Peyek kacang salah satu camilan yang renyah dan gurih, bisa juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat makan. Mengkonsumsi peyek biasanya membuat kita kesulitan untuk berhenti. Satu-satunya hal yang membuat kita berhenti mengkonsumsi peyek adalah ketika peyek tersebut habis.

Meski saat ini masih banyak tersedia peyek yang bisa kita beli, namun keberadaan peyek sudah mulai jarang dan sulit ditemui. Membuat kita tidak bisa membelinya kapan saja. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini resep peyek yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Dijamin praktis dan super mudah dibuat. Yuk, kita cek!

BACA JUGA: Resep Kripik Pisang Spesial, Agar Renyah dan Enak!

Bahan yang dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan
lemonilo

Dalam resep peyek kacang, bahan yang Sedulur butuhkan untuk membuatnya adalah:

  • 300 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 350 gram kacang tanah, belah dua
  • 2 butir kuning telur
  • 130 ml santan instan
  • 4 sdt kaldu jamur
  • 12 lembar daun jeruk, buang tengahnya, lalu iris halus
  • 370 ml air

Bahan-bahan di atas merupakan bahan dasar dalam resep peyek kacang renyah. Sedulur membuat penyek semakin nikmat, Sedulur wajib menyiapkan bumbu-bumbu halus.

BACA JUGA: Resep Kerupuk Kulit Lumpia yang Lezat, Gurih & Renyah

Bumbu-bumbu halus

bumbu-bumbu halus
hellosehat

Bahan bumbu halus yang harus Sedulur dalam resep peyek renyah tahan lama adalah:

  • 10 siung bawang putih
  • 10 butir kemiri, sangrai
  • 2 sdt ketumbar butiran, sangrai
  • 4 ruas jari kencur, kupas
  • 1 sdt garam

BACA JUGA: Resep Tahu Tek Surabaya ala Penjual, Wajib Ada Bahan Ini Biar Enak!

Buat adonan peyek

buat adonan peyek kacang
kompas

Setelah bahan-bahan terkumpul, lanjut ke langkah dan cara membuat peyek kacang. Langkah pertama adalah membuat adonan. Lalu siapkan baskom ukuran besar. Masukkan tepung beras dan tepung sagu, tuangkan ari secara perlahan dan aduk secara rata. Tambahkan bumbu halus, kaldu jamur, kuning telur dan santan. Kemudia aduk rata.

Terakhir, tambahkan irisan daun jeruk, kacang tanah dan aduk kembali hingga rata. Jangan lupa cek rasa, jika rasa telah pas kemudian goreng sedikit adonan. Siapkan minyak untuk menggoreng, karena langkah selanjutnya dalam resep peyek kacang super renyah adalah menggorengnya.

BACA JUGA: Resep Seblak Ceker ala Warung Jalanan, di Jamin Nagih!

Goreng peyek

goreng peyek kacang
idntimes

Siapkan wajan, usahakan yang anti lengket. Panaskan minyak dengan jumlah yang banyak, agar peyek bisa tergoreng dengan sempurna. Ambil adonan peyek dengan menggunakan centong sayur atau sendok yang besar. Tuangkan memanjang di pinggir wajah di atas permukaan minyak. Lakukan hingga wajan penuh.

Goreng peyek hingga kering, lalu angkat dan lakukan hingga adonan habis. Siapkan koran untuk mengeringkan peyek. Karena peyek kacang adalah camilan yang tipis, harus benar-benar kering dari minyak agar memiliki teksture yang renyah. Agar resep rempeyek kacang sederhana berhasil dan renyah, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan.

Tips resep peyek kacang untuk jualan agar nikmat adalah dengan menyiram adonan dengan minyak ketika telah dicetak di pinggiran wajan. Hal tersebut dapat membuat peyek cepat gurih dan matang dengan sempurna. Baik dalam resep peyek kacang 250 gram dan resep peyek sederhana sekalipun, tips ini sangat penting untuk Sedulur ketahui.

Sekian penjelasan peyek kacang, semoga bisa membantu Sedulur untuk membuat sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan-bahan dalam resep di atas. Agar memudahkan Sedulur, bisa membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Tersedia lengkap bahan kebutuhan masak dengan kualitas terbaik dan pelayanan yang prima. Klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan langsung Aplikasi Super untuk membuktikannya.