scrambled egg

Telur merupakan bahan dasar makanan yang bisa diolah menjadi apa saja. Dengan teknik memasak apa saja, bentuk dan rasanya bakal tetap enak. Selain dijadikan telur ceplok, kamu juga bisa mencoba resep scrambled egg untuk memberikan variasi rasa dan tekstur agar tidak bosan.

Scrambled egg berasal dari telur yang dimasak di teflon dengan diorak-arik. Bagi orang Indonesia, masakan ini juga disebut sebagai telur orak-arik. Resep ini disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, teknik memasaknya yang mudah membuat masakan ini bisa disajikan dalam waktu 5 menit saja. 

Pssst, menu ini juga banyak disajikan di hotel mewah bintang lima sebagai salah satu menu sarapan andalannya, lho. Ingin membuatnya sendiri di rumah? Coba saja praktikkan beberapa resep di bawah ini. Bisa disantap oleh Sedulur yang menjalani program diet juga, lho. Tenang saja!

BACA JUGA: 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

-->

1. Resep scrambled egg McD

telur orak-arik mcd
Unsplash

Bagi yang sudah lama men jadi pelanggan salah satu gerai fast food ternama di dunia ini, pasti sudah tahu kalau ada telur orak-arik di menu sarapan McDonalds. Bukan diorak-arik biasa, scrambled egg susu ini hadir dengan tekstur yang lembut dan creamy. Supaya bisa mendapat hasil masakan duplikat yang serupa, jangan lupa siapkan susu dan bahan di bawah ini, ya.

Bahan: 

  • 2 butir telur
  • 1 gelas kecil susu plain
  • Garam 
  • Margarin
  • Merica

Cara membuat:

  1. Pecahkan telur ke mangkuk, kocok lepas hingga berbusa
  2. Tambah garam dan merica secukupnya untuk menambah rasa
  3. Panaskan margarin di atas teflon 
  4. Tuang telur dan aduk dengan gerakan memutar secara perlahan sampai setengah matang
  5. Jika telur sudah setengah matang, masukkan susu plain secara perlahan. Aduk kembali sampai susu bercampur dengan telur
  6. Setelah matang, angkat dan sajikan telur orak-arik di piring

BACA JUGA: 12 Cara Membuat Telur Gabus Gurih & Renyah, Anti Gagal

2. Scrambled egg untuk diet

Scrambled egg untuk diet
Unsplash

Siapa bilang scrambled egg resep tidak bisa dimakan oleh yangs edang diet? Kamu tetap bisa menyantap olahan telur lembut ini dengan nikmat. Supaya lebih sehat, jangan lupa untuk menambahkan beberapa sayuran yang dipotong kecil-kecil, ya.

Bahan:

  • 1 butir telur 
  • Susu plain 
  • Lada bubuk
  • Garam
  • 1/2 potong sosis ayam atau sapi, potong dadu
  • Jagung manis pipil 
  • Keju parut
  • Olive oil

Cara membuat:

  1. Kocok telur di wadah hingga sedikit berbusa
  2. Tuang olive oil di permukaan teflon
  3. Masukkan telur dan oran-arik perlahan
  4. Tambah jagung dan potongan sosis. Tunggu hingga setengah matang 
  5. Tuang susu, lada, garam, dan keju 
  6. Orak-arik dan koreksi rasa

BACA JUGA: Resep Semur Telur Rumahan, Enak, Sederhana & Murah

3. Telur urak-arik sandwich

sandwich
Unsplash

Membutuhkan scrambled eggs ideas? Kenapa telur orak-ariknya tidak kamu jadikan sebagai filling di sandwich saja? Cara membuat orak-ariknya bisa disamakan dengan resep sebelumnya. Setelah matang, kamu bisa menaruhnya di atas roti yang sudah dilapisi saus alpukat dan isian lainnya yang biasanya kamu makan. Dijamin rasanya lebih creamy dan memberikan efek kenyang lebih lama di perut.

Jangan sampai kamu keliru membedakan telur orak-arik dan syngonium scrambled egg yang notabene adalah tanaman hias, ya. Namanya saja yang mirip, tapi jenisnya berbeda jauh 180 derajat. Silakan praktikkan cara membuat menu telur ini. Murah meriah dan kamu tetap bisa merasakan menu makanan mahal bak sarapan di hotel dan fast food favoritmu.

Kamu bisa mendapatkan bahan bakunya di Aplikasi Super. Harganya terjangkau tapi kualitas yang ditawarkan tidak main-main. Telur orak-arik buatanmu dijamin bakal lebih enak meski dibuat di dapur sendiri.