sedulur merupakan salah satu penggemar makanan terpedas di dunia, maka tidak ada salahnya bagi Sedulur untuk mencoba langsung bagaimana rasa kimchi jjigae. Kimchi jjigae merupakan makanan khas Korea Selatan berupa sup pedas yang direbus di dalam panci bersama kimchi (sayur fermentasi) dan air cabai dari kimchi. Sup ini berisi sayuran (sawi putih, daun bawang), tahu, dan makanan laut atau daging babi. Kimchi jjigae sangat cocok dimakan bersama nasi yang hangat.

BACA JUGA: 10 Makanan Termurah yang Mengandung Sumber Protein

2. Thailand: Tom Yum

makanan terpedas di dunia
Hot Thai Kitchen

Tom yum adalah sup khas dari Negeri Gajah Putih dengan bahan utama udang, ayam, ikan, dan makanan laut lainnya. Ia sering dicampur juga dengan jamur dan kuah khas rempah-rempah setempat.

3. London: Bengal Village Phaal Curry

makanan terpedas di dunia
Park Grand London Paddington

Tahukah Sedulur bahwa sup kari adalah salah satu makanan yang lumrah dijumpai di jalanan London, Inggris? Pada era kolonial dahulu, banyak sekali imigran dari India, Pakistan, dan Bangladesh yang datang ke Inggris untuk bekerja sebagai buruh. Dari fenomena tersebut, warga imigran Asia Selatan mulai memperkenalkan hidangan khas mereka, yaitu kari.

Dengan berbagai macam rempah yang disesuaikan lidah orang Eropa, kari justru semakin populer dari masa ke masa. Bahkan, kari juga disebut sebagai ‘makanan nasional adaptasi’ oleh warga setempat.

Salah satu menu sup kari yang dinobatkan sebagai makanan terpedas di dunia adalah bengal village phaal curry. Saking pedasnya, banyak orang yang bilang bahwa aroma cabai dan karinya sudah bisa tercium dari jarak jauh, loh Sedulur!

BACA JUGA: Daftar Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

4. Indonesia: Sambal Ulek

makanan terpedas di dunia
Lifestyle Okezone

Sambal ulek adalah pelengkap makanan berat di Indonesia yang berupa saus. Bahan utamanya adalah cabai segar yang bisa ditambahkan rempah-rempah lain sesuai selera.

5. Amerika Serikat: Suicide Chicken

makanan terpedas di dunia
USA Today

Dari Indonesia, kita sekarang beralih ke Amerika Serikat untuk menjelajah makanan terpedas di dunia. Di Negeri Paman Sam tersebut, ada sebuah hidangan yang dinamakan suicide chicken. Sejatinya, ia hanyalah sayap ayam yang dibumbui berbagai macam saus dan disajikan dengan potongan kentang. 

Akan tetapi, saus-saus tersebut adalah campuran dari saus terpedas yang ada di Amerika Serikat! Mulai dari saus Tabasco, saus barbekyu, dan juga saus kaldu ayam. Wah, sudah terbayang seperti apa rasanya di lidah, ya!

BACA JUGA: Mengenal 7 Makanan Khas Mojokerto Yang Nikmat!

6. Ethiopia: Sik-sik wat

Dessert Before Dinner

Sik-sik wat adalah olahan daging sapi rebus spesial dari negara Etiopia. Daging sapi tersebut direbus selama berjam-jam kemudian dimasak di dalam kuah cabai merah yang sangat pedas.

7. Jamaica: Jerk Chicken

Food & Wine

Jamaika juga memiliki makanan terpedas di dunia yang sangat tersohor. Nama dari hidangan tersebut adalah jerk chicken. Jerk chicken sendiri merupakan variasi dari ayam panggang yang dilumuri bumbu khas rempah-rempah Jamaika. Ayam panggang ini pastinya memiliki cita rasa yang gurih, asih, sedikit asam, dan juga pedas.

Dengan perasan air jeruk lemon dan juga potongan nanas, pasti rasa asamnya ikut mendominasi rasa pedas dari jerk chicken tersebut. Penasaran? Langsung cari resep Jamaican jerk chicken di internet saja, yuk Sedulur!

8. Tiongkok: Sichuan Hotpot

Asian Fusion Restaurant

Sichuan hotpot adalah cara memasak sup khas Tiongkok, dengan menggunakan kompor kecil di tengah meja makan. Bahan masakan tersebut biasanya masih berbentuk mentah, berisikan daging, sayur, jamur, pangsit, makanan laut, serta kaldu khas daerah Sichuan yang sangat pedas.

9. Peru: Papa a la Huancaína

Amigofoods

Mungkin di antara Sedulur masih banyak yang belum pernah mendengar nama salah satu makanan terpedas di dunia ini. Berasal dari negara Peru, banyak orang yang menyebutkan bahwa papa a la huancaína adalah hidangan yang wajib dicoba pada saat menyambangi negara tersebut.

Papa a la huancaína merupakan kentang rebus yang dibaluri bumbu kuning terang. Bumbu itu sendiri berasal dari campuran berbagai macam rempah-rempah ekstra pedas dan keju lumer. Sekali gigit, Sedulur pastinya akan merasakan sensasi pedas menggelitik serta lelehan keju di mulut. Pasti penasaran, kan?

10. Haiti: Griot

Conciously, Lisa

Makanan terpedas di dunia yang terakhir berasal dari Haiti. Bernama griot, ia adalah campuran dari daging babi yang direndam dalam air jeruk.

Nah Sedulur, demikian informasi singkat mengenai makanan terpedas di dunia. Pada paragraf di atas, telah kita ulas bersama bermacam-macam hidangan yang siap membakar lidah Sedulur dengan rasa pedas dan lezatnya, seperti griot dari Haiti, papa a la huancaína dari Peru, jerk chicken dari Jamaika, dan tentunya sambal ulek khas Indonesia.

Selain memiliki makanan terpedas di dunia seperti sambal ulek, ternyata Indonesia juga memiliki camilan super pedas yang sangat memanjakan lidah, lho! Camilan tersebut adalah basreng (bakso goreng) dan makaroni kering. Keduanya sangat terkenal karena memiliki paduan rasa gurih dan pedas.

Sama halnya seperti basreng dan makaroni kering dari Udalado yang dijamin dapat membuat Sedulur ketagihan! Udalado menawarkan cita rasa yang gurih dan pedas dengan aroma khas bumbu rempah Nusantara. Tersedia dalam berbagai varian (balado pedas, jeruk purut, cabai hijau), Udalado dapat dijadikan camilan sehari-hari menemani aktivitas santai Sedulur.

Yuk, segera dapatkan basreng dan makaroni kering Udalado hanya di Aplikasi Super dan warung Super Agen terdekat! Udalado, Pedas Selera Nusantara.