Protein merupakan salah satu zat gizi penting yang harus dipenuhi kebutuhannya. Dalam satu hari, orang dewasa membutuhkan setidaknya 50 gr protein dari makanan yang dikonsumsi. Nah, jika bujet yang Sedulur miliki pas-pasan, pilihlah sumber protein termurah untuk memenuhi kebutuhan gizi tanpa takut kantong jebol.

Sebenarnya, ada banyak sumber protein yang bisa Sedulur konsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein harian. Namun, beberapa diantaranya memiliki harga yang cukup mahal, sehingga tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan. Tapi tak perlu khawatir, masih banyak sumber protein lain dengan harga murah yang bisa Sedulur konsumsi.

Kira-kira, apa saja sumber protein yang murah dan bisa didapatkan dengan mudah? Berikut adalah 10 makanan sumber protein paling murah dan cocok untuk semua kalangan!

BACA JUGA: Daftar Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

-->

1. Edamame

protein termurah
iStock

Sumber protein murah yang pertama adalah edamame atau kedelai Jepang. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan camilan sehat yang lezat dan mengenyangkan. Meskipun tidak terlalu familiar di pasar tradisional, namun harga kacang ini di supermarket juga cukup terjangkau, yakni hanya sekitar Rp20.000 – Rp34.000 saja per kilogram. 

Kacang ini cukup kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh. Setidaknya, ada sekitar 17 gram protein dalam 155 gram edamame. Kacang yang juga bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat ini bisa Sedulur olah dengan cara direbus atau dikukus saja.

2. Ikan sarden

protein termurah
iStock

Siapa yang tidak kenal dengan ikan sarden? Ikan dengan bentuk tubuh mungil ini menjadi salah satu sumber protein populer yang dijual dengan harga mulai dari Rp19.000 – Rp23.000 saja per kilogram. Selain membeli dalam kondisi segar, Sedulur juga bisa mendapatkan ikan ini dalam kemasan kaleng yang sudah dibumbui.

Setidaknya ada 23 gram protein dalam 92 gram ikan sarden. Selain itu, ikan ini juga mengandung zat gizi lain, seperti omega-3. Kalsium, vitamin B12, dan berbagai mineral lainnya. Kandungan ini membuat ikan sarden memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengontrol kadar gula dalam darah. 

3. Tahu

protein termurah
iStock

Tahu menjadi salah satu makanan yang hampir selalu ada di setiap kota di Indonesia. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini biasa dijajakan sebagai gorengan di pinggir jalan, atau diolah menjadi berbagai makanan lezat dengan campuran bahan makanan lain. 

Sumber protein termurah ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp6.000 saja untuk lima potong tahu berukuran sedang. Dengan kandungan 8-14 gram protein dalam 100 gram tahu, bahan makanan ini sangat digemari oleh banyak orang, terutama mereka yang menginginkan asupan protein dengan harga terjangkau.  

BACA JUGA: Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan Terlalu Sering

4. Tempe

protein termurah
iStock

Ada tahu, tak lengkap jika belum ada tempe. Bahan makanan yang juga terbuat dari kacang kedelai ini juga mengandung cukup banyak protein, yakni sekitar 14 gram protein per 100 gram tempe. Selain itu, tempe juga kaya akan prebiotik. Hal itu membuat tempe sangat bermanfaat dalam menjaga sistem pencernaan dan mengurangi risiko inflamasi. 

Bahan makanan yang juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan ini biasanya dijual dengan harga sekitar Rp13.000 hingga Rp17.000 per 500 gram. Sedulur pun bisa memasaknya menjadi berbagai macam masakan lezat, seperti tempe bacem dan kering tempe. 

5. Telur 

telur
iStock

Sumber protein termurah berikutnya adalah telur. Bahan makanan yang biasa dijual Rp21.000 sampai Rp24.000 untuk 1 kilogram ini mengandung setidaknya 6 gram protein dalam setiap butirnya. Jika dalam satu kilogram telur terdiri dari 12 butir, maka Sedulur bisa mendapatkan sekitar 72 gram protein sekaligus. 

Selain protein, telur juga mengandung lemak, mineral, vitamin D, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi telur saat sarapan juga dapat menekan produksi hormon ghrelin, yakni hormon yang membuat seseorang merasa lapar. Dengan begitu, insulin dan gula darah akan tetap stabil. 

6. Berbagai jenis ikan

ikan
iStock

Selain ikan tuna dan salmon, beberapa jenis ikan juga dapat dijadikan sumber protein yang dijual dengan harga murah. Misalnya saja seperti ikan tongkol, ikan mujair, ikan teri, ikan patin, ikan lele, ikan nila, ikan kembung, dan ikan bandeng. 

Beberapa jenis ikan yang telah disebutkan di atas memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ikan tuna dan salmon. Meskipun lebih murah, namun ikan-ikan tersebut tetap kaya akan nutrisi, seperti protein, omega-3, zat besi, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh.  

BACA JUGA: Kenali Makanan yang Mengandung Kalsium Selain Susu!

7. Susu sapi

sumber protein
iStock

Untuk melengkapi konsumsi bahan makanan di atas, Sedulur juga bisa melengkapinya dengan susu sapi untuk memenuhi asupan protein harian. Hal ini karena dalam satu gelas susu, tubuh bisa menyerap hingga sekitar 8 gram protein.

Sebenarnya, harga susu sapi berbeda-beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Namun, jika Sedulur ingin membeli di minimarket terdekat dari rumah, setidaknya hanya butuh Rp17.000 – Rp22.000 untuk bisa mendapatkan satu liter susu yang kaya protein tersebut.

8. Selai kacang

sumber protein
iStock

Berikutnya adalah makanan olahan dari kacang, yakni selai kacang. Jika Sedulur ingin menambah asupan protein tubuh, maka selai kacang adalah pilihan yang tepat. Hal ini karena dalam dua sendok makan selai kacang, Sedulur bisa mendapatkan sekitar 8 gram protein.

Biasanya, selai kacang dijual dengan harga Rp40.000 untuk ukuran 325 gram. Jika satu takaran saji yang disarankan adalah 32 gram selai kacang, maka dalam satu kemasan bisa Sedulur konsumsi sebanyak 10 kali dengan harga setiap sajian hanya Rp4.000 saja.

Sedulur bisa mengonsumsi selai kacang dengan banyak cara. Mulai dari mengoleskannya dengan roti, buah, hingga menambahkannya dalam smoothie atau oatmeal. Bisa dibilang sebagai sumber protein termurah, bukan?

9. Kacang hijau

kacang hijau
iStock

Jenis kacang-kacangan lain yang juga tinggi akan kandungan protein adalah kacang hijau. Sedulur bisa mendapatkan sekitar 6 gram protein dalam setiap 100 gram kacang hijau yang dikonsumsi. 

Harga jualnya juga cukup terjangkau. Di pasar tradisional ataupun supermarket, kisaran harga untuk satu kilogram kacang hijau dijual Rp25.000 saja. Jumlah ini akan menjadi sangat banyak ketika dimasak, seperti misalnya saat dibuat menjadi bubur kacang hijau.

BACA JUGA: Mengenal Petis Udang, Bumbu Rahasia Makanan Khas Surabaya

10. Kacang tanah

kacang tanah
iStock

Jenis sumber protein termurah yang terakhir adalah kacang tanah. Bahan makanan yang biasa diolah menjadi roti, sambal, dan gorengan ini memang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Dala, setiap 100 gram kacang tanah, Sedulur bisa mendapatkan 26 gram protein untuk memenuhi kebutuhan harian.

Apalagi dengan harga yang sangat murah, yakni mulai dari Rp10.000 untuk 200 gram kacang tanah berkualitas, Sedulur tidak akan menyesal memilih kacang tanah sebagai sumber protein termurah yang juga bisa didapatkan dengan mudah.

Demikian informasi mengenai 10 makanan termurah yang mengandung sumber protein. Semoga informasi sumber protein termurah di atas dapat bermanfaat bagi Sedulur, terutama saat bujet yang dimiliki sedang pas-pasan. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.