tips wangi bayi sepanjang hari

Menjaga si kecil agar tetap wangi sepanjang hari merupakan salah satu kewajiban bagi para ibu. Kendati demikian, itu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun tidak jika Sedulur mengikuti beberapa tips wangi bayi sepanjang hari yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Bayi sendiri cenderung memang memiliki kelenjar keringat yang aktif dan kulit yang lebih tipis jika dibandingkan dengan orang dewasa. Dengan begitu, maka mereka akan lebih mudah mengeluarkan bau atau aroma yang khas.

Selain itu, penggunaan dari pakaian dan popok juga turut menyumbang bau yang keluar. Nah, jika ingin si kecil terus wangi, Sedulur bisa mengikuti beberapa tips wangi bayi sepanjang hari berikut ini!

BACA JUGA: 13 Pilihan Shampo Bayi Penumbuh Rambut, Aman dan Lembut!

-->

1. Mengganti popok setiap 3 sampai 4 jam sekali

tips wangi bayi sepanjang hari
Pexels/William Fortunato

Tips wangi bayi sepanjang hari yang pertama, yakni mengganti popok secara teratur. Selain mencegah timbulnya bau yang tidak diinginkan, ini adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan bayi.

Mengganti popok secara teratur juga membantu mencegah iritasi kulit, ruam popok, dan memastikan bayi tetap kering. Untuk itu, usahakan untuk mengganti popok bayi setiap 3-4 jam atau bahkan lebih sering jika perlu. Mengganti popok secara teratur membantu menjaga kulit bayi tetap kering.

Saat mengganti popok, pastikan untuk membersihkan area popok bayi dengan lembut menggunakan tisu basah bayi atau kapas yang direndam dalam air hangat. Hindari penggunaan tisu yang mengandung alkohol atau pewangi yang berlebihan.

2. Memandikan si kecil 2 kali sehari

Mandi bayi secara teratur merupakan bagian penting dari perawatan harian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya.  Jika keadaan kulit bayi memungkinkan, mandi pagi dan malam dapat menjadi rutinitas harian.

Namun jangan lupa, penting untuk menggunakan sabun dan produk pembersih yang lembut untuk bayi dan menghindari penggunaan yang berlebihan.

Setiap bayi memiliki kebutuhan kulit yang berbeda. Perhatikan reaksi kulit terhadap mandi terlalu sering atau terlalu jarang. Jika kulit bayi kering atau iritasi, mungkin Sedulur perlu mempertimbangkan untuk lebih menyesuaikan frekuensi mandi.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi, Terbukti Aman!

3. Memilih sabun bayi yang tepat

Pexels/валерия шкода

Memilih sabun bayi yang tepat dapat membantu menjaga kebersihan dan kelembutan kulit bayi. Akan tetapi, jangan lupa gunakan sabun bayi yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif dan memiliki formula yang lembut.

Pastikan sabun tersebut bebas dari pewangi dan bahan kimia yang mungkin menyebabkan iritasi. Selain itu, Sedulur bisa memilih sabun bayi yang mengandung bahan-bahan alami dan lembut seperti aloe vera, chamomile, calendula, atau oatmeal.

Hindari sabun dengan bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi pada kulit bayi seperti pewangi. Perlu diketahui, bau yang khas bayi berasal dari kebersihan dan kelembutan kulitnya, bukan dari pewangi yang kuat.

4. Memakai bedak setelah mandi

Penggunaan bedak setelah mandi dapat memberikan kelembutan tambahan pada kulit bayi dan memberikan aroma khas yang menyegarkan. Namun, tetap pastikan untuk menggunakan bedak bayi yang dirancang khusus untuk kulit bayi yang sensitif dan aman digunakan.

Hindari bedak yang mengandung bahan-bahan yang mungkin menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Beberapa orang menghindari bedak yang mengandung talcum, karena ada beberapa risiko kesehatan yang terkait dengan inhalasi partikel talcum.

Tidak hanya itu, gunakan bedak dengan bijak dan hindari penggunaan berlebihan. Hal ini karena terlalu banyak bedak justru dapat menyebabkan iritasi atau masalah kulit lainnya.

5. Memilih pakaian yang nyaman

nama bayi laki-laki awalan el
Unsplash/Minnie Zhou

Tips wangi bayi sepanjang hari terakhir, adalah memilih pakaian yang nyaman untuk bayi. Nah, pilihlah pakaian bayi yang terbuat dari bahan-bahan yang lembut dan alami seperti katun organik. Bahan yang lembut membantu mencegah iritasi kulit dan memberikan kenyamanan ekstra.

Bayi juga memiliki kulit yang sensitif, maka hindari pakaian yang terbuat dari bahan yang mungkin menyebabkan alergi. Beberapa bayi dapat mengalami reaksi terhadap pewarna atau bahan tertentu.

Selain itu, pilih pakaian bayi yang memiliki desain yang mudah dikenakan dan dilepas. Hal ini akan memudahkan proses mengganti pakaian dan mengurangi kemungkinan stres pada bayi.

Dengan mengikuti beberapa tips wangi bayi sepanjang hari di atas, maka si kecil tidak hanya akan wangi, namun juga merasa nyaman seharian. Akan tetapi, perlu untuk diingat jika setiap bayi memiliki karakteristik kulit dan kebutuhan yang berbeda.

Jika si kecil memiliki kulit sensitif atau muncul reaksi negatif terhadap produk tertentu, alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter anak atau ahli kesehatan bayi untuk saran lebih lanjut.