Makanan khas Mojokerto

Mojokerto merupakan kota paling kecil yang ada di Indonesia. Namun, meskipun hanya memiliki luas 16,47 kilometer persegi, Mojokerto menyimpan banyak kuliner lezat lho. Bahkan, makanan khas Mojokerto sudah begitu dikenal masyarakat.

Salah satu makanan khas Mojokerto yang paling populer adalah onde-onde. Sedulur bisa menemukan cemilan manis ini di seluruh sudut Mojokerto. Tapi ada juga lho kuliner lain yang wajib Sedulur coba saat berkunjung ke sana. Penasaran ada apa saja? Mari simak ulasan tentang kuliner khas Bumi Mojopahit berikut ini.

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Sate bangil

Makanan khas Mojokerto
Pegi Pegi

Makanan khas Mojokerto yang pertama bernama sate bangil. Sate ini merupakan sate kambing yang disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

-->

Walaupun terlihat mirip dengan sate kambing yang ada di daerah lain. Sate bangil memiliki bumbu khas Mojokerto seperti menggunakan bawang merah dalam bumbunya.

Botok tempe

Makanan khas Mojokerto
Detik

Selanjutnya ada botok tempe sebagai salah satu makanan khas Mojokerto. Makanan ini merupakan perpaduan antara parutan kelapa dengan tempe. Bahkan, beberapa resep botok khas Mojokerto juga mencampurkan bahan lain seperti tahu, teri dan udang.

Makanan khas Mojokerto satu ini juga memiliki keunikan yang bisa menambah pengalaman kuliner Sedulur. Dimana botok tempe selalu disajikan dengan nasi jagung yang sangat terkenal di Jawa Timur.

BACA JUGA: Mengenal Pallubasa, Kuliner Berkuah Khas Makassar Super Nikmat!

Sate keong

Sate keong
Foodnesia

Kuliner khas Mojokerto yang tak kalah unik dan lezat adalah sate keong. Mungkin jika Sedulur tinggal di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta, sate ini cukup mudah dijumpai. Namun, keunikan sate ini berasal dari bumbu kacang pedasnya yang sangat nikmat.

Selain itu, keong yang digunakan adalah keong sawah yang cukup banyak dijumpai di wilayah Mojokerto. Jadi kalau Sedulur berkunjung ke kota ini, wajib sekali untuk mencoba sate keong.

Gulai entok

Gulai entok
That Fiji Taste

Salah satu makanan khas Mojokerto yang terkenal dengan kelezatannya adalah gulai entok. Kuliner dengan rasa gurih pedas ini berkembang pesat lantaran banyak peternak entok di wilayah Mojokerto.

Menu satu ini cocok banget untuk Sedulur yang bosan dengan hidangan daging kambing, sapi, atau juga ayam.

Kerupuk memble

Kerupuk memble
Kaskus

Makanan khas Mojokerto yang juga jadi cemilan terbaik untuk dicoba adalah kerupuk memble. Kerupuk dengan nama unik ini patut dicoba karena rasanya yang tidak biasa. Hal ini karena proses pembuatan kerupuk yang harus dilakukan secara khusus dan spesial.

Misalnya adalah proses memasak kerupuk yang harus menggunakan dua wajan sekaligus. Bentuk kerupuk ini juga bikin Sedulur pasti tertarik untuk menyantapnya.

BACA JUGA: Resep Omurice, Nasi Goreng Omelet dari Jepang Enak & Mudah

Bubur srunthul

Makanan khas Mojokerto
Pinterest

Nah, kuliner khas Mojokerto tak hanya yang gurih-gurih saja Sedulur. Ada juga makanan manis yang wajib Sedulur coba, salah satunya adalah bubur srunthul.

Kalau dilihat dari namanya, Sedulur pasti setuju kalau makanan ini unik. Bubur srunthul terbuat dari tepung sagu yang dibuat membentuk bulat. Bentuk inilah yang akhirnya membuat bubur ini diberi nama Srunthul.

Ciri khas rasa dari makanan satu ini tak hanya pada rasa manisnya saja, Sedulur bisa menemukan tekstur kenyal dan legi dalam seporsi bubur. Kalau Sedulur mencari menu sarapan yang tidak terlalu berat, maka makanan satu ini sangat cocok untuk dicoba.

Onde-onde

Makanan khas Mojokerto
Liputan6

Makanan khas Mojokerto yang terakhir adalah onde-onde. Yup, dari julukan kota saja, Mojokerto sering disebut sebagai Kota Onde-Onde dan ini membuat tidak afdol jika tidak memasukkan makanan bulat ini ke dalam daftar makanan khasnya.

Onde-onde dari Mojokerto dibuat dari tepung ketan. Isiannya pun sangat beragam, dari mulai kacang hijau sampai kacang merah. Pada bagian permukannya pun, onde-onde memiliki taburan biji wijen yang membuat rasanya semakin gurih.

Demikian tadi daftar makanan khas Mojokerto yang wajib banget Sedulur coba. Makanan-makanan di atas tak hanya terkenal dengan kelezatan rasanya, tapi juga keunikan bentuk dan cara membuatnya.