Mempunyai wajah yang bersih merupakan idaman setiap wanita maupun pria. Namun, semakin dewasa tentunya kita mengalami banyak masalah terutama pada wajah. Salah satu masalah yang kerap bikin pusing adalah bruntusan. Kondisi wajah satu ini jadi menjengkelkan karena wajah jadi tampak bertekstur kasar. Bruntusan pun terkenal sulit untuk disembuhkan. Tidak heran, orang mulai mencari bagaimana cara mengatasi wajah bruntusan yang membandel. Salah satu cara yang paling populer untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan toner untuk bruntusan di dagu dan area wajah lainnya.

Perlu Sedulur ketahui, tidak sembarang toner yang bisa digunakan untuk mengatasi wajah bruntusan. Sebelum membahas rekomendasi toner untuk masalah bruntusan, kita kenalan dulu sama bruntusan, yuk! Simak penjelasan berikut.

Apa penyebab bruntusan?

Bruntusan adalah munculnya benjolan-benjolan kecil di kulit wajah yang hampir mirip dengan yang menyebabkan tekstur kasar serta tidak rata saat kamu menyentuhnya. Bruntusan bisa terjadi di berbagai daerah pada wajah, yaitu dagu, jidat, pipi, bahkan sekitar hidung. Berikut adalah penyebab bruntusan yang sering muncul di wajah:

  • Alergi produk perawatan wajah

Jika Sedulur masih di tahap mencoba-coba produk skincare, salah satu efek sampingnya adalah bruntusan. Ini disebabkan oleh produk yang digunakan tidak cocok dengan kondisi kulit. Misalnya menggunakan produk dengan klaim untuk kulit berjerawat padahal kulitmu sedang kering.

  • Menghapus makeup yang kurang bersih

Seringkali kita mengabaikan masalah ini karena mungkin sudah capek beraktifitas dan diakhiri dengan menghapus makeup yang tidak maksimal. Akibatnya, kotoran masih menumpuk dan bruntusan bisa timbul karena sisa kotoran.

  • Peralatan makeup yang kotor

Khususnya wanita, mencuci peralatan makeup itu penting, lho. Ini karena sisa makeup yang ada misalnya di blush on atau kuas masih tertempel dan pastinya banyak bakteri yang bersarang ketika tidak dicuci. Biasakan mencucinya paling tidak seminggu sekali atau sesuai kebutuhan bila makeup yang dirasa sudah menumpuk maka langsung bersihkan saja. Ada banyak pilihan untuk membersihkan peralatan makeup, bisa dengan sabun bayi diberi air dan diusap pelan di peralatan, ada juga produk yang disemprot di peralatan dan diusap menggunakan tisu lalu akan bersih.

  • Handuk yang tidak dicuci secara berkala

Kebersihan barang disekitar patut diperhatikan agar wajah tidak mengalami bruntusan. Salah satunya dengan pencucian handuk secara berkala. Perlu diingat bahwa handuk wajah sebisa mungkin dipisah dengan handuk untuk mandi, ya. Karena untuk mencegah semakin banyak bakteri yang menempel di wajah kita.

  • Paparan sinar matahari dan keringat

Apabila Sedulur sering berada di luar ruangan terlalu lama dan cuaca sedang terik, maka akan menyebabkan bruntusan. Selain itu, keringat juga bisa memicu adanya bruntusan yang menempel. Selain bruntusan, hal ini juga menyebabkan gatal dan kasar karena kelenjar keringat yang tersumbat.

Rekomendasi Toner untuk Bruntusan yang Ampuh Bikin Wajah Mulus. Yuk, Glow Up!

Setelah mengetahui penyebab dari bruntusan, mari kita menjaga kulit wajah dengan cara memberikan produk skincare sesuai kebutuhan. Mau tau apa aja? Yuk, cek 10 rekomendasi toner yang bagus untuk bruntusan di bawah ini!

BACA JUGA: 25 Doa Sehari-hari yang Wajib Diajarkan Pada Anak-anak

Toner Snail Truecica dari Some By Mi 

ayukhartini.com

Some By Mi adalah produk korea yang laris di pasaran. Pada toner yang bagus untuk menghilangkan bruntusan ini, ada berbagai manfaat lain yang terkandung salah satunya adalah melembabkan kulit muka, mengatasi bruntusan, jerawat, mengontrol minyak berlebih, dan juga teksturnya pas di wajah. Kandungan utama pada produk ini tidak berbeda jauh dengan serumnya yaitu 90% Black Snail secretion filtrate, tea tree, centella asiatica, mugwort, niacinamide, arbutin dan glutathione. 

Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion

lisaandherworld.com

Rangkaian dari Hada Labo Premium ini adalah salah satu rekomendasi toner yang ampuh untuk bersihkan bruntusan. Selain itu, toner ini mempunyai fungsi lain yakni membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan lembab. Tekstur dari toner ini tidak cukup cair dan cenderung seperti serum, namun tentunya tidak lengket saat diaplikasikan di wajah kita. Jika rutin memakai produk ini, kulit akan jauh lebih lembab dan juga bruntusan memudar. Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion ini mengandung 5 jenis hyaluronic acid yaitu Sodium Acetyl Hyaluronate, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate Crosspolymer dan Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate.

COSRX AHA/BHA Clarifying Toner

caaantik.com

Cosrx adalah salah satu produk skincare korea yang laris di pasaran. Salah satu produknya yang dikhususkan adalah AHA/BHA Clarifying Toner untuk bruntusan. Toner dari Cosrx ini memang merupakan exfoliating toner untuk bruntusan yang juga ampuh tangani kulit berjerawat. Selain dua fungsi itu, toner ini juga mampu mengangkat sel kulit mati, dan juga mengatasi komedo dan kulit berminyak. Berat bersih dari toner ini adalah 100ml jadi Sedulur bisa menggunakannya lebih dari 1 bulan. Kandungan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner · Water · Salix Alba (Willow) Bark Water · Pyrus Malus (Apple) Fruit Water · Butylene Glycol.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

AVOSKIN Miraculous Refining Toner

journal.sociolla.com

Selain membuat bruntusan menghilang, Avoskin Miraculous Refining Toner juga membuat kulit lebih halus, lebih glowing, dan juga untuk mencerahkan kulit. Selain itu, jerawat juga bisa teratasi dengan rutin memakai toner ini pada pagi dan sore setelah mencuci muka. Klaim selanjutnya dari produk ini adalah menenangkan kulit, mendetox kulit, serta mengatasi kemerahan pada kulit. Produk ini mengandung 5% AHA, 1% BHA, dan 2% PHA yang menjadikan produk chemical peeling ini aman untuk digunakan sehari-hari.

Wardah Acnederm Pre Refining Toner

reviews.femaledaily.com

Produk Wardah merupakan salah satu produk lokal yang banyak digemari. Selain harganya yang pas di kantong, produk-produk dari wardah diklaim mampu mengatasi berbagai masalah dalam kulit. Salah satunya adalah Wardah Acne Derm Pre Refining Toner ini. Produk ini diklaim mampu menyembuhkan bruntusan, membantu mengecilkan pori-pori, dan menenangkan kulit. Dengan harga yang cukup murah, produk ini mampu bersaing dengan merek lainnya. Kandungan dalam produk ini adalah Water, Glycerine, Propylene Glycol, Witch Hazel (Hamamelis Virginiana) Extract, Triethanolamine, Zinc Gluconate.

Mineral Botanica Acne Care Toner

xiaovee.com

Toner lokal yang tak kalah bagus selanjutnya adalah Mineral Botanica. Toner yang mempunyai nama Acne Care Toner mampu mengatasi bruntusan sekaligus jerawat membandel dan juga mengurangi minyak berlebih pada wajah. Toner dengan harga 20ribuan ini diperkaya dengan kandungan salicylic acid, triclosan dan witch hazel extract, yang banyak ditemui di berbagai toko kosmetik di tempat kalian.

Emina Ms. Pimple Face Toner

gonaturalcare.blogspot.com

Sama seperti sebelumnya, Emina adalah toner lokal yang harganya murah meriah. Toner untuk bruntusan remaja ini dibandrol sekitar 25ribuan dan diklaim mampu mengurangi minyak berlebih, mengatasi jerawat dan tentunya bruntusan.Produk ini mempunyai kandungan Aqua. Propylene Glycol. Glycerin. Butylene Glycol.

ElsheSkin Acne Refresh Toner

marciaangel.wordpress.com

ElsheSkin Acne Refresh Toner mempunyai manfaat bisa menghilangkan bruntusan dan diperkaya dengan alicylic acid dan sulfur, maka minyak di wajah akan lebih terkontrol dan jerawat cepat hilang.produk ini dibandrol kurang lebih 50 ribuan. Produk ini diperkaya dengan kandungan Salicylic Acid, Sulfur, Allantoin

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner

makeupandbeautyforever.com

The Body Shop merupakan merek yang sangat populer dan tentunya menjadi favorit banyak orang. Sesuai namanya, toner Vitamin E Hydrating ini memiliki kandungan vitamin E dan wheat germ oil yang mampu mengenyalkan, menghaluskan, menghilangkan bruntusan, serta mempersiapkan kulit agar siap untuk skincare selanjutnya.

Emina Double The Moist Face Toner

tampilcantik.com

Masih dengan produk Emina yang sangat terjangkau ini, penggunaan toner The Moist Face ini mampu bertahan selama 6 jam, lho! Itu karena produk ini diperkaya ekstrak aloe vera dan chamomile yang mampu membuat kulit tetap lembab dan juga tidak kusam. Produk ini mempunyai komposisi Aqua, Butylene Glycol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Propylene Glycol, Trideceth-9, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Methylparaben, Fragrance, Ethylexylglycerin, Polysorbate 20, Propylparaben, Chamomila Recutita (Matricaria) Flower, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, CI 42090.

Nah, setelah mengetahui apa itu bruntusan, penyebabnya dan juga rekomendasi toner untuk bruntusan, tentunya Sedulur harus menjaga kulit agar tetap bersih. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih wajah setelah beraktivitas. Stress juga salah satu penyebab timbulnya bruntusan. Jadi, menjaga pola makan, dan berolahraga secara cukup itu penting juga gar tubuh kita menjadi sehat lahir dan batin, ya!

Bila Sedulur ingin membeli skincare dan toner yang tepat untuk bruntusan, bisa dicek aplikasi Super dengan klik link Super App ini. Ada banyak pilihan toner yang beragam dan bisa kamu beli dengan harga yang murah! Yuk cek sekarang!